Moms Harus Tahu, Ini Cara Membersihkan Pusar Bayi yang Benar

Doodle.co.id – Tak sedikit orangtua yang masih bingung tentang bagaimana cara membersihkan pusar bayi mereka. Apalagi saat pusar bayi masih belum putung setelah kelahiran. Tidak dipungkiri akan terbesit rasa takut kala membersihkan pusar bayi. Sebagai informasi, tali pusar bayi adalah jalur kehidupan si kecil selama dalam kandungan ibu. tali pusar ini berguna membawa oksigen dan nutrisi lewat plasenta sampai akhirnya si bayi dilahirkan ke dunia.

cara membersihkan pusar bayi
Cara membersihkan tali pusar bayi / Image uhhospitals.org

Tali panjang tersebut akan dijepit dan dipotong (kecuali jika Moms mengalami kelahiran teratai ) sata bayi sudah lahir. Setelah dijebit atau dipotong maka hanya akan tersisa tunggul pendek dan akhirnya akan mengering serta rontok. Peristiwa ini akan meninggalkan bekas luka di perut bayi dan disebut pusar. Lantas bagaimana cara membersihkan pusar bayi yang menjadi area ekstra sensitif ini? Ikuti langkah-langkah berikut ini tentang cara mencuci pusar bayi sebelum dan sesudah puntung pusar lepas.

Cara Membersihkan Tunggul Tali Pusar Bayi

Sebelum tunggul tali pusar bayi lepas, yang biasanya terjadi antara lima hingga 15 hari setelah lahir, sebaiknya tetap gunakan mandi spons. Para ahli pernah menyarankan orang tua untuk membersihkan puntung rokok dengan alkohol setiap kali mengganti popok selama ini. Namun kini, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk menjaga tunggul pusar tetap bersih dan kering.

1. Persiapan

Moms harus mengumpulkan barang-barang yang diperlukan sebelum mulai untuk membersihkan. Untuk diperhatikan, supaya tunggul tali pusat bayi tidak basah, Moms bisa mandikan Si Kecil dengan spons sebelum tali pusat terlepas yang biasanya dalam waktu 2 minggu setelah bayi lahir.

Siapkan perlengkapan berikut ini:

  • Handuk penyerap besar untuk membaringkan bayi
  • Spons atau waslap lembut
  • Penyeka kapas
  • Semangkuk kecil air hangat
  • Sabun atau pembersih bayi
  • Letakkan pakaian bersih bayi dan popok baru dalam jangkauannya.

2. Cuci Tangan

Sebelum melakukan kegiatan bersih-berish pusar si kecil, ingat untuk sellau mencuci tangan Moms terlebih dahulu. Menurut Mary Ann LoFrumento, MD , asisten profesor pediatri dan ahli perawatan bayi di Universitas Columbia, mencuci tangan sendiri mencegah adanya kemungkinan penyebaran kuman apapun yang mungkin menyebabkan infeksi.

3. Lakukan Pemeriksaan Cepat

Segera cari tanda-tanda ada tidaknya infeksi di sekitar tunggul tali pusar si kecil. Dokter anak di Rumah Sakit Anak Joe DiMaggio di Hollywood, Florida, Margaret Grell, MD, menjelaskan apabila melihat salah satu gejala berikut, segera hubungi penyedia layanan kesehatan:

  • Bau busuk
  • Keluar cairan atau nanah di sekitar tali pusar
  • Kemerahan, nyeri tekan, atau pembengkakan pada kulit di sekitarnya
  • Pendarahan terus menerus
  • Demam
  • Lesu
  • Napsu makan buruk atau mudah tersinggung
  • Ingat, Moms tak boleh mencabut tunggulnya, walaupun hanya tergantung pada seutas benang. Melakukan tindakan nekat itu bisa menyebabkan pendarahan aktif.

4. Bersihkan lilitannya

Tali pusar bayi harus tetap bersih dan kering. Hal ini agar tali pusar lepas secara alami.  Dulu orang memakai alkohol untuk membersihkan tali pusar bayi.akan tetapi, kini  alkohol tidak lagi direkomendasikan lantaran penelitian menunjukkan tali pusat akan lebih cepat lepas apabila dibiarkan kering secara alami. Untuk membersihkan lilitannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Celupkan kapas ke dalam air hangat.
  • Peras ujungnya untuk menghilangkan kelebihan air.
  • Bersihkan dengan lembut di sekitar pangkal tali pusat dan kemudian kulit di sekitarnya.
  • Pegang tunggul dengan kain bersih dan menyerap hingga benar-benar kering.
  • Apabila ditemukan urin atau kotoran di area tali pusat maka itu bukanlah satu masalah. Moms hanya cukup membersihkan dengan kapas yang dicelupkan ke air sabun hangat. Kemudian keringkan lilitannya sepenuhnya dengan kain bersih dan menyerap. Jangan lupa untuk membersihkan kulit di sekitarnya.

Gunakan Doodle Baby Gentle Wash untuk membersihkan tali pusar bayi atau sebagai sabun mandi bayi Moms. Memiliki wangi khas Doodle yakni sweet green tea, sabun ini sangat lembut, tanpa busa dan mudah dibilas sehingga memudahkan Moms untuk memandikan Si Kecil. Dengan formula uniknya, Doodle Baby Gentle Wash membantu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit bayi. Kandungan antioksidan dalam susu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas, juga asam amino yang mengatasi kulit kering.

5. Keringkan Lilitan Tali Pusarnya

Moms harus memegang kegang kain lap bersih dan kering di area ini dengan lembut. Selain itu Moms juga bisa menggunakan selembar kertas untuk mengipasinya hingga kering. Ingat untuk selalu menutupi tunggulnya ketika Moms memakaikan popok bayi ke si kecil. Sebagai gantinya, lipat bagian depan popok ke bawah atau gunakan popok yang memiliki potongan tali pusar.

6. Lewati Tambahannya

Dr. LoFrumento menjelaskan terkait larangan untuk menggunakan losion, bedak, atau minyak pada atau di sekitar tali pusar bayi. Bahan-bahan ini tidak diperlukan dan mungkin bisa menyebabkan infeksi.

Cara Membersihkan Pusar Bayi

Sekarang, Moms sudah bisa mulai memandikan buah hati di bak mandi bayi yang dangkal berisi air hangat. Moms hanya perlu untuk bersihkan area pusar dengan sabun dan air seperti saat membersihkan bagian tubuh bayi lainnya.

1. Menyiapkan Perlengkapan

Saat ini seharusnya bayi sudah dimandikan dengan sebenarnya dan teratur. Jadi, Moms sudah bisa menyiapkan hal-hal berikut ini.

  • Kain lap lembut
  • Sabun atau pembersih bayi yang lembut
  • Handuk untuk mengeringkan
  • Isi wastafel atau bak mandi bayi dengan 2 sampai 3 inci air hangat. Saran dari American Academy of Dermatology Association,  uji suhu air di bagian dalam pergelangan tangan Moms untuk memastikannya tidak terlalu hangat.
  • Kemudian, Moms bisa mulai memasukkan bayi dengan lembut ke dalam air bak dengan kaki terlebih dahulu yang masuk.

2. Cuci tangan

Tetap selalu menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah membersihkan area sensitif ini demi menjaga si bayi:

  • Usap area perut

Moms bisa mulai membersihkan pusar bayi setelah mencuci muka, mata, rambut, dan tubuh bagian atas. Kemudian abil waslap, usap perlahan di dalam dan sekitar pusar. Lalu jangan lupa untuk bilas area tersebut, dan selesaikan mandi di kecil. Disarankan juga untuk mempersingkat waktu mandi si kecil, yakni tidak lebih dari 10 menit. Hal ini akan membantu mencegah kulit bayi yang masih halus kering..

  • Keringkan pusar

Langkah selanjutnya keringkan pusar bayi seperti mengeringkan bagian tubuh lainnya. Selalu gunakan handuk bersih dan kering kemudian tepuk-tepuk perlahan di area tersebut, sampai benar-benar mengeringkan bagian dalam pusar apabila bayi mengalami innie.

  • Lembabkan area perut

Setelah pusar sembuh, penggunaan lotion bayi di sekitar area perut bayi juga diperbolehkan. Namun oleskan krim secara ringan dan hindari penggunaan produk dewasa yang dapat mengiritasi kulit sensitif bayi. Gunakan Doodle Baby Lotion untuk melembabkan area perut bayi atau area kulit lainnya. Lotion bayi ini memberikan nutrisi dan membantu menjaga kelembaban kulit bayi. Formulasi water based pada lotion ini membuatnya cepat meresap dan tidak ribet. Doodle Baby Lotion mampu menjaga kulit wajah dan tubuh bayi tetap lembut dan kenyal.

 

Sumber

parents.com/ How to clean a baby’s belly button

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie