Tips Memilih Baju Tidur Bayi yang Nyaman

Doodle.co.id – Tak bisa dipungkiri saat ini sangat banyak ditemukan pakaian bayi yang dijual di e-commerce maupun offline store ya Moms. Bahkan baju bayi yang dijual pun beraneka ragam. Baju-baju tersebut bervariasi mulai dari model baju hingga bahan yang digunakan. Tak hanya itu, baju-baju bayi tersebut ada yang dibaderol dengan harga yang sangat murah sampai yang sangat mahal sekalipun. Namun tahukah Moms baju yang baik dipakai untuk tidur bayi?

baju tidur bayi
Tips memilih baju tidur bayi / Image Matilda Wormwood

Perhatikan musim

Kembali ke pakaian bayi yang nyaman untuk tidur, baiknya Moms memperhatikan kondisi seperti musim panas, musim dingin, atau musim di antara keduanya sebelum menentukan ingin memakaikan pakaian apa untuk anak.

Untuk memilih pakaian bayi sebelum tidur Moms harus memastikan suhu tubuhnya tetap ideal. Lingkungan yang terlalu panas dapat menyebabkan kepanasan, yang sangat berbahaya bagi bayi karena hal ini dikaitkan dengan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Di sisi lain, suhu yang terlalu dingin juga bisa berbahaya dan tidak nyaman.

Cannon pun menjelaskan soal aturan praktis yang baik bahwa bayi harus berada di satu lapisan lebih banyak daripada saat Moms tidur. Dr Lewis juga mengungkap satu atau dua lapisan yang dipasang di tempat tidur jika tumah dingin. Lapisan tambahan ini bisa menjadi selimut penerima apabila dibedong, atau karung tidur yang bisa dipakai apabila ruangan sangat dingin.

Perhatikan kenyamanan bayi

Selain itu, Moms pun harus mengetahui bayi nyaman atau tidak saat menggunakan pakaian. Lisa Ehl Lewis, MD , seorang dokter anak di Fort Worth, Texas mengatakan bahwa penting supaya bayi tidak kepanasan atau kedinginan kala memakai pakaian yang dipilihkan. Dr. Lewis juga merekomendasikan untuk memeriksa kemerahan pada wajah dan merasakan suhu tubuh bayi. Apabila terasa terlalu dingin, maka Moms bisa menambahkan satu lapis pakaian lagi. Namun apabila justru terasa terlalu panas, maka Moms bisa melepas satu lapis saja. Dr Lewis menambahkan bahwa tidak apa-apa bagi bayi untuk tidur hanya dengan memakai pakaian dalam apabila si kecil merasa nyaman.

Nicole Cannon, pemilik Sleepy Mama Sleep Consulting dan anggota bersertifikat dari Association of Professional Sleep Consultants, menjelaskan Moms tidak boleh mengukur temperatur suhu di tangan dan kaki bayi. Cannon mengatakan, tangan dan kaki bayi terasa dingin merupakan hal yang normal. Alih-alih memeriksa bagian itu, Moms bisa memeriksa batang tubuh atau belakang leher anak. Apabila bayi mempunyai dada atau leher yang agak dingin, maka hal itu menjadi tandanya suhunya baik. Tidak boleh terlalu panas atau berkeringat.

Menurut AAP dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tanda-tanda anak mungkin kepanasan yaitu seperti kulit panas dan tubuh si kecil berkeringat. Selain itu anak juga bernafas lebih cepat dan jadi cerewet. Tanda lain yang bisa dilihat adalah kulit bayi dan pipinya memerah. Lalu anak mungkin juga akan mengalami kelesuan serta detak jantung cepat.

Pilihlah kain yang tidak membuat bayi kepanasan

Beberapa pilihan untuk pakaian bayi agar tidak kepanasan saat tidur di malam yang hangat, Moms bisa memilih pakaian tidur ringan dan menyerap keringat. Salah satu pilihan yang masuk akal adalah bodysuit berbahan katun. Moms pun juga bisa memilih bedong yang terbuat dari bahan katun atau muslin untuk bayi baru lahir. Meskipun suhunya sedang hangat, sebaiknya Moms menghindari pakaian yang terlalu longgar. Hal ini bisa meningkatkan risiko SIDS gara-gara baju longgar bisa menutupi hidung dan mulut si kecil. Sehingga hal tersebut bisa berdampak pada kemampuan bernafas bayi.

Sementara saat cuaca dingin, Moms bisa memakai karung tidur atau selimut yang dapat digunakan untuk membuat bayi tetap hangat. Moms harus ingat untuk tidak meletakkan selimut longgar di tempat tidur bayi, untuk menghindari risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Hal lain yang harus dihindari yakni adanya benda-benda lunak dan longgar lainnya seperti selimut, penutup kasur, bantal, seprai yang tidak pas, dan boneka binatang.

Cannon menyarankan untuk memakaikan piyama panjang, mungkin dengan onesie di bawahnya jika cuaca sangat dingin. Moms juga bisa menambahkan piyama bulu saaat cuaca sangat dingin ini selama si kecil tidak kepanasan. Cannon biasanya menyrankan untuk memakai karung tidur yang lebih tebal agar piyama anak tetap bisa bernapas.

Hindari menggunakan topi pada bayi

Orang tua juga sebaiknya menghindari pakaian dengan topi atau kerudung demi alasan keamanan. Dr Lewis menyebut pakaian tidak boleh menutupi wajah bayi karena bisa menyebabkan mati lemas. Hal yang penting, pakaian bayi harus membantunya menjaga suhu yang tepat sepanjang malam. Selain itu, memilih opsi yang tidak aman dapat meningkatkan risiko mati lemas atau tercekik.

Inilah beberapa tips pencegahan untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS):

  1. Sebaiknya Moms tidak memasukkan apa pun ke dalam tempat tidur bayi hingga di kecil berusia minimal 1 tahun. Barang-baranf termasuk bisa seperti selimut, bantal, dan boneka binatang.
  2. Moms juga bisa menghindari penggunaan penutup kepala apa pun pada bayi ketika si kecil sedang tidur terlelap. Bayi harus selalu tidur telentang sendirian di permukaan tidur yang datar.

Perawatan Pakaian Bayi

Untuk merawat pakaian bayi agar tetap dalam kondisi bagus dan lembut, Moms bisa menggunakan deterjen khusus untuk bayi. Doodle Baby Laundry Detergent bisa menjadi pilihan Moms untuk deterjen pakaian bayi. Doodle Baby Laundry Detergen merupakan deterjen bayi dalam bentuk cairan pembersih untuk pakaian baui yang terbuat dari bahan natural, sehingga aman untuk kulit bayi sensitif. Selain itu, menggunakan deterjen ini mampu menghindarkan pakaian dari bakteri, bebas fungal, dan anti redeposition. Doodle Baby Laundry Detergen tersedia dalam ukuran 60 ml Moms, juga dilengkapi dengan tutup kepala sebagai alat takaran pemakaian. Tentu memudahkan Moms saat mencuci pakaian Si Kecil. Dengan wangi yang dihasilkan dari komposisi plant based dan non fragrance, membuat wangi pakaian menjadi segar Moms.

 

 

Sumber
parents.com/how-to-dress-baby-for-sleep-7561063#toc-how-to-know-if-your-baby-is-comfortable

 

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie