Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Doodle.co.id – Masalah hidung tersumbat pada bayi sering membuat si kecil rewel hingga membuat orangtua cemas. Jika Moms memahami cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, tentu Moms bisa membuat Si Kecil tidak lagi rewel. Masalah hidung tersumbat pada bayi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus seperti flu biasa, alergi atau udara kering. Kondisi ini tentu saja mengganggu bayi lantaran tak nyaman hingga membuatnya rewel. Ditambah dengan dirinya yang masih kecil belum bisa membersihkan lendir yang menyumbat hidung sendiri.

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi
Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi / Image Laura Garcia

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

1. Gunakan Saline Nasal Spray

Michael Rothschild, MD, direktur THT pediatrik di Rumah Sakit Mt. Sinai, di New York City, mengungkapkan menggunakan semprotan hidung saline bisa membersihkan hidung bayi baru lahir dengan lembut memakai larutan garam dan alat suntik. Larutan garam ini merupakan satu-satunya obat semprot hidung yang aman digunakan untuk bayi dan balita.

Cara menggunakan saline nasal spray

  • Baringkan bayi telentang dan, jika memungkinkan, miringkan kepalanya sedikit ke belakang (namun, jangan dipaksakan).
  • Semprotkan dua hingga tiga tetes semprotan garam ke setiap lubang hidung. (Jangan khawatir jika bayi Anda bersin, sebagian masih masuk ke saluran hidung; jika ada semprotan yang keluar dari hidung, bersihkan dengan lembut menggunakan tisu.)
  • Setelah semprotan garam masuk ke hidung bayi Anda, gunakan bulb spuit (juga disebut aspirator hidung) untuk membersihkan lendir. (Pilihlah aspirator yang dibuat khusus untuk lubang hidung kecil mereka; ujungnya harus membulat dan berbentuk biji pohon ek, kata Dr. Rothschild.)
  • Peras bola lampu untuk mengeluarkan semua udaranya, dan sambil tetap meremasnya, masukkan perlahan ujungnya ke dalam lubang hidung bayi Anda (pastikan tidak menempelkannya terlalu jauh ke atas).
  • Lepaskan tekanan, keluarkan, dan peras lendir dari umbi ke tisu.
  • Ulangi pada lubang hidung yang lain untuk membersihkan lendir dan mengurangi rasa tersumbat.

2. Pakai humidifier

Perlu diketahui Moms, udara kering bisa memperparah kondisi hidung tersumbat. Menggunakan humidifier di kamar bayi bisa meredakan udara kering juga mencegah pengap. Moms juga harus memastikan untuk menjaga humidifier tetap bersih demi menghindari munculnya bakteri mautupn jamur.

3. Uap kamar mandi

Cara berikutnya adalah mandi air panas secara beberapa menit. Setelah kamar mandi sudah nyaman dan mulai beruap, Moms bisa duduk sebentar dengan bayi yang sedang mengalami hidung tersumbat di kamar mandi. Kondisi udara yang lembab dan hangat tersebut akan membantu untuk mengencerkan lendir yang menyumbat hidung bayi.

4. Tambah hidrasi dan istirahat

Kondisi hidung tersumbat bisa membuat bayi sulit tidur. Padahal seringkali bayi butuh lebih banyak tidursaat sedang sakit. Moms tak boleh mengabaikan jadwal tidur yang menenangkan kala si kecil sedang mengalami hidung tersumbat. Moms juga harus memastikan bahwa bayi mendapatkan ASI yang cukup dan suus formula. Hal ini supaya bayi tetap terhidrasi dan bisa membantu mengurangi rasa tersumbat yang dialami bayi. Moms kjuga perlu memperhatikan bahwa bayi dalam posisi tegak selama sedang menyusu untuk mengurangi sumbatan.

Kondisi hidung tersumbat pada bayi ini biasanya tak perlu dikhawatirkan lo Moms. Tapi Moms bisa menghubungi dokter apabila sumbatan tidak teratasi dalam empat atau lima hari juga termasuk saat bayi mengalami sulit nafas, anak mengeluarkan suara mengi, demam, dan sulit makan.

 

Sumber

parents.com/ baby/care/american-baby-how-tos/how-to-clear-babys-nose/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie