Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak yang Efektif

cara mengatasi kecanduan gadget pada anak

Zaman sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan gadget? Pastinya moms sudah sangat familiar dengan barang yang stu ini. Gadget merupakan alat elektronik yang biasa digunakan sebagai alat komunikasi ini memang sudah menjadi raja terlebih di Indonesia. Mungkin yang moms ketahui gadget itu hanyalah sebuah barang elektronik yang kecil seperti handphone, moms salah besar. Yang namanya gadget itu tidak terbatas pada handphne saja tetapi termasuk juga tablet, MP3 Player, dan TV.

Mungkin dulu, perkembangan gadget belum semarak  seperti sekarang ini, dulu gadget keluar dengan desain yang sederhana dan hanya orang yang memiliki uang lebih saja yang bisa memilikinya. Sekarang ini gadget sudah berkembang sangat pesat dengan desain dan fitur yang sangat beraneka ragam. Harganya pun juga variasi dan yang paling booming, semua kalangan sudah bisa menikmatinya. Ya, tidak hanya orang dewasa saja tetapi sudah mewabah ke kalangan anak-anak.

Tentunya moms, di era canggihnya teknologi semua anak akan beralih ke gadget bukan lagi mainan tradisional yang seru dan menyenangkan. Memang, tidak dipungkiri kehadiran gadget memiliki beragam manfaat dan memudahkan orang untuk berkomunikasi dan beraktivitas. Dengan gadget, anak bisa belajar tentang semua hal yang ingin dia pelajari, seribu stok game pun bisa dimainkan melalui gadget bahkan seperti transportasi sekarang juga sudah bisa diakses melalui gadget. Sudah seperti robot pembantu manusia kan moms?

Disamping membawa manfaat, gadget juga menyebabkan dampak buruk moms. Sejak pengenalan Gadget ke anak, pasti anak akan lebih tertarik dan ini memudahkan moms dalam menjaga anak. Salah satu dampak buruknya untuk anak adalah sikap anak yang tidak bisa dikontrol dan menjadi dewasa sebelum waktunya. Ya bagaimana tidak, kalau saat anak bermain atau meningkatkan pengetahuannya melalui gadget tidak dengan pendampingan yang baik dari orangtua, malah cenderung dibebaskan. Sehingga tidak ada kontrol tontonan atau game yang dia lakukan. Selain berpengaruh terhadap sikapnya, intensitas yang terlalu sering bermain dengan gadget juga menyebabkan anak menjadi kecanduang gadget, dampaknya sangat buruk untuk perkembangan mental, sosial dan juga diri anak.

Kasus anak yang mengalami kecanduang gadget ini meningkat dari tahun ke tahun. Ini terjadi karena kurangnya kesadaran orangtua dalam membimbing anaknya dalam penggunaan gadget hasilnya anak menjadi bersikap apatis, kurang suka untuk bergaul dengan teman sebayanya dan dampak terbutuk bisa membuat anak autis. Lebih jauh, berikut ini kami berikan gambaran tentang akibat kecanduan gadget pada anak :

  1. Tumbuh kembang anak lambat

Saat anak bermain gadget otmatis gerakan fisik yang dilakukan anak terbatas sehingga anak cenderung menjadi pasif dan tumbuhnya lambat. Selain itu, juga berpengaruh pada kemampuan literasi dan kecerdasan anak.

  1. Pertumbuhan tak terganggu

Salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan otak anak adalah lingkungan. Jika anak sudah dikenalkan gadget sejak dini tanpa ada pendampingan, sinar dari pancaran gadget ini akan mempengaruhi pertumbuhan otak anak sehingga anak cenderung memiliki sifat impulsif, tantrum, kemandirian anak menurun.

  1. Kurang tidur

Seringnya bermain gadget yang lama bisa membuat anak sulit tidur sehingga kebutuhan istirahat atau tidur anak kurang. Ini akan berdampak pada kesehatan anak.

  1. Kelainan mental

Siapa sangka dengan kecanduang gagdet anak bisa memiliki kelainan mental? Anak yang sering kena radiasi sinar gadget miningkatkan resiko kena depresi, gangguan kecemasan, autis, kelainan bipolar.

  1. Obesitas

Sedikitnya ruang gerak anak saat main game dengan gadget menyebabkan makanan tidak dicerna oleh tubuh dengan baik sehingga meningkatkan resiko obesitas. Anak yang obesitas sangat mudah kena resiko diabetes, jantung, dan darah tinggi.

Bagaimana moms? masih mau memberikan gadget ke anak tanpa ada pengawasan dan kontrol hanya dengan dalih biar anak tidak rewel? Jika anak sudah menunjukan gejala gejala kecanduan gadget, moms harus segera melakukan penanganan agar anak tidak terus-terusan dengan gadgetnya. Sebelum mengetahui cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, yuk moms simak dulu beberapa tanda anak sudah mulai kecanduan gadget berikut ini.

  1. Enggan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi, tidur, makan
  2. Dimana-mana hanya bermain gadget terus
  3. Sosialisasi dengan teman-teman kurang, lebih tertarik untuk bermain gadget
  4. Suka membantah jika disuruh
  5. Tidak suka untuk beraktivitas di luar rumah, seperti olah raga, makan bersama
  6. Cenderung menyendiri dan diam tidak banyak bicara
  7. Jika gadget diminta atau disembunyikan, akan berlaku agresif dan melukai

Agar anak tidak menjadi kecanduan terhadap gadget, moms perlu melakukan antisipasinya. Berikut cara mengatasi kecanduan gadget pada anak yang perlu moms ketahui

  1. Alihkan anak dengan permainan yang menarik

Salah satu faktor pemberian gadget pada anak adalah tidak ada mainan lain atau anak sudah bosan dengan mainan yang biasa dia mainkan tiap hari. Moms bisa memberikan mainan lain yang lebih menarik untuk anak, misalnya lego, monopoli, robot-robotan, sepaket barby.

  1. Jadwal dan kurangi jam bermain gadget

Berikan jadwal anak bermain gadget. Bisanya sehari full, ubahlah menjadi 3x dalam sehari dengan waktu hanya beberapa jam saja. Pastikan jadwal itu bukan saat jadwal dia istirahat tidur, belajar dan makan. Kurangi secara bertahap. Agar anak menurut, moms bisa lakukan dengan sistem reward point. Jika hari ini berhasil kasih 1 point, jika gagal kurangi point, dan saat point sudah terkumpul sesuai perjanjian, berikan dia hadiah.

  1. Ajak anak untuk lebih beraktivitas di luar rumah

Mengajak anak untuk beraktifitas diluar ruangan juga sangat efektif untuk mengalihkan anak bermain gadget. Moms bisa mengajak anak untuk bermain sepak bola atau rumah-rumahan dengan teman sebayanya. Moms juga bisa mengikutkan anak ekstrakulikuler sesuai dengan bakat dan minat anak.

  1. Sempatkan untuk waktu intens dengan anak dan keluarga

Selalu berikan waktu luang sekitar 2-3 jam bersama keluarga setiap harinya untuk bertukar pikiran, bermain dan makan bersama. Buat aturan saat bersama tidak boleh menggunakan gadget kecuali untuk urusan penting. Ini akan meningkatkan ikatan batin dengan keluarga dan keakraban dengan keluarga.

Memberikan gadget pada anak tidak masalah, yang penting jangan langsung dibiarkan begitu saja karena anak cenderung belum bisa berfikir dengan konkrit mana yang baik dan buruk. Moms perlu mengawasi anak saat bermain gadget, atau moms bisa memberikan langsung mainan yang ada digadget yang memang itu baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Moms bisa juga langsung mensortir acara tv atau video youtube yang dibutuhkan anak. Ingat moms, lebih baik jika masih kecil biarkan dulu anak tidak mengerti apa itu gadget, latih dia dengan membaca dan lainnya. Baru saat dia sudah lebih dewasa dan mengerti moms bisa berikan pemahaman tentang gadget.