Mengatasi Pilek pada Bayi Baru Lahir, Ini yang Harus Dilakukan

Doodle.co.id –  Mengatasi pilek pada bayi baru lahir menjadi hal yang sering dikhawatirkan para Moms. Semua bayi dilahirkan dengan sistem kekebalan terhadap penyakit seperti dikutip dari situs Healthline. Namun bayi butuh waktu untuk sistem kekebalan tubuh seluruhnya siap. Oleh sebab itulah maka bayi rentan dengan infeksi virus yang bisa menyebabkannya terjangkit pilek. Meski begitu, butuh waktu bagi sistem kekebalan tubuh mereka untuk sepenuhnya matang. Hal ini membuat bayi lebih rentan terhadap infeksi virus, yang menyebabkan pilek. Untuk diketahui bayi akan terkena pilek setidaknya 7 kali sebelum dia menginjak umur satu tahun.

mengatasi pilek pada bayi baru lahir
Cara mengatasi pilek pada bayi baru lahir / Image emedihealth.com

Sebagai informasi, bayi baru lahir yang terkena pilek sebenarnya tidak berbahaya. Namun hal tersebut bisa menjadi penyakit yang lebih parah seperti pneumonia. Sebagian besar pilek yang menjangkiti bayi ini justru membantu si kecil untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi di kemudian hari. Meski begitu, pilek pertama yang menyerang bayi baru lahir mungkin akan sangat mengkhawatirkan orang tua. Sebelum terlanjur parah, Moms bisa mengecek terkait gejala apa saja yang kemungkinan muncul saat bayi terkena pilek agar Moms bisa mengetahui cara mengatasi pilek pada bayi baru lahir.

Gejala pilek atau tanda-tanda bayi pilek bisa diawali dengan hidung yang berair. Gejala lain yang mulai muncul seperti bayi mulai rewel lalu mengalami demam. Dilanjut dengan bayi batuk di malam hari dan nafsu makannya berkurang. Gejala pilek yang kemungkinan dialami bayi lainnya adalah bayi sulit tidur. Hingga bayi sulit menyusu entah ASI atau dari dot lantaran hidungnya yang tersumbat.

Penyebab pilek pada bayi baru lahir ini adalah infeksi virus, bukan bakteri. Jadi pilek bayi ini tak bisa disembuhkan lewat antibiotik. Infeksi bakteri ini kadang berkembang menjadi komplikasi dari infeksi virus. Perlu diingat, bayi baru lahir yang terkena pilek  ini juga bisa menyebabkan terkena penumonia, sakit tenggorokan, dan infeksi telinga. Bayi baru lahir mungkin bisa tertular pilek bisa dengan kontak langsung dengan orang yang baru sakit atau bahkan tidak secara langsung.

Masa Inkubasi Flu dan Pilek pada Bayi

Masa inkubasi flu atau pilek sekitar satu sampai empat hari. Pilek ini biasanya menular satu sampai dua hari sebelum gejala muncul. Namun bisa juga langsung ditularkan saat pilek terjadi. Kala hidung meler dan mulai reda hal itu bisa saja terjadi.

Apabila bayi pilek biasa sebenarnya tak perlu dibawa ke dokter Moms. Hal ini karena flu biasa bisa membaik dalam waktu seminggu sampai 10 hari tanpa pengobatan. Jika bayi kurang dari 1 bulan pilek dan disertai demam maka segera hubungi dokter untuk penanganan selanjutnya.

Cara mengatasi pilek pada bayi baru lahir

1. Menyusu lebih sering

Memberikan ASI adalah hal yang lebih mudah pulih untuk mengatasi pilek pada bayi baru lahir yang punya gejala ringan. Namun, bukan berarti bayi yang diberi ASI sepenuhnya kebal pilek, tapi setidaknya ASI ini bisa membuat bayi lebih terlindungi. Moms saat menyusui terkena virus flu, tubuhnya akan menghasilkan antibodi yang bekerja spesifik ke virus tersebut yang kemudian bisa diteruskan si kecil dan memberinya kekebalan untuk melawan virus. Bahkan hanya dnegan berada dekat si kecil bisa membantu merangsang produksi antibodi bayi.

2. Istirahat Cukup

Moms harus memastikan bayi mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidur merupakan kunci sistem kekebalan tubuh yang sehat. Moms bisa membersihkan ingus sebelum tidur dan emmeluknya agar bayi cukup tidur dan rilek.

3. Gendong

Gendong bayi agar berada dalam posisi tegak yang memungkinkan untuk menghilangkan hidungnya yang tersumbat. Selain itu menggendong bayi juga mendekapnya bisa meningkatkan perlindungan imunologis. Sentuhan-sentuhan Moms untuk si kecil ini sangat penting dalam perkembangan fisik dan emosional bayi.

4. Cairan Tercukupi

Pastikan vairan yang didapat anak tercukupi. Hal ini bisa mengatasi hidung tersumbat anak dnega mengencerkan lendir di hidungnya. Kebutuhan cairan tercukupi atau tidaknya si kecil ini bisa dilihat dari warna urine yang berwarna terang atau bahkan sebaliknya.

5. Bersihkan hidung

Membersihkan hidung bayi ini bisa mengurasngi penyumbatan lendir doi hidung bayi. Moms bisa mencampurkan setengah sendok teh garam meja ke dalam secangkir air hangat untuk diteteskan dengan pipet sebanyak dua atau tiga tetes larutan air garam ke lubang hidung dengan cara membaringkan telentang si kecil. Bersihkan lendir saat keluar dan gunakan spuit atau pipet untuk menyedot lendir tersebut.

6. Posisi Tidur

Perhatikan posisi tidur bayi saat anak pilek. Tinggikan kepala bayi ketika tidur untuk membuatnya mudah bernafas. Selain itu hidung tersumbat pada bayi ini juga bisa diatasi dengan posisi tidur miring seperti orang dewasa.

7. Gunakan Pelembab Udara

Moms bisa memanfaatkan humidifier atau pelembab udara untuk melegakan batuk dan sesak bayi. Moms harus memperhatikan petunjuk pengunaannya untuk mencegah jamur dan bakteri tumbuh di dalam humidifier.

8. Diuap

Untuk melegakan hidung tersumbat pada bayi, Moms bisa mencoba dengan cara diuap. Moms perlu menyiapkan ember atau baskom berisi air panas dan bawa ke kamar mandi lalu bayi ke kamar mandi yang sudah terisi uap dari air panas yang sudah disiapkan dan tunggu selama 10 sampai 15 menit.

9. Hindari Asap Rokok

Asap rokok bisa memperburuk pilek lantaran bisa mengiritasi tenggorokan dan hidung. Anak yang sering menghirup asap rokok lebih sulit mengahdapi pilek dan punya resiko terkena bronkitis atau pneumonia. Ingat untuk selalu jauhkan bayi dari asap rokok dan jangan sampai ada yang merokok dalam rumah ya Moms.

10. Mandi Air Hangat

Mandikan si kecil menggunakan air hangat untuk membuat bayi lebih rileks.

11. Pijat Bayi dengan Minyak Kelapa atau Minyak Telon

Panaskan setengah cangkir minyak kelapa lengkap dengan 1 batang serai hingga hangat-hangat kuku. Kemudian Moms bisa gunakan larutan tersebut untuk memijat bayi di bagian dada, punggung, telapak kaki, dan telapak tangan bayi supaya Si Kecil lebih nyaman.

Selain menggunakan minyak kelapa, Moms juga bisa menggunakan minyak telon tentunya Minyak Telon Doodle. Minyak telon satu ini mampu menghangatkan dan memberikan rasa nyaman pada bayi. Selain itu, Minyak Telon Doodle juga meredakan gejala masuk angin seperti kembung, dan menghindarkan bayi dari gigitan serangga hingga nyamuk. Memijat bayi menggunakan Minyak Telon Doodle juga bisa untukmeredakan pilek pada bayi baru lahir. Memiliki wangi yang berbeda yakni adanya kandungan green tea essential oil, mampu memberikan kesegaran, menenangkan dan rasa rileks bayi atau pun Moms.

12. Pakai Kunyit

Kunyit merupakan obat tradisional yang berkhasiat mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya flu. Panas dari kunyit akan membantu mengencerkan lendir bayi. Moms bisa mencampur air hangat dengan sedikit bubuk kunyit dan mengaduknya sampai menjadi pasta halus. kemudian gunakna pasta tersebut untuk dioleskan di dada, dahi, dan telapak kaki bayi.

 

Sumber

id.theasianparent.com/ pilek-pada-bayi-baru-lahir

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie