Minyak Telon untuk Humidifier, Amankah?

Doodle.co.id Minyak telon mempunyai beragam manfaat seperti menghangatkan tubuh, mencegah bayi dari gigitan nyamuk, melegakan pernapasan, melembapkan kulit, bahkan bisa juga untuk humidifier atau diffuser, Humidifier sendiri adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pelembap udara, yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara.

minyak telon untuk humidifier
Minyak telon untuk humidifier / Images doTERRA International, LLC

Meski sama-sama menggunakan minyak esensial atau aromaterapi, namun humidifier dan diffuser memiliki fungsi yang berbeda. Humidifier berfungsi sebagai penambah sekaligus memberikan kelembapan udara, sementara diffuser berfungsi sebagai pembersih udara.

Minyak Telon untuk Humidifier

Beragam aroma untuk humidifier dapat Moms pilih mulai dara greentea, lavender, aroma buah-buahan, dan masih banyak lagi. Namun selain minyak essensial khusus untuk humidifer, ternyata minyak telon juga bisa digunakan untuk alat pelembap udara, Moms. Menurut Hunker, menambahkan minyak esensial dari minyak telon ke humidifer dikatakan aman. Akan tetapi, hal tersebut harus dilakukan dengan benar dan cara yang tepat supaya humidifier menjadi tidak cepat rusak.

Manfaat menggunakan minyak telon untuk humidifier

Menggunakan minyak telon sebagai humidifier juga membantu untuk meringankan kekeringan pada saluran udara. Humidifier bekerja dengan cara mengubah air menjadi uap, yang kemudian meningkatkan kadar air di udara, sehingga udara lembap tersebut dapat dihirup bayi melalui mulut dan hidung. Pelembap udara ini juga aman untuk bayi di saat mereka tidur dan membantu bernafas lebih baik, terutama saat cuaca dingin.

Kabut dingin lebih direkomendasikan daripada kabut hangat

Namun perlu diperhatikan bahwa hanya pelembap kabut dingin yang boleh digunakan untuk bayi dibandingkan kabut hangat, seperti kata Dr. Foersterling.

“Karena humidifier kabut hangat dapat menimbulkan bahaya panas jika tidak sengaja terjatuh atau tersentuh.” kata dia,

Tidak hanya itu, American Academy of Pediatrics (AAP) juga merekomendasikan humidifier kabut dingin untuk bayi. Dr Foersterling mengatakan, meski udara di ruangan ingin dilembabkan, namun penting untuk memeriksa ruangan itu tidak terlalu basah. Selain itu, letakkan humidifier pada jarak yang cukup jauh dari bayi sehingga kabut tidak langsung mengenai tempat tidur.

Tips Menambahkan Minyak Telon untuk Humidifier

Encerkan Minyak esensial atau minyak telon ke pelembap udara, hindari menambahkan lebih dari 9 tetes minyak esensial, atau minimal 3 tetes saja, Teteskan ke dalam tangki atau reservoir air humidifier, lalu isikan menggunakan air. Selain meneteskan langsung, Moms juga dapat menggunakan bola kapas. Teteskan minyak telon ke bola kapas, kemudian jatuhkan kapas ke lubang uap humidifier.

Uap ini akan memberikan aroma minyak telon atau minyak esensial menguap ke udara tanpa membuatnya bersentuhan langsung dengan bagian dalam humidifier. Pastikan humidifier selalu dalam keadaan bersih ya Moms. Mengingat pentingnya menjaga kebersihan pelembab udara, maka pilihlah humidifier yang mudah dibersihkan.

Tidak hanya itu, gunakan humidifier yang memiliki ukuran tepat untuk ruangan anda, karena pelembap udara yang terlalu kecil tidak akan berfungsi maksimal. Akan tetapi, humidifier yang terlalu besar pun dapat menambah terlalu banyak kelembapan. Moms juga dapat menggunakan humidifier yang memiliki fitur pematian otomatis sehingga pelembap udara dapat langsung mati saat tangki kosong.

Apabila menggunakan humidifier dengan benar dan sesuai menurut pedoman keselamatan dan saran dokter anak, humidifier akan sangat membantu Moms untuk melegakan hidung anak yang tersumbat atau pun pilek. Dengan sedikit kelembapan dari minyak telon juga bisa membuat tidur lebih nyaman.

Bagi Moms yang ingin menggunakan minyak telon untuk humidifier, bisa menggunaan Minyak Telon Doodle yang mengandung formulasi terbaru dan berbeda dari minyak telon lainnya. Kandungan Oleum Cocos, Oleum Cajuputi, Oleum Anisi, Oleum Sweet Green Tea ini mampu memberikan aroma wangi green tea yang menyegarkan. Kandungan green tea pada Minyak Telon Doodle adalah essential oil, bukanlah fragrance sehingga aman untuk bayi.

 

Sumber

https://www.parents.com/baby/care/newborn/how-close-should-a-humidifier-be-to-baby/

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/17/120900676/apakah-aman-memasukkan-minyak-esensial-ke-humidifier-?page=all

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie