Metode Sleep Training, Bantu Tidur Si Kecil Lebih Lelap

Doodle.co.id – Terkadang bayi tidur tak lelap hingga terbangun di tengah malam, tak jarang hal ini membuat Moms juga ikut terganggu. Tidur secara mandiri bagi bayi menjadi hal yang membahagiakan bagi para orang tua, tentu dengan sleep training bisa menjadi kunci agar bayi bisa tidur sepanjang malam. Memang, tertidur secara mandiri merupakan keterampilan yang harus dipelajari, dan ada banyak metode pelatihan tidur yang bertujuan membantu bayi menguasai hal itu. Sleep training belakangan ini memang semakin populer dan bisa dilakukan saat bayi memasuki usia 6 bulan, bahkan sejumlah artis Indonesia seperti Nikita Willy pun menerapkannya kepada sang buah hati. Moms ingin bayi tidur sepanjang malam tanpa gangguan? pelajari 5 metode sleep training atau pelatihan tidur yang populer berikut.

metode sleep training
Metode sleep training / Image William Fortunato

5 Metode Sleep Training

1. Metode Memudar

Metode ini mengandalkan teknik menenangkan untuk membantu bayi tertidur secara mandiri, tentu ini menghilangkan ketergantungan pada orang tua untuk tidur. Selama beberapa waktu Moms bisa menghilangkan rutinitas seperti memberi makan sebelum tidur, mengayun dan menidurkan bayi. Tentu semuanya dilakukan bertahap seiring berjalannya waktu. Metode satu ini juga dikenal dengan sleep training yang lembut.

2. Metode pengambilan atau penurunan

Metode latihan tidur pcik-up, put-down ini menjadi metode latihan tidur tanpa menangis. Moms hanya perlu menggendong bayi setiap kali ia menangis, tenangkan sejenak, dan letakkan kembali dalam keadaan mengantuk tapi tetap terjaga. Ulangi langkah itu sampai bayi tertidur. Kuncinya yaitu Moms harus mengajari bayi secara bertahap, dan tetap membawa mereka tetap dekat dan aman hingga mereka bisa tertidur sendiri.

3. Metode kursi

Metode satu ini mengandalkan orang tua atau pengasuh yang duduk di kursi dekat tempat tidur bayi, sampai Si Kecil tertidur. Moms bisa melakukan metode ini dengan menjauhkan kursi dari tempat tidur bayi misalnya di 1-3 hari letakkan kursi tepat di samping bayi, sembari memegang dan menepuk punggungnya.

Pada malam keempat, Moms bisa menggeser kursi sedikit dan menghentikan berpegangan tangan. Moms mungkin perlu beberapa malam untuk berada di dekat pintu. Hingga pada akhirnya bayi bisa tertidur tanpa keberadaan Moms sama sekali di kamar.

4. Metode menangis

Usai menyelesaikan rutinitas sebelum tidur, Moms bisa meninggalkan kamar bayi dan tidak menanggapi tangisannya sepanjang malam. Bahkan, Moms bisa membiarkannya tertidur tanpa bantuan apapun. Lakukan dalam berbagai tingkatan misalnya biarkan ia menangis dalam waktu singkat sampai tingkat yang lebih ekstrem membiarkannya menangis sampai pagi hari. Namun, semua ini harus disesuaikan dengan cara terbaik untuk bayi Moms.

5. Metode ferber

Metode ini dinamakan berdasarkan nama dokter yang mengembangkan metode ferber. Caranya dengan meminta pengasuh atau ornag tua untuk menidurkan bayi dan merespons tangisannya pada interval waktu tertentu yang secara bertahap meningkat tiap malam. Melalui Ferberisasi, bayi akan belajar menenangkan diri dan tertidur secara mandiri.

Tips Bayi Tidur Nyenyak

Apapun metode pelatihan tidur yang Moms pilih, beberapa tips di bawah ini mungkin bermanfaat bagi Moms. Berikut beberapa tips untuk Moms agar bayi tidur lebih nyenyak sepanjang malam.

  • Jangan keraskan volume di rumah
  • Posisikan bayi dalam keadaan terjaga tetapi mengantuk
  • Rencanakan hari Moms dengan istirahat malam yang nyenyak
  • Mengatur tidur siang, tidak peduli apakah sebentar atau lama, bantu bayi tidur dengan memutar lagu favorit bayi, menyiapkan camilan yang aman, buku mewarnai, mobil-mobilan khusus hingga tablet dan permainan ponsel yang membuat bayi terjaga.
  • Tingkatkan tidur secara perlahan
  • Bergantian dengan suami saat mendirukan bayi
  • Menciptakan rutinitas sejak dini
  • Biarkan bayi rewel dan menangis
  • Beri bayi ruangnya sendiri
  • Tingkatkan kualitas udara
  • Kirimkan sinyal waktu tidur
  • Jaga agar tetap konsisten
  • Lakukan yang terbaik untuk Moms, dan pilih metode sleep training yang tepat untuk Si Kecil
  • Ketahuilah kapan Si Kecil membutuhkan perhatian ekstra
  • Bersabar saat menjalani pelatihan tidur

 

 

Sumber
parents.com/ baby/sleep/basics/sleep-training-methods/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie