Kapan Bayi Boleh Duduk? Simak Tanda-tandanya Moms

Doodle.co.id – Moms yang menjadi orang tua baru pasti bertanya-tanya kapan bayi boleh duduk? Sebagai informasi, bayi duduk secara mandiri merupakan sebuah keterampilan yang banyak dikuasai bayi sekitar usia 7-9 bulan. Namun, Moms bisa menyesuaikan bayi untuk duduk atau berlungguh sejak usia 6 bulan dengan sedikit bantuan untuk menyesuaikan posisinya. Memang, duduk menjadi hal yang menyenangkan bagi bayi lantaran membuka dunia eksplorasinya yang benar-benar baru. Selain itu, posisi ini juga memudahkan bayi saat makan.

kapan bayi boleh duduk
Kapan bayi boleh duduk / Image Iurii Laimin

Menurut terapis fisik anak Rebecca Talmud, DPT, posisi duduk bayi yang dilakukan terlalu dini atau dalam jangka waktu lama justru bisa mempengaruhi perkembangan keterampilannya. Namun jika ia tak melatih batang tubuh dan kontrol kepala yang tepat, akan mempengaruhi perkembangannya saat mencoba mempraktikannya sendiri. Daripada Moms memaksakannya untuk berlungguh saat usia 3 bulan, pertimbangkan untuk menunggu hingga bayi memasuki usia 6-8 bulan. Untuk mengetahui kapan bayi boleh duduk, simak tanda-tanda berikut.

Kapan Bayi Boleh Duduk

  • Kontrol kepala yang baik akan memungkinkah bayi untuk siap belrungguh. Gerakan tubuh lainnya juga menjadi lebih terarah.
  • Bayi Akan mendorong dirinya ke atas saat berbaring telungkup hingga belajar berguling.
  • Mulai memposisikan dirinya tegak. Namun, Moms harus tetap menopang Si Kecil agar tal terjatuh.
  • Mendekati usia 7-9 tahun, bayi mendekati tahap berlungguh mandiri biasanya sudah bisa berguling ke dua arah. Bahkan, beberapa bayi bisa bergerak maju mundur dan bersiap merangkak.
  • Tanda lainnya yakni bayi bereksperimen mendorong diri ke posisi tripod. Posisi ini menunjukkan bayi duduk dan ditopang oleh satu atau dua tangannya di lantai.
  • Bayi akan berusaha mendorong dirinya untuk berlungguh. Dengan latihan yang cukup, memungkinkan ia mendapat kekuatan dan kepercayaan diri hingga bisa berada di posisi itu secara profesional dalam waktu singkat.

Cara Membantu Bayi Belajar Duduk

Moms bisa mencoba banyak latihan agar ia terbiasa untuk belajar berlungguh.
Biarkan ia bereksperimen dan mengeksplor berbagai pendekatan serta gerakan tubuhnya sendiri.
Perbanyak waktu di lantai, ini mampu menumbuhkan kemandirian Si Kecil.
Usahakan untuk bermain di lantai dengan mainan yang sesuai dengan usianya sekitar 2-3 kali.
Bantu dudukkan bayi di pangkuan Moms atau bisa posisikan ia di antara kedua kaki Moms di lantai. Sembari melakukannya, Moms bisa membaca buku, bernyanyi atau bermain gerakan di atas selimut.
Saat bayi sudah bisa berlungguh sendiri, letakkan bantal di sekelilingnya daan awasi saat bayi berlatih di lantai. Hindari permukaan yang tinggi Moms.

Hubungan Tummy Time dengan Duduk

Waktu terpenting untuk dudu adalah saat bayi mulai tengkurap. Jika Si Kecil tidak suka tengkurap, Moms bisa membiasakannya beberapa menit dalam beberapa kali sehari. Selain itu, Moms bisa meletakkan cermin di lantai agar bayi bisa melihat wajahnya sendiri. Jika sudah terbiasa, Moms bisa menambah durasi dalam setiap sesi latihannya. Moms juga bisa menggunakan alat bantu bayi seperti bumbo seat. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan menggunakan bumbo seat dengan benar ya Moms.

Jika Bayi Tak Kunjung Duduk di Usia 9 Bulan

Apabila Moms mendapati bayi tidak kunjung duduk sendiri di usia 9 bulan, ini merupakan hal yang perlu diwaspadai. Periksakan bayi ke dokter anak, tentu ada baiknya jika Moms memberikan tindakan lebih cepat. Meski tumbuh kembang bayi bervariasi, namun belum duduk di usia 9 bulan mungkin menjadi tanda keterlambatan keterampilan motorik kasar bayi. Berikut kemungkinan tanda-tanda keterlambatan motorik lainnya.

  • Otot bayi yang kaku atau tegang
  • Gerakan terkulai
  • Bayi meraih hanya menggunakan satu tangan
  • Kontrol kepala yang kurang kuat
  • Bayi enggan meraih atau membawa benda ke mulut

Jika hal-hal tersebut di atas terjadi pada Si Kecil, ada baiknya periksakan ke dokter karena mungkin bayi Moms mengalami keterlambatan motorik dan membutuhkan bantuan. Dokter biasanya akan merujuk ke layanan untuk bayi dan anak seperti program intervensi dini publik.

 

Sumber
healthline.com/health/parenting/when-can-babies-sit-up#next-steps

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie