Mengenal Apa Itu Vernix Caseosa

Doodle.co.id – Vernix Caseosa adalah kondisi bayi baru newborn yang terlahir dengan tubuh ditutupi oleh zat berwarna putih. Zat putih ini mirip seperti lilin, dan dapat muncul dalam lapisan tebal atau tipis sehingga dapat menutupi seluruh tubuh bayi. Vernix Caseosa juga dapat menutupi seluruh tubuh bayi dan muncul dalam bentuk bercak. Meski terlihat tak sedap dipandang, namun kondisi satu ini mempunyai banyak manfaat penting bagi bayi baik sesudah maupun setelah lahir.

vernix caseosa adalah
Vernix caseosa pada bayi / Image whattoexpect.com

Vernix Caseosa adalah zat lilin yang bertanggung jawab untuk memproduksi minyak kulit. Zat ini berasal dari kelenjar bernama sebaceous kulit. Vernix terdiri dari lipid, protein dan air yang menutupi kulit bayi pada trimester terakhir kehamilan. Seiring berjalannya waktu, vernix juga mengumpulkan sejumlah sel kulit yang terkelupas secara alami.

Biasanya, Vernix Caseosa ini muncul sekitar 25 hingga 28 minggu kehamilan. Kemudian, pada minggu ke 24, vernix akan mulai larut dalam cairan ketuban. Maka dari itu, wajar bagi bayi yang lahir dengan kondisi vernix caseosa, baik sedikit atau pun dengan jumlah banyak.

Bentuk Vernix Caseosa

Vernix Caseosa memiliki bentuk layaknya lotion yang tidak digosok. Indikator yang baik saat bayi mengeluarkan kotoran pertamanya dalam rahim sebelum dilahirkan atau mekonium adalah vernix yang berwarna coklat kekuningan bahkan hijau. Akan tetapi, mekonium dapat dikatakan berbahaya apabila bayi yang belum lahir menghirup cairan ketuban, tempat dimana mekonium dikeluarkan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa sekitar 27,1 persen bayi lahir akan mempunyai cairan ketuban yang mengandung mekonium. Akan tetapi, hanya 2 sampai 10 persen yang mengalami sindrom aspirasi mekonium. Sindrom ini adalah kondisi neonatal yang memerlukan perhatian medis segera, karena dapat mengancam keselamatan bayi.

Manfaat Vernix

  • Melindungi kulit bayi saat baru lahir

Vernix memiliki manfaat penting bagi bayi, termasuk membantu melindungi kulit halus bayi baru lahir saat kehamilan. Ini berkat kualitas asam cairan ketuban, yang menghidrasi kulit bayi, menjaga bayi pada suhu yang tepat dan membuatnya nyaman, hingga melindungi tubuh mereka saat berada di dalam rahim.

  • Membantu bayi keluar dari jalan lahir

Selain itu, Laura Riley, MD, seorang OB-GYN di New York City, mengatakan, Vernix berfungsi sebagai pelumas yang membantu bayi keluar dari jalan lahir dengan lebih mudah.

  • Merangsang sistem kekebalan tubuh

Vernix juga merangsang sistem kekebalan tubuh dengan membantu menjajah mikrobioma usus janin yang sedang berkembang. Ini dapat membangun sustem kekebalan tubuh yang kuat serta membantu mencegah infeksi. Vernix Caseosa membantu mengatur suhu tubuh dan menstabilkannya, meski terdapat beberapa perdebatan mengenai hal ini. Berkat adanya vernix, kulit janin dapat terlindungi dari unsur-unsur yang merusak dalam cairan ketuban, seperti urea dan elektrolit yang cukup keras untuk membuat kulit menjadi maserasi.

Bayi yang Lahir Tanpa Vernix

Dilain sisi, semua bayi di dunia mengembangkan lapisan vernix saat berada di dalam rahim, akan tetapi jumlah vernix yang tertinggal di kulit mereka saat lahir sangatlah bervariasi. Apabila bayi lahir usai tanggal jatuh tempo, vernix mungkin telah sedikit atau hilang seluruhnya. Ini kemungkinan besar karena vernix telah terserap oleh cairan ketuban.

Bayi tanpa vernix mungkin mempunyai kulit lebih kering daripada bayi lainnya, namun hal ini tidak membahayakan ya Moms. Ari Brown, MD, dokter anak di Austin, Texas menyebutkan, bahwa meski vernix tidak nyaman untuk dipandang, namun hindari untuk menghapusnya dari kulit bayi.

Menurut penelitian, menghilangkan vernix tidak diperlukan untuk menjaga kebersihan. Membiarkannya melekat pada kulit bayi justru dapat membantu mencegah terinfeksi bakteri dan menyembuhkan luka. Akan tetapi, vernix harus segera dicuci apabila terdapat noda mekonium atau saat kondisi ibu yang melahirkan bayi tersebut menderita HIV dan hepatitis.

Usai vernix terserap atau hilang secara alami, kulit bayi terutama tangan dan kaki kemungkinan akan mengering dan mengelupas. Selain itu, vernix biasanya terdapat di area lipatan kulit bayi yang bersembungi selama beberapa hari hingga berminggu-minggu usai dilahirkan.

 

Sumber

https://www.parents.com/baby/care/skin/10-things-you-never-knew-about-vernix/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie