Resep MPASI Puree Wortel yang Lezat, Buat Si Kecil Lahap

Doodle.co.id – Tahukah Moms, jika wortel merupakan sayur kaya akan beta karoten, bisa menjadi tambahan nutrisi makanan bayi. Wortel tidak hanya lezat, namun juga menjadi sayuran yang serbaguna. Wortel mengandung banyak sekali mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalium, biotin, vitamin A dari beta karoten, vitamin B6 hingga vitamin K1. Dengan wortel, Moms bisa membuat resep MPASI puree wortel untuk Si Kecil, atau menambahkannya dengan beragam buah, sayuran bahkan daging. Meski banyak orang tua menyukai untuk membuat MPASI sendiri karena lebih murah dan bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan, namun ada beberapa risiko yang timbul dari makanan bayi buatan sendiri. Ini termasuk kemungkinan adanya nitrat (bahan kimia dalam pupuk) dan botulisme (kontaminasi bakteri). Berbeda dengan produsen makanan bayi yang dengan hati-hati membersihkan dan menguji kontaminan tersebut.

resep mpasi puree wortel
Resep MPASI puree wortel / Image Jill Wellington

Moms tak perlu khawatir, kabar baiknya risiko terhadap makanan bayi buatan sendiri cenderung rendah. Sebuah Rumah Sakit Nasional merekomendasikan bahwa, Moms harus menunggu untuk mengenalkan Si Kecil dengan makanan berat seperti wortel, buah bit, labu siam, bayam dan kacang hijau buatan sendiri hingga bayi berusia lebih dari 6 bulan. Jika Moms ingin membuat makanan bayi sendiri yang murah dan simpel, berikut resep MPASI puree wortel untuk Si Kecil.

Resep MPASI Puree Wortel

Langkah 1 : Pilih Wortel

Pilihlah wortel dengan warna orange, tekstur yang keras dan memiliki bagian luar yang halus. Umumnya, satu wortel ukuran sedang bisa menjadi 3 ons bubur.

Langkah 2 : Cuci Wortel

Cuci bersih wortel menggunakan air dingin. Kemudian kupas wortel hingga tak tersisa kulitnya. Potong-potong wortel menjadi kotak-kotak kecil. atau sesuai selera

Langkah 3 : Masak Wortel

Langkah selanjutnya, Moms bisa mengukus wortel. Teknik mengukus ini digunakan untuk tetap mempertahankan vitamin yang terkandung. Masukkan irisan wortel ke dalam keranjang kukusan di atas panci dengan air mendidih. Kemudian tutup panci. Usai 5 menit, periksa kembali wortel. Jika sudah lunak, angkat dan tiriskan. Selanjutnya haluskan. Selain mengukus, Moms juga bisa merebus worte sekitar 5 menit, tiriskan, dan dibilas dengan air dingin selama 3 menit, kemudian haluskan.

Langkah 4 : Haluskan Wortel

Haluskan wortel dalam food processor atau blender sampai halus merata. Tambahkan ASI, susu formula, atau air sesuai kebutuhan agar mendapat kekentalan yang diinginkan.

Langkah 5 : Sajikan Puree Wortel

Sajikan wortel dengan tambahan sayuran, buah-buahan atau daging. Moms juga bisa mencampurkan puree wortel bersama brokoli, kacang hijau, saus apel, persik, labu mentega, timun Jepang, ubi jalar, kacang-kacangan, beras merah, kentang, daging sapi hingga daging ayam. Moms bisa mencoba makanan tersebut dan lihatlah reaksi Si Kecil, jika ia tidak menyukainya maka gantilah dengan bahan lain yang membuatnya lahap.

Langkah 6 : Dinginkan atau Bekukan Sisa Puree Wortel

Mom bisa mendinginkan atau membekukan sisa puree wortel dalam wadah bebas BPA. Alternatif lainnya adalah gunakan wadah es batu untuk membekukan puree, dengan begitu Moms bisa mengeluarkan satu porsi sesuai kotak-kotak es batu dan mencairkannya menggunakan microwave.

Academy of Nutrition and Dietetics menyebut bahwa sisa makanan bayi atau MPASI dapat digunakan hingga 1-2 hari jika disimpan di lemari es dengan baik. Bahkan, bisa bertahan hingga 1-2 bulan lamanya apabila disimpan di freezer. Hindari menyimpan atau membekukan makanan di piring anak, karena berisiko terkontaminasi bakteri.

 

Sumber
parents.com/recipes/baby-food/how-to-make-carrot-puree/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie