Psoriasis pada Bayi, Atasi dengan Cara-cara Berikut Moms

Doodle.co.id – Psoriasis pada bayi merupakan kondisi kulit kronis akibat autoimun yang membuat munculnya bercak kulit bersisik pada bayi. Kondisi tidak menular ini meningkatkan produksi sel kulit baru sehingga menyebabkan adanya pemnumpukan sel kulit ekstra. Sel-sel ekstra ini kemudian membentuk bercak atau plak bersisik dengan batas tajam atau serpihan berwarna abu-abu hingga putih keperakan. Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, faktanya bayi juga bisa terkena psoriasis meski kemunculannya akan berbeda-beda tergantung pada warna kulit.

psoriasis pada bayi
Psoriasis pada bayi ini cara mengatasinya / Image Mikhail Maslov

Bercak psoriasis pada kulit berwarna terang mungkin akan tampak kemerahan dan bersisik putih. Kemudian, akan tampak bercak warna salmon dan sisik putih keperakan pada warna kulit sedang. Berbeda dengan psoriasis di kulit coklat, nantinya mungkin akan tampak berwarna ungu dengan skala keabu-abuan. Sedangkan pada kulit gelap, bercak mungkin akan berwarna coklat tua dan sulit dilihat. Biasanya, pemilik warna kulit sedang ke hingga gelap bisa saja mengalami dispigmentasi sementara. Ini termasuk bintik-bintik terang atau gelap yang mana psoriasis berada sebelum hilang.

Tanda-tanda Psoriasis pada Bayi

Tanda paling umum yang dapat dilihat pada bayi yang terkena psoriasis yakni munculnya bercak di kulit tubuh yang kemudian berubah menjadi bersisik, terasa gatal, nyeri, pecah-pecah hingga berdarah. Bagian tubuh yang paling umum terjadinya lesi pada bayi yakni wajah, daerah popok, leher, siku, lutut, dan kulit kepala.

Bentuk psoriasis pada bayi umumnya dimulai di kepala atau wajah, kulit kepala atau di sekitar area popok yang terasa gatal.

Jenis Psoriasis pada Bayi

Psoriasis Plak

Merupakan jenis paling umum yang terjadi pada segala usia termasuk bayi. Gejalanya akan tampak plak seperti bercak bersisik dan menonjol terutama di punggung bawah, kulit kepala, siku dan lutut. Warna bercak akan tergantung pada warna kulit asli penderita kondisi ini, namun pada anak-anak plak cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih tipis. Beberapa psoriasis plak dapat berbeda-beda penyebutannya tergantung dimana tempat terjadinya.

Psoriasis serbet atau popok

Adanya lesi kulit di area popok, karena lembab mungkin sisik tidak muncul di area ini.

Psoriasis kulit kepala

Plak yang secara khusus muncul di kulit kepala, membuat bercak terangkat dengan penumpukan sel kulit terkelupas di atasnya.

Psoriasis terbalik

Lesi umumnya muncul di lipatan kulit seperti di belakang lutut dan di bawah lenbgan.

Psoriasis gutata

Lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak serta paling umum terjadi. Ini dipicu oleh infeksi radang atau pilek, yang memiliki bentuk bercak kecil seperti titik di seluruh tubuh bukan plak besar.

Psoriasis pustular

Munculnya bercak merah dengan bagian tengah berisi nanah. Biasanya terjadi di area tangan dan kaki, namun kondisi ini jarang terjadi pada bayi Moms.

Psoriasis kuku

Membuat lubang dan tonjolan pada jari tangan dan kaki, bahkan dapat menyebabkan kerontokan dan perubahan warna kuku. Meski demikian, kondisi ini juga jarang terjadi pada bayi.

Penyebab Psoriasis Bayi

Kendati penyebab psoriasis pada bayi tidak diketahui, namun ada beberapa faktor yang berkaitan terhadap perkembangannya, yaitu faktor genetika, riwayat keluarga psoriasis atau kelainan autoimun, dan pemicu lingkungan atau infeksi.

Jika Moms mendapati anak memiliki tanda-tanda psoriasis, segera hubungi dokter agar dokter mengidentifikasi kemungkinan penyebab ruam.

Mengatasi Psoriasis pada Bayi

Umunya, kondisi ini jarang terjadi pada bayi dan merupakan gejala ringan sehingga pengobatan mungkin tidak mempengaruhi keseluruhan penyakit. Namun, Moms bisa melakukan beberapa hal termasuk perawatan untuk kulit bayi sebagai berikut.

  • Menghindari panas dan dingin jika ditakutkan dapat memperburuk ruam
  • Selalu menjaga area yang terkena psoriasis agar tetap kering dan bersih
  • Melakukan terapi cahaya atau bisa dengan berjemur
  • Gunakan lotion dan krim seperti kortikosteroid topikal dan turunan vitamin D topikal
  • Pelembab khusus untuk psoriasis
  • Obat oral yang direkomendasikan dokter untuk bayi

Meski kondisi ini bisa sembuh dan tidak kambuh, namun psoriasis biasanya datang dan pergi. Psoriasis pada bayi yang terjadi di area popok mungkin berpeluang besar untuk hilang secara permanen seiring berjalannya waktu.

Gunakan Doodle Baby Lotion

Untuk tetap merawat kulit bayi dan menghindarkan dari psoriasis atau kulit kering dan ruam lainnya, Moms bisa menggunakan Doodle Baby Lotion. Lotion bayi ini mengandung berbagai nutrisi dan membantu menjaga kelembaban kulit bayi di wajah dan di tubuh. Diformulasikan secara khusus dengan kandungan Sunflower Oil, Almond Oil, dan Shea Butter serta vitamin E, mampu menjaga kulit wajah dan tubuh bayi tetap lenbut dan kenyal.

Dikenal dengan supermild lotion liquid, Doodle Baby Lotion diformulasikan dengan water based yang tentunya cepat meresap di kulit. Tidak ribet saat digunakan, langsung oles di wajah dan tubuh bayi. Simple Work Well ya Moms.

 

Sumber
healthline.com/health/baby-psoriasis#summary

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie