Mom, Umur Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas?

Umur berapa bayi bisa melihat

Bayi baru lahir, organ tubuh dan seluruh  inderanya belum bisa berfungsi optimal. Ini berarti bayi juga belum bisa melihat dengan jelas. Selain tidak jelas, jarak pandang bayi juga masih sangat dekat dan belum bisa fokus melihat pada beberapa objek. Coba moms perhatikan ketika sedang mengajak bayi ngobrol atau bercanda. Dia akan melihat kedepan seolah memandang moms tetapi pandangannya masih kabur sehingga belum mampu merespon candaan yang moms lontarkan. Ia akan merespon benda atau sesuatu yang moms gerakan didepan matanya, dan mereka hanya akan merespon dengan menggerakan bola matanya.

Seiring tumbuhnya usia bayi, maka kemampuan mata bayi juga akan meningkat dan berfungsi lebih efektif lagi untuk melihat. Lalu, umur berapa bayi bisa melihat moms? pada dasarnya sudah bisa melihat sejak dia dilahirkan akan tetapi untuk melihat dengan jelas, bayi baru bisa melakukan ketika usia 12 bulan. diusia-usia selanjutnya, mata bayi akan tetap tumbuh dan perkembang fungsinya dan ketajaman penglihatan akan terus berubah sampai usianya 5 tahun. Agar lebih tahu lagi bagaimana perkembangan mata bayi, umur berapa bayi bisa melihat, berikut penjelasan mengenai tahapan perkembangan bayi melihat.

  1. Usia 0 – 3 bulan

Saat bayi dalam kandungan, mata bayi tertutup sehingga sepenuhnya tidak bisa melihat, tapi awal dia lahir bayi sudah bisa membuka mata dan melihat walaupun masih samar-samar. Karena itu, bayi berinteraksi dengan menggerakan tangannya agar ia tahu dan merasakan lingkungan sekitanya. Bayi baru lahir memiliki jarak pandang yang sangat dekat yaitu hanya 25 – 30 dari wajahnya dan hanya bisa menahan pandangan paling lama 12 detik, setelah itu kabur. Keadaan ini akan berkembang diusianya 8 minggu, bayi sudah bisa mengenali wajah bapak dan ibunya. Barulah usia 2 – 3 bulan bayi menggerakan matanya menyelaraskan gerakan benda yang lewat depan matanya.

  1. Usia 4 – 6 bulan

Di usia ini, arah gerak bayi sudah mulai terarah dengan jarak pandang yang lebih luar dibanding sebelumnya.Walaupun masih belum jelas, tapi bayi diusia ini sudah bisa melihat warna terutama warna pokok seperti biru, merah, dan hijau. Penguasaan warna ini akan meningkat diusianya ke 5 bulan. Selain itu, bayi juga sudah bisa menggerakan matanya tanpa diikuti gerakan tubuhnya. Inilah yang membuat bayi sudah bisa mem[roses informasi yang dia dapat di sekitarnya.

  1. Usia 7 – 9 Bulan

Pada usia ini, ketajaman mata bayi sudah meningkat. Dia juga bisa melihat dengan dalam dan warna benda dengan beberapa kombinasi warna. Kemampuan mata ini berkembang sangat pesat karena pengaruh perkembangan motorik bayi yang juga terus meningkat. Pada usia ini bayi sudah mulai merangkak sehingga bayi aktif berjelajah disekitar untuk melihat, menggapai dan meraba barang yang dia inginkan.

  1. Usia 10 – 12 bulan

Di usia ini, penglihatannya sudah sangat jelas. Mampu memperkirakan jarak sehingga bida bermain lempar tangkap. Responnya juga cepat beralih dari barang satu ke barang lainnya. Pada usia ini bayi juga lebih fokus dalam memandang.

Ingat ya moms, diantara ke 6 indera yang dimiki setiap manusia, mata merupakan indera yang paling sensitif, apalagi mata bayi baru lahir. Terjadi kesalahan dalam perawatan bisa membuat masalah mata bayi yang resiko untuk perkembangannya. Untuk itu, selalu berhati-hatilah dalam merawat mata bayi. Umur berapa bayi bisa melihat? Pada dasarnya, tiap bayi akan mengalaminya dengan masanya sendiri sesuai dengan pertumbuhan fisiknya, tetapi rata-rata memang di usianya ke 12 bulan.