Penyebab Bayi Ngorok dan Cara Mengatasinya

Doodle.co.id Pernahkah Moms mendengar Si Kecil mendengkur atau bayi ngorok pada malam hari? Jika pernah, Moms pasti tahu bahwa bayi bisa mengeluarkan suara-suara yang sangat mengganggu tidurnya seperti mendesah, mendengus, menangis, batuk, merengek, bahkan tertawa saat tidur. Namun, suara yang paling umum dihasilkan oleh bayi adalah mendengkur. Bayi ngorok atau mendengkur ini mungkin membuat para orang tua harus terjaga sepanjang malam.

bayi ngorok
Bayi ngorok / Image Dominika Roseclay

Menurut Dr. Stovall, bayi harus bernapas melalui hidung kecuali bayi menangis, saluran udara pada bayi pun sangat kecil. Sehingga, bayi ngorok merupakan hal yang normal. Akan tetapi, banyak orang tua yang khawatir dan tak menyangka jika bayi mereka akan sangat berisik di malam hari.

Dokter anak di Providence Mission Hospital, Jonathan Maynard di Orange Counrty, California menyebutkan, bayi yang mendengkur lembut adalah hal yang cukup umum terjadi. Menurut penelitian, sekitar 9 persen bayi mendengkur lebih dari tiga kali seminggu, dan hal itu tidaklah berbahaya. Dr. Maynard menjelaskan, suara pernapasan yang tidak mengganggu tidur bayi, secara umum hanya terjadi dalam waktu singkat, dan relatif pelan tidaak menunjukkan masalah serius.

Suara pernapasan yang terus-menerus, kata Dr. Maynard, lebih keras dari bisikan, bernada sangat tinggi, mengganggu tidur bayi, atau menyebabkan bayi berhenti bernapas justru lebih mengkhawatirkan. Gejala-gejala tersebut kemungkinan menunjukkan adanya gangguan tidur pada bayi, seperti sleep apnea atau disebut juga sindrom resistensi saluran napas atas,

Penyebab Bayi Ngorok

Dr. Maynard menerangkan, penyebab utama bayi ngorok atau mendengkur adalah karena perkembangan. Banyak bayi yang dilahirkan dengan keadaan laryngomalacia, yaitu laring lunak yang lebih bergetar, kemudian menghasilkan banyak suara, saat udara bergerak melewati laring saat bernapas.

Sementara itu, menurut Dr. Stovall, sebagian besar bayi dengan laryngomalacia dapat bernapas dengan mudah tanpa mengalami kesulitan saat menyusu. Bayi dengan kondisi tersebut juga tumbuh dengan baik yang pada akhirnya membaik dengan sendirinya seiring bertambah usia.

Hidung tersumbat pun menjadi penyebab umum lainnya mengapa bayi ngorok atau mendengkur. Keluarnya cairan yang disebabkan oleh penyakit ini, dapat membuat bayi sulit bernafas melalui hidung saat tidur, yang kemudian menjadikan bayi ngorok.

Tidak hanya itu, lingkungan tidur yang kering juga menjadi penyebab lainnya bayi ngorok atau mendengkur. Bayi dengan kelainan down syndrom lebih cenderung mendengkur saat tidur. Dr. Maynard menegaskan bahwa bayi ngorok tidaklah berbahaya, ini merupakan perilaku normal yang dalam banyak kasus akan teratasi seiring bertambahnya usia bayi. Akan tetapi, di beberapa kasus, bayi ngorok kronis atau mengganggu dapat menjadi pertanda masalah lebih besar yang perlu ditangani.

Apabila bayi mendengkur menyebabkan gangguan pernapasan, kulit yang membiru, lubang hidung melebar saat bernapas, hingga kulit di antara tulang rusuk terlihat tertarik ke dalam, sebaiknya Moms segera periksakan bayi ke dokter.

Cara Mengatasi Bayi yang Mendengkur

Dr. Maynard menyarankan untuk memprotkan hidung bayi menggunakan larutan garam hidung guna melonggarkan hidung yang tersumbat, kemudian gunakan alat suntik untuk menyedot kelebihan lendir.

Tetap tidurkan bayi dalam posisi telentang hingga ia berusia 1 tahun, yang mana sesuai dengan pedoman tidur yang aman menurut American Academy of Pediatrics. Hindari memiringkan bayi saat tidur guna menghindari terjadinya bayi ngorok.

Selain itu, Moms juga dapat menetesi handuk kecil dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Kemudian, dekatkan handuk ke pernafasan bayi agar dihirup. Moms juga bisa mengoleskan minyak telon di punggung dan dada bayi, agar bayi merasa hangat dan pernafasan lebih lancar.

Untuk Moms yang ingin membeli produk dan perawatan kulit bayi, dapat menggunakanDoodle Exclusive Telon Oil, minyak telon plus yang mempunyai formulasi terbaru dan berbeda dari minyak telon lainnya. Minyak Telon Doodle mampu menghangatkan dan memberikan rasa nyaman pada bayi. Selain itu, kandungan green tea essential oil di dalamnya mampu memberikan wangi yang menenangkan.

 

Sumber

https://www.alodokter.com/bayi-ngorok-kenali-risiko-serta-cara-mencegahnya#:~:text=Bayi%20mengorok%20atau%20mendengkur%20umumnya,tersumbat%20dan%20dengkuran%20pada%20bayi.

https://www.orami.co.id/magazine/bayi-ngorok-saat-tidur

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie