Tips Menjaga Kesehatan Anak yang Berpuasa Selama Bulan Ramadan

Doodle.co.id – Berpuasa di Bulan Ramadan merupakan momen penting yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Tidak hanya orang dewasa, namun juga anak-anak turut menantikan bulan istimewa tersebut. Banyak anak Muslim yang belajar berpuasa pada bulan suci ini. Untuk menjaga kesehatan anak selama berpuasa, berikut adalah beberapa tips yang telah Doodle rangkum khusus untuk Moms dan Paps.

anak berpuasa
Tips menajga kesehatan anak berpuasa / Image Monstera Production

Manfaat Anak Berpuasa

Menurut Kemenkes melalui website resminya, beberapa manfaat berpuasa yang baik bagi kesehatan tubuh anak sebagai berikut.

Menciptakan pola makan yang lebih teratur

Puasa membuat anak memiliki pola makan yang jauh lebih teratur karena Si Kecil hanya makan saat sahur dan berbuka puasa. Namun, Moms perlu memastikan ia memakan makanan bergizi seimbang.

Detox tubuh

Saat anak berpuasa, ini membuat ia tidak jajan sembarangan di luar rumah, sehingga berpotensi terhindar dari makanan yang tidak sehat termasuk yang mengandung pemanis, pengawet, dan perisa buatan.

Membantu anak belajar tentang kesabaran

Puasa di bulan Ramadan tentu mengharuskan anak untuk tidak makan dan minum sebelum waktunya berbuka. Ini juga melatih kesabarannya, Moms.

Mencegah obesitas

Jika anak Moms selalu makan dan makan tanpa terkontrol, dengan berpuasa membuatnya lebih bersabar dan mengontrol pola makannya. Dengan demikian, berpuasa mampu mencegah kelebihan berat badan atau obesitas.

Tips Menjaga Kesehatan Anak selama Berpuasa

Makan-makanan bergizi seimbang

Pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat berbuka dan sahur. Penting untuk memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar tidak kekurangan energi selama berpuasa. Hindari konsumsi makanan berminyak berlebihan yang dapat menyebabkan anak merasa lemas dan mengantuk di siang hari.

Kontrol pola makan

Kontrol pola makan anak, hindari makan berlebihan saat berbuka. Atur porsi makanan dengan baik agar perut anak tidak terlalu penuh dan tidak terlalu lapar. Anda juga bisa menyediakan makanan ringan (takjil) saat berbuka dan makan malam setelah salat maghrib atau tarawih.

Jangan sampai dehidrasi

Pastikan anak cukup minum air putih saat sahur dan berbuka agar tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik.

Bermain sembari menunggu berbuka

Ajak anak untuk beraktivitas fisik pada sore hari menjelang berbuka atau ngabuburit, seperti berjalan-jalan, bersepeda, bermain, atau belajar. Aktivitas fisik dapat mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar dan kebosanan serta meningkatkan kemampuan fisiknya.

Hindari aktivitas berat

Kurangi aktivitas yang berat dan intensif di siang hari agar anak tidak mudah lelah dan lemas. Beri anak cukup waktu untuk istirahat.

Oleskan Minyak Telon Doodle

Gunakan Minyak Telon Doodle untuk menjaga anak tetap hangat dan melindunginya dari serangan nyamuk dan serangga berbahaya saat berpuasa, terutama saat Si Kecil sedang beraktivitas di luar rumah. Minyak Telon Doodle mengandung bahan-bahan alami seperti oleum anisi, oleum cajuputi, oleum cocos, dan oleum sweet green tea yang aman untuk kulit sensitif anak. Minyak Telon Doodle tersedia dalam dua ukuran kemasan, yaitu kemasan ukuran normal 100 ml dan kemasan ekonomis 60 ml. Selain itu, tersedia juga kemasan travel size dalam bentuk roll-on 10 ml yang praktis dibawa kemana-mana.

Demikianlah informasi mengenai tips menjaga anak berpuasa di Bulan Ramadan. Jika Moms dan Paps tertarik untuk menggunakan Minyak Telon Doodle dan produk lainnya dari Doodle Exclusive Baby Care, silakan kunjungi tautan pembelian produk di bawah ini.

 

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie