Kenali Waktu yang Tepat untuk Gunakan High Chair Baby

Doodle.co.id – High chair baby adalah salah satu jenis kursi yang diperuntukan untuk bayi, dan memiliki desain kaki kursi yang panjang dan tinggi. Meski setiap bayi berbeda, namun orang tua umumnya berharap bayi dapat duduk di kursinya sendiri untuk makan sekitar 4 hingga 6 bulan.

high baby chair
high baby chair / Image Mart Production

Para orang tua berharap akan pencapaian tersebut dikarenakan mereka ingin bebas saat sedang di dapur dan di meja makan. High baby chair ini juga bisa membuat bayi tetap ikut makan bersama keluarga di meja makan. Selain itu, adanya kursi bayi ini dapat memberikan maanfat untuk perkembangan sosialnya. Sebelum memutuskan kapan waktu yang tepat untuk bayi menggunakan high chair, ada baiknya Moms mencari beberapa tonggak perkembangan penting Si Kecil.

Bayi dapat duduk di kursi tinggi saat ia sudah bisa duduk tegak tanpa dukungan, dan sudah siap untuk duduk di high chair sesuai perkembangannya. Bayi harus terlihat stabil dan memiliki kontrol yang baik saat duduk, tentunya dengan hanya sedikit anggukan, serta mampu mengangkat kepalanya.

Apabila Moms belum berani untuk menggunakan high chair baby, bisa menggunakan kursi makan yang dapat direbahkan. Moms bisa gunakan yang lebih tinggi saat bayi benar-benar siap menggunakannya. Dengan catatan, tidak memberi makan bayi dalam posisi berbaring, ini menimbulkan kemungkinan tersedak.

Memulai dengan High Baby Chair

Biasakan bayi duduk di high baby chair

Usai bayi merasa siap dan bisa duduk tegak tanpa bantuan, Moms bisa membiasakan Si Kecil untuk duduk dengan kursi tinggi bayi. Letakkan piring, cangkir, dan sendok bayi untuk dimainkan, dan bersiap untuk memulainya dengan makanan yang lebih padat.

Posisikan kursi makan bayi dengan aman agar ia tidak menendang meja dengan kakinya, tidak meraih apapun di atas meja, dan agar ia dapat menjadi bagian dari interaksi sosial saat makan.

Pilihlah kursi bayi yang mudah dibersihkan, memiliki daya tahan setidaknya dua tahun, dan memiliki fitur pengaman. Pastikan kursi bayi kokoh dan tidak mudah terjungkal. High chair baby dengan tali pengaman adalah pilihan terbaik untuk Moms. Pertimbangkan opsi ini sebelum membeli kursi bayi yang sesuai.

Sesuaikan ukuran kursi bayi

Selain itu, pilihlah kursi yang memiliki ukuran sesuai untuk ruangan Moms. Pertimbangkan kursi yang bisa dibawa kemana-mana bahkan saat travelling. Kursi yang dapat dilipat bisa memudahkan Moms saat membawanya keluar rumah, ini juga membantu untuk bayi bisa duduk sendiri.

Kursi beroda memang nyaman, namun keamanannya perlu dipertimbangkan. Roda harus terkunci kuat saat kursi tinggi digunakan. Kursi yang memiliki fitur seperti baki dan dapat dilepas-pasang serta penyesuaian ketinggian tempat duduk dapat menjadi pilihan Moms.

Tips Keamanan Kursi Makan Bayi

Bagi Moms yang sudah memutuskan untuk membeli high baby chair, ada baiknya untuk selalu memperhatikan keselamatan bayi seperti berikut.

  • Pastikan tali pengaman bayi selalu terpasang dengan baik saat bayi duduk.
  • Sebelum digunakan, luangkan waktu sejenak untuk melihat ke kursi dan memastikan semuanya aman.
  • Pastikan tidak ada kerusakan pada kursi tinggi, dan fitur-fitur kursi berada pada tempatnya.
  • Apabila kursi tinggi dapat dilipat, mekanisme penguncian harus terpasang dengan aman sebelum digunakan.
  • Pastikan kursi makan bayi kokoh, stabil, dan tidak mudah terbalik.
  • Jagalah kursi bayi agar selalu di dekat anda sehingga selalu berada dalam pengawasan Moms.
  • Jangan biarkan anak-anak bermain menggunakan kursi bayi tersebut.
  • Ketahui dengan benar mekanisme dan cara melipat kursi makan bayi, mekanisme penguncian, dan mengencangkan tali pengaman dengan benar serta lepaskan baki setelah selesai makan.

 

Sumber

https://www.parents.com/when-can-a-baby-sit-in-a-high-chair-8410497

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie