Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

Hidup di era yang serba teknologi ini tentunya kita sebagai kaum wanita dan ibu rumah tangga sangat terbantu dengan adanya macam-macam alat elektronik, selain bagus juga memudahkan pekerjaan kita, misalnya kulkas. Kulkas merupakan alat elektronik yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesegaran makanan, sayur dan buah. Bayangkan saja moms ketika belum ada kulkas, kita tidak bisa menyetok bahan makanan di rumah, setiap hari harus ke pasar agar sayuran yang kita dapat segar. Mungkin bagi ibu rumah tangga tidak terlalu repot, tinggal mengatur waktu saja tapi bagi ibu pekerja, ini menjadi lebih menyita waktu ya moms… dengan kulkas kita dapat menyimpan dan mengawetkan bahan makanan, bahkan ASI agar lebih bisa tahan lama. Tapi tunggu dulu moms, tidak semua bahan makanan bisa kita simpan di kulkas. Ada beberapa bahan makanan jika kita menyimpanya terlalu lama di kulkas malah membuat bau busuk yang menular ke bahan makanan lainnya sehingga semua pun ikut membusuk.

Buat kalian para ibu muda dan calon ibu muda yang memang kurang paham dengan pengaturan penyimpanan bahan makanan di kulkas, sebaiknya simak nih tips cara menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama berikut ini.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

  1. Sebaiknya buah tidak perlu dicuci dulu sebelum dimasukan kulkas
  • Mencuci buah sebelum dimasukan ke kulkas akan mempercepat pembusukan yang terjadi sehingga hindari mencuci buah sebelum masuk kulkas
  • Berikan perasan lemon pada buah potong yang ingin disimpan di kulkas. Perasan lemon ini bermanfaat untuk menghambat oksidasi buah yang membuat buah berwarna coklat dan tidak segar. Sebelum dimasukan kulkas, tutup wadah buah dengan wrap yang kencang agar udara tidak masuk ke dalam.
  • Jangka waktu penyimpanan yang baik adalah jika buah segar 1 – 2 minggu, sedangkan buah potong 3 – 4 hari.
  • Ada beberapa buah yang sebaiknya disimpan pada suhu kamar karena jika masuk kulkas malah cepat membusuk, buah tersebut alpukat, melon, jeruk, dan pisang
  • Khusus untuk buah apel, berikan ruang sendiri dalam penyimpanannya, jangan dicampur dengan buah atau sayuran lainnya. Ini disebabkan apel bisa mengeluarkan gas tertentu yang bisa membuatbuah ataupun sayur lain yang ada didekatnya cepat membusuk. Masukan apel dalam plastik, kasih lubang lubang kecil barulah masukan dalam kulkas pendingin.
  • Pisahkan penyimpanan tomat dan mentimun karena gas dalam tomat akan membuat mentimun cepat busuk. Lapisi plastik dengan kertas sebelum dimasukan ke kulkas.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

  1. Nyimpen sayur baiknya dicuci dulu ya moms
  • Berbeda dengan buah, sayur memerlukan kelembaban yang tinggi saat masuk kulkas, jadi sebaiknya sebelum dimasukan, sayur dicuci dulu. Ini berguna untuk mencegah bakteri berkembang. Setelah dicuci, tunggu sampai kering dulu baru masukan dalam plastik yang berlubang. Barulah tata rapi di kulkas.
  • Nah khusus sayur yang mengandung jamur, sebaiknya dibungkus dengan kertas karena mudah berkeringat dan menimbulkan bau tak sedap. Moms bisa melapisi plastik dengan kertas untuk menyerap keringat jamur, baru masukan kulkas.
  • Sayur hendaknya ditaruh pada kolong paling bawah, hindarkan dari bawang merah, bawang putih dan buah yang mengandung gas untuk mencegah sayur cepat menguning.
  • Sayuran yang baik dapat bertahan di kulkas selama 2 – 3 hari.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

  1. Simpan telur dengan ujung runcing dibawah

Sebelum menyimpan telur dalam kulkas, cuci bersih dulu telur, lap sampai kering barulah masukan dalam kulkas. Cara menaruhnya, ujung yang runcing dibagian bawah. Cara ini dimaksudkan agar kantung udara yang berada diatas tidak tertekan oleh berat telur, telur tidak cepat busuk.moms bisa menyimpan telur dalam kulkas selama 3 – 5 minggu.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

  1. Simpan daging, ayam, ikan dalam pembungkusnya

Jika moms belanja daging atau sejenisnya yang berbau amis tapi tidak langsung diolah, moms bisa menyimpannya langsung di freezer tanpa harus mengganti wadahnya. Tapi jika moms belinya tanpa pembungkus, sebaiknya cuci dulu daging baru masukan dalam wadah dengan penutup rapat dan bisa dimasukan ke freezer. Hal ini agar bakteri tidak masuk dalam daging yang menyebabkan daging cepat busuk. Ingat moms, jauhkan dari buah dan sayur lainnya ya, agar air daging tidak menetesi bahan lainnya.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

  1. Cara benar menyimpan susu dan minuman kemasan
  • Jika moms membeli susu dalam bentuk kemasan karton, sebaiknya ganti pembungkus dengan botol plastik karena pertumbuhan bakteri pada karton lebih cepat dari pada pada botol plastik. Selain itu, susu karton hanya bisa dikonsumsi dalam waktu 7 – 10 hari setelah dibuka. Sedangkan susu botol lebih lama.
  • Taruhlah minuman kemasan, yogurt, krim, keju pada pembungkus aslinya jika belum terbuka, tapi jika sudah terbuka sebaiknya dipindahkan ke pembungkus plastik lainnya atau botol jika bentuk cair. Ini untuk membuat bertahan lebih lama di kulkas.
  • Moms penggemar keju? Jangan biarkan keju moms membusuk jika salah penyimpanan. Bungkuslah sisa keju yang digunakan dengan aluminium foil agar tidak menjamur. Keju keras bisa bertahan 3 – 4 minggu sedangkan keju lunak hanya bisa bertahan selama 1 minggu setelah dibuka.

  1. Untuk menyimpan berbagai jenis kacang-kacangan, masukan dalam wadah tertentu dan tutup rapat-rapat untuk mencegah kacang bertumbuh.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

  1. Berikan tempat sendiri untuk bahan makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang. Selain menyengat bawang – bawangan memiliki gas yang bisa mempercepat pembusukan bahan lain. Sebelum dimasukan dalam kulkas sebaiknya cuci terlebih dahulu. Jika daun bawang, biarkan akarnya karena ini bisa membuatnya bertahan lebih lama.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

  1. Jika ada sisa makanan, simpanlah dalam wadah sendiri yang kedap udara dan tahan bocor. Ingat moms, jangan terlalu lama menyimpan sisa makanan yang sudah dimasak dalam kulkas, karena jika sudah membusuk bisa membuat aroma tidak sedap di dalam kulkas. Sisa makanan jadi ini bisa bertahan di kulkas 3 – 4 hari.

  1. Jika moms ingin menyimpan bumbu rempah alami di kulkas, prosesnya sama dengan sayur. Cuci dulu keringkan dan masukan dalam plastik berlubang. Bahan ini bisa dicampur dengan tempat sayuran.

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

  1. Berilah irisan kentang untuk menyerap bau busuk dari bahan makanan yang ada di kulkas

Kentang pada dasarnya tidak cocok disimpan dalam kulkas karena zat tepung akan berubah menjadi zat gula dan mudah tumbuh kecambah, jika terjadi lebih baik segera dibuang. Tapi kentang memiliki manfaat untuk menyerap bau busuk dari bahan makanan matang. Caranya, iris kentang, masukan disela-sela bahan makanan. Ganti tiap 3 hari sekali.

Jika moms saat ini lagi sibuk kerja atau sibuk ngurus baby, bisalah luangkan sebentar waktu moms untuk membenahi cara menyimpan makanan di kulkas seperti yang sudah kita berikan. Dijamin bermanfaat moms. Jika kita sudah paham cara menyimpan makanan di kulkas yang benar, terjamin kan moms makanan kita? tidak ada lagi bau busuk di kulkas, kebersihan terjaga, kesehatan keluargapun aman. Selain itu, jika penyimpanan sudah benar, kita membersihkan kulkasnya pun mudah moms. jangan lupa selalu rutin bersihkan kulkas ya moms… Jadilah ibu muda bijak dan kreatif moms…