Moms, Ini Alasan Kenapa Kulit Bayi Baru Lahir Merah

Doodle.co.id – Moms dan para orang tua lainnya mungkin bertanya-tanya kenapa kulit bayi baru lahir merah? Faktanya, saat bayi lahir memiliki kulit beragam tidak hanya merah namun bisa saja berwarna ungu, kuning bahkan biru. Variasi warna kulit pada bayi ini umumnya menjadi tanda kondisi Si Kecil yang mendasarinya. Saat baru dilahirkan, bayi biasanya akan mempunyai warna kulit merah tua hingga ungu. Ketika ia pertama kali bernafas. warna kulitnya bisa berubah menjadi merah yang umumnya akan memudar pada hari pertama.

kenapa kulit bayi baru lahir merah
Kenapa kulit bayi baru lahir merah / Image Vidal Balielo Jr.

Warna Kulit Bayi Baru Lahir

Kemerahan

Bayi newborn umumnya memang mempunyai warna merah atau kemerahan. Warna ini nantinya akan memudar secara bertahap sehingga Moms tak perlu khawatir. Akan tetapi, jika kemerahan terjadi di wajah mungkin ini menjadi tanda adanya kelainan darah langka yang dikenal dengan polisitemia vera. Apabila Moms mendapati bayi lahir kemerahan disertai gejala seperti susah bernapas atau gusi berdarah, segera periksakan ke dokter kepercayaan Moms. Pelajari juga pa yang menyebabkan kulit bayi merah saat baru lahir, ini bisa saja termasuk ruam merah pada Si Kecil.

Kuning

Meski kulit kekuningan identik dengan bayi baru lahir, namun kulit yang berwarna kuning bisa saja menjadi indikasi adanya masalah mendasar yang mungkin membuat kondisi memburuk. Penyakit kuning juga bisa menjadi penyebab bayi memiliki kulit kekuningan. Penyakit kuning umum terjadi pada newborn dan akan hilang tanpa perlu pengobatan.

Ini merupakan efek samping dari kerusakan hati pada sel darah merah yang sudah tua. Kemudian, sel darah ini terurai dan menghasilkan bilirubin. Sebewlum mengeluarkan bilirubin dengan sendirinya, hati bayi newborn memang memerlukan perkembangan dalam beberapa hari.

Biru

Tangan dan kaki bayi yang berwarna biru juga umum terjadi pada newborn. Biasanya bayi newborn mempunyai sistem peredaran darah yang berkembang dan belum matang, membuat aliran darah ke tangan dan kaki berkurang sehinbba membuatnya berwarna biru.

Kulit Pucat

Kulit pucat pada bayi newborn mungkin merupakan indikasi adanya kondisi tertentu, beberapa kondisi tersebut antara lain sebagai berikut.

Anemia, kondisi dimana bayi tidak memiliki cukup sel darah merah, atau karena sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Sel darah merah yang berkurang atau rusak menyebabkan bayi tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dalam aliran darahnya.

Albinisme, kondisi genetik yang membuat tingkat pigmen melanin pada kulit bvayi rendah. Ini menjadikan kulit dan rabmbut bayi pucat.

Fenilketonuria (PKU), kelainan bawaan yang mengakibatkan ketidakmampuan bayi untuk memecah asam amino fenilalanin. Asam amino diketahui membantu membentuk protein dalam tubuh, kemudian menumpuk dalam darah hingga menyebabkan masalah kesehatan seperti kejang. Ini lantas membuat kulit dan mata bayi menjadi pucat. Moms harus segera membawa bayi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan karena hal ini bisa mengakibatkan hal-hal yang mengkhawatirkan.

Kenapa Kulit Bayi Baru Lahir Merah? Wajarkah?

Seperti diketahui sebelumnya, kulit bayi berwarna merah merupakan ciri khas bayi baru lahir Moms. Selain warna merah, warna seperti ungu, biru, kekunignan menjadi hal wajar jika tanpa adanya kondisi tertentu. Warna kulit bayi akan berubah seiring berjalannya waktu dan akan berubah sepenuhnya saat bayi memasuki usia sekitar 20 bulan. Sehingga, Moms tak perlu khawatir akan hal itu.

Meski dianggap aman, namun warna kulit berbeda saat lahir bisa menjadi tanda akan kondisi kesehatan tertentu. Jika Moms mengkhawatirkan Si Kecil memiliki suatu masalah, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Perawatan Kulit Bayi

Untuk selalu menjaga kesehatan kulit bayi, Moms bisa gunakan Doodle Baby Lotion. Lotion yang diformulasikan khusus untuk bayi ini membantu menjaga kelembaban dan menutrisi kulit. Dikenal dengan formulasi Supermild Lotion Liquid atau water based, membuat Doodle Baby Lotion mudah meresap di kulit.

Doodle Baby Lotion terbuat dari bahan alami pilihan seperti Sunflower Oil, Almond Oil, dan Shea Butter serta vitamin E yang aman untuk kulit bayi bahkan newborn. Tidak ribet saat digunakan, Moms langsung bisa mengaplikasikan Doodle Baby Lotion di wajah dan tubuh Si Kecil. Simple Work Well ya, Moms.

 

Sumber
medicalnewstoday.com/ articles/are-black-babies-born-white#summary

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie