Masuki Fase Makanan Padat Bayi, Ini yang Perlu Moms Siapkan

Doodle.co.id – Pemberian makanan padat bayi bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para orangtua ya Moms. Mulai dari persiapan alat makan, tempat makan, hingga kursi dan meja untuk bayi terasa sangat menyenangkan. Ketika si kecil sudah mulai bisa makan makanan padat, tak sedikit orangtua merasa bahagia karena si kecil sudah semakin tumbuh.Waktu terasa makin menyenangkan saat menyiapkan hal-hal yang diperlukan bayi saat makanan padat bisa dikonsumsi.

makanan padat bayi
Persiapan makanan padat bayi / Image Andrea Piacquadio

Kala menyantap makanan padat ini, bayi akan antusias memasukkan makanan ke dalam mulut mereka. Namun ada juga sebagian anak yang justru kurang berminat saat harus memakan makanannya. Bahkan saat waktu makan bayi ini bagi sebagian bayi yang kurang minat untuk makan makanan padat baru mereka ada yang melakukan hal-hal yang membuat orangtua stres. Seperti saat bayi sedang makan makanan padat ini bisa berantakan kemana-mana.

Untuk informasi nih Moms, si kecil siap menerima makanan pada sata bayi sudah bisa untuk mengangkat kepalanya dengan baik. Kemudian juga membuka mulut saat makanan disuapkan ke arahnya sehingga anak bisa menelan makanan dari sendok. Selain itu, Moms juga bisa menanyakan ke dokter anak tentang waktu yang tepat untuk memberikan makanan padat ke bayi anda.

Di samping menyiapkan bahan makanan dan list makanan apa saja yang bisa dikonsumsi anak, Moms juga bisa untuk menyiapkan keperluan dan perlengkapan agar pengalaman makan pertama si bayi berjalan mulus dan nyaman. Berikut beberapa perlengkapan yang bisa orangtua siapkan untuk menunjang persiapan bayi makan.

Persiapan Makanan Padat Bayi

1. Kursi Bayi

Si kecil akan membutuhkan kursi untuk makan saat dirinya sudah siap duduk tanpa bantuan. Hal ini biasanya bisa dilakukan bayi di umur lima atau enam bulan setelah kelahirannya. Saat membeli kursi makan bayi, Moms perlu mempertimbangkan anggarannya. Tak hanya itu saja, ingat juga untuk melihat ruang yang tersedia di rumah hingga mudah tidaknya kursi makan bayi itu digunakan. Setelah itu, Moms sudah mulai bisa menentukan kursi seperti apa yang dibutuhkan sesuai ruang dan gaya hidup di keluarga.

Tips lain yang bisa diterapkan adalah Moms bisa memilih kursi yang tahan lama ketimbang kursi mewah. Hal ini lantaran jika Moms dan pasangan ingin mempunyai banyak anak kelak masih bisa dipakai untuk anak-anak berikutnya tanpa harus membeli baru. Maka ada baiknya orangtua bisa mencoba beberapa kursi dahulu sebelum membelinya.

Biasanya dalam satu keluarga tak memerlukan kursi bayi lebih dari satu buah. Jika terkendala soal luas runag maka orangtua bisa membeli kursi clip on atau kursi yang bisa digantungkan di tepi meja atau meja dapur yang kokoh maupun booster seat. Booster yang bersifat portabel ini biasanya dibeli untuk memudahkan kala digunakan saat makan di luar rumah.

2. Sendok Bayi

Mungkin saat bayi makan makanan padat pertama akan menggenggam makanannya dengan jari. Ini juga menjadi hal bagus untuk melatih anak menggunakan jari-jarinya. Namun ada kalanya beberapa makanan bayi membutuhkan sendok. Jika memakai sendok makan biasanya, hal ini akan terlalu besar untuk mulkut si kecil, jadi Moms bisa membeli beberapa sendok bayi.

Tips membeli sendok bayi ini bisa memilih jenis yang lebut dan fleksibel. Hal ini akan memudahkan mengikuti keninginan si bayi. Selain itu pemilihan sendok ini bisa membatu mencegah anak tersedak.Warna sendok cerah juga bagus sebagai pilihan lantaran bisa membuat bayi lebih tertarik dan bersemangat untuk menyendokkan makanannya. Moms juga bisa membeli beberapa sendok bayi guna mengantisipasi sendok tersebut terjatuh ke lantai saat makan.

3. Mangkuk dan Piring

Hal selanjutnya yang dibutuhkan adalah mangkuk dan piring bayi. Moms bisa memilih mamngkuk ukuran bayi dengan model yang bervariasi. Membeli mangkuk bayi ini akan lebih memudahkan orangtua saat menyajikan makanan untuk si kecil sesuai porsinya.

Tips yang bisa digunakan saat memilih mangkuk bayi adalah membeli mangkuk khusus bayi yang tidak pecah. Mangkuk dnegan fungsi ganda seperti yang bisa dugunakan sebagai wadah penyimpanan juga hal bagus. Moms mungkin setidaknya hanya menyediakan dua mangkuk setiap kali si kecil makan.

4. Oto yang bisa Dibersihkan

Ada banyak jenis oto atau celemek bayi yang bisa menjadi pilihan orangtua. Ada baiknya Moms memilih oto yang mudah untuk dibersihkan. Kemudahan saat memakai atau melepaskannya ini juga penting untuk si bayi. Oto yang tahan air dan mempunyai penampung makanan tumpah di bagian bawah juga bisa sangat membantu saat anak makan makanan padat. Jenis oto yang baik ini bisa menempel dengan baik menutupi area dadan dan nyaman dipakai oleh si kecil. Oleh sebab itu carilah oto yang berbahan lembut dan lentur dan tidak mudah tergores.

Jika Moms membeli oto tahan air maka hanya akan memerlukan sedikit waktu dan bisa membersihkan dengan cepat bahkan saat Moms sedang menyusui bayi. Namun jika lebih memilih oto kain, maka bisa membeli beberapa. Ini untuk berjaga-jaga saat si kecil emmbutuhkan oto lebih dari satu atau dua setiap makan. Karena oto kain kemungkinan besar akan cepat kotor dan perlu dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan lagi.

5. Cangkir Minum

Bayi di atas enam bulan kemungkinan akan mulai minum sedikit air. Si kecil bisa mulai diajari minum melalui cangkir, dan akan terbisa siring berjalannya waktu. Moms bisa memilih yang BPA free dan mudah dibersihkan. Kebanyakan cangkir bayi mempunyai pegangan yang membantu si kecil untuk belajar mengatur cangkirnya sendiri.

6. Lap Alas

Makan makanan padat bayi tak jauh dari cipratan makanan yang kemana-mana. Mulai dari remahan hingga gumpalan makanan di wajah, tangan, dan celemek. Beberapa bahkan ada yang bisa sampai jatuh ke kursi, meja atau lantai. Untuk menghindari kondisi berantakan ini Moms bisa mmeberikan alasa cipratan di lantai untuk mempermudah saat nanti dibersihkan.

7. Pembuat Makanan Bayi

Barang ini bisa menjadi pilihan jika Moms lebih suka memasak sendiri makanan untuk si kecil. Meskipun saat ini banyak sekali makanan cepat saji yang bisa langsung diberikan kepada anak. Namun dengan membeli alat pembuat makanan bayi ini, Moms bisa berkreasi dan menentukan sendiri makanan apa yang kira-kira bisa menjadi menu hari ini.

8. Alat Bersih-bersih

Alat bersih-berish bisa Moms siapkan untuk membersihkan belepotan atau remahan-remahan makanan yang terjatuh saat si kecil makan. Alat-bersih-bersih seperti lap bisa Moms beli atau justru bisa menggunakan selimut atau kain bekas. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu bayi ekstra untuk pembersihan yang cepat dan mudah.Alat bersih-bersih ini bisa disimpan di sekitar meja dan kursi makan ya Moms. Lengkap dengan sebotol semprotan pembersih tambahan juga bisa membantu.

 

Sumber

parents.com/ Everything You Need When Your Baby Starts Solid Foods

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie