Bolehkah Bayi Mandi di Siang Hari? Simak Penjelasan Berikut

Doodle.co.id – Untuk orangtua baru mungkin masih bertanya-tanya soal bolehkah bayi mandi di siang hari? Untuk menjaga kebersihan bayi, Moms bisa memandikan si kecil 2-3 kali seminggu. Akan tetapi, tak sedikit yang memandikan bayi satu kali sehari. Mandi lebih dari ini bisa membuat kulit bayi kering ya Moms.
Memandikan bayi ini bisa dilakukan kapan saja, entah itu pagi, siang, sore ataupun malam di sepanjang hari itu. Mandi bisa membuat bayi rileks. Hal ini bisa Moms manfaatkan untuk memandikan bayi dimalam hari sebagai cara menenangkan si kecil. Perlu diketahui, beberaoa bayi tidur lebih lama usai mandi malam. Namun, baiknya Moms bisa memilih waktu santai agar tidak mengganggu. Baiknya untuk tidak memandikan si kecil saat lapar atau baru saja selesai menyusu.

bolehkah bayi mandi di siang hari
Bayi mandi di siang hari / Image Sidhesh gavali

Tips Memandikan Bayi

Memandikan bayi ini bisa Moms lakukan di bak mandi bayi. Hingga Moms bisa mulai memandikan si kecil di pemandian besar saat dirinya sudah mulai agak besar atau ketika si bayi tak muat di bak mandi bayi. Saat memandikan bayi, jauhkan wajah bayi dari air yang dituangkan. Moms juga bisa pastikan air tidak terlalu panas.

Moms bisa menyiapkan pemandian bayi yang aman. Mulai dari menyiapkan handuk, waslap, mainan mandi, pembersih dan sampo bayi yang lembut , pakaian bersih, dan popok bersih. Kemudian, Moms bisa siapkan lotion mandi ataupun sampo. Ingat juga untuk jauhkan peralatan listrik dari luar jangkauan si kecil ya Moms. Cek juga suhu air sebelum Moms memasukkan bayi ke bak mandi bayi, agar air tidak terlalu dingin atau terlampau panas. Uji suhu dengan termometer atau pergelangan tangan atau sikusebelum juga alirkan air dingin lewat keran sebelum mematikannya.

Moms bisa menjaga kebersihan bayi di sela waktu mandi dengan membersihkan seperti area mata dan wajah. Lalu area tangan dan dasar lain. Untuk membersihkan mata dan wajahnya, Moms bisa memakai kapas atau waslap lembut dan air hangat. Sementara untuk membersihkan tangan, pantat, dan alat kelamin bayi, Moms bisa menggunakan kapas segar atau kain lap lain dan air hangat. Pakai pembersih bayi yang lembut apabila diperlukan. Jika sudah selesai, bisa buang air di bak mandi bayi setelah digunakan.

Setelah itu Moms bisa mengeringkan dan taruh bari di atas handuk yang sudah diletakkan di lantai jika hal tersebut memungkinkan ya Moms. Penempatan di lantai ini lebih aman ketimbang di meja ganti. Moms bisa meletakkan bayi di tempat aman seperti dipan usai bayi kering dan sudah memakai pakaian.

Cara memandikan bayi

  1. Siapkan keset dan letakkan keset anti selip di lantai kamar mandi dan satu lagi di kamar mandi.
  2. Kemudian Moms bisa isi bak mandi dengan air hangat secukupnya untuk memandikan bayi. Bagi bayi yang sudah bisa duduk, makam Moms bisa isi bak mandi hingga sepusar bayi.
  3. Letakkan si kecil perlahan-perlahan ke bak mandi dan selalu jaga tangan bayi ya Moms.
  4. Apabila Moms memandikan bayi di bak mandi besar makam berlututlah atau duduklah di bangku rendah untuk menghindari punggung sakit.
  5. Selanjutnya, gunakan waslap lembut dan air guna membersihkan wajah bayi dengan lembut. lalu gunakan waslap bersih dan tambahkan pembersih bayi yang ringan apabila diperlukan untuk membersihkan leher dan badan bayi ya Moms. Kemudian lanjut ke alat kelamin dan pantatnya sampai terakhir.
  6. Cuci rambut bayi sekali atau dua kali seminggu. Kegiatan ini baiknya dilakukan usai seluruh tubuh bayi dibasuh supaya kepala bayi tidak kedinginan. Saat memandikan bayi di bak mandi, percikkan air dengan lembut ke kepala si kecil lalu seka kepala dengan kain lap bersih. Sampo bisa digunakan hanya saat si kecil mempunyai rambut lebih banyak, rambut tampak berminyak, maupun lebih aktif.
  7. Terakhir angkat bayi perlahan keluar dari bak mandi. Kemdian bungkus bayi dengan handuk kering yang lembut supaya badannya tetap hangat.

Sebagai catatan hindari sabun dan mandi busa, dan minimalkan memakai sampo lantaran bisa membuat kulit iritasi dan bisa menimbulkan ruam popok.

Perawatan Kulit Bayi

Gunakan Sabun Khusus Bayi

Memandikan bayi memang menjadi salah satu bagian dari merawat kulit bayi. setiap hari. Untuk merawat kulit bayi, Moms bisa memandikan Si Kecil menggunakan sabun bayi seperti Doodle Baby Gentle Wash (The Sibin: a duck methode). Sabun yang diformulasikan khusus untuk bayi ini dapatdigunakan untuk mandi dengan atau tanpa air Moms. Sehingga dapat dipakai saat bayi sedang sakit dan usia new born. Doodle Baby Gentle Wash ini tanpa busa dan mudah dibilas, sangat lembut di kulit. Selain itu, kandungan milk extract yang ada dalam sabun berfungsi melembutkan dan melembabkan kulit bayi. Memiliki wangi khas Doodle yakni sweet grean tea yang menyegarkan, membuat sesi mandi menjadi lebih menyenangkan.

Aplikasikan Lotion Setelah Selesai Mandi

Setelah mandi, jangan lupa oleskan lotion khusus bayi agar kulit Si Kecil tetap lembut dan terjaga kelembapannya. Gunakan Doodle Baby Lotion setiap setelah mandi agar kulit bayi tidak kering. Doodle Baby Lotion ini membantu menjaga nutrisi dan membantu menjaga kelembapan kulit di wajah dan tubuh bayi. Dengan kemasan 60 ml, Moms bisa langsung mengaplikasikan Doole Baby Lotion ke area wajah dan tubuh Si Kecil, Simple Work Well ya Moms.

 

 

Sumber

raisingchildren.net.au/ babies/health-daily-care/hygiene-keeping-clean/baby-bath-time#:~:text=You%20can%20bath%20your%20baby%20at%20any%20time%20of%20the,your%20baby%20in%20the%20evening.

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie