Bayi Mandi Air Dingin, Amankah? Simak Penjelasan Berikut

Doodle.co.id – Bayi mandi air dingin ternyata memberikan beragam manfaat. Meski umumnya para Moms memandikan Si Kecil dengan air hangat karena takut masuk angin atau pilek, ternyata tidak ada larangan untuk mandi air dingin loh. Seperti dikatakan dr Atilla Dewanti, SpA dari Brawijaya Women and Children Hospital. idealnya bayi dapat dikenalkan mandi dengan air dingin sejak memasuki usia enam bulan secara perlahan. Di usia tersebut, fisik bayi dinilai sudah sempurna dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

bayi mandi air dingin
Tips bayi mandi air dingin / Image Giáp Đình Trọng Hiếu

Amankah Bayi Mandi Air Dingin?

Selain itu, tidak semua bayi boleh mandi menggunakan air dingin, bayi yang memasuki usia 2 bulan diperbolehkan memakai air dingin tetapi harus memenuhi beberapa syarat. Yaitu bayi harus dalam kondisi normal dan tidak memiliki suatu komplikasi, selanjutnya, berat badan bayi harus 2,5 kg dengan keadaan sehat. Bayi dalam kondisi prematur juga tidak disarankan untuk mandi air dingin di usia dua bulan. Hal ini dikarenakan kulit bayi prematur lebih tipis dan sensitif, sehingga untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar ia membutuhkan waktu yang lebih lama. Memandikan bayi prematur dengan air dingin tidak diperbolehkan karena dikhawatirkan akan mengalami kedinginan atau hipotermia. Hipotermia ini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bahkan, dalam kasus ekstrem akibat suhu yang terlalu dingin membuat bayi lupa bernafas hingga menghambat saluran pernafasannya.

Manfaat Mandi Air dingin

Mandi menggunakan air dingin ternyata memiliki beragam manfaat untuk tubuh bayi seperti melancarkan sirkulasi darah, menguatkan kekebalan tubuh, mempercepat pemulihan nyeri otot dan menghaluskan kulit dan rambut bayi. Tidak hanya itu, menurut penelitian, mandi air dingin bisa membantu peningkatan jumlah sel darah putih dan membantu peningkatan kemampuan tubuh melawan suatu penyakit. Hal itu lebih baik dibandingkan menggunakan air hangat.

Alexa Fleckenstein, M.D memaparkan, mandi air dingin menjadi tradisi masyarakat Eropa untuk pengobatan alami. Hal itu dilakukan agar anak-anak di Eropa menjadi anak yang kuat.

Alexa menyebutkan bahwa ia kerap memandikan putranya dengan air dingin saat berumur empat bulan. Ia bahkan mencelupkan badan sang anak ke dalam air. Meski sang anak selalu menarik nafas dalam-dalam saat mandi, namun ia tak pernah menangis bahkan kini sang anak tumbuh menjadi pria yang sehat dan kuat.

Tips Memandikan dengan Air Dingin

Memandikan bayi menggunakan air dingin memang tidak menjadi masalah, namun Moms perlu memandikannya dengan cara-cara yang benar. Berikut ini beberapa tips untuk memandikan bayi dengan air dingin yang aman.

  • Pastikan bayi Moms terlahir tidak prematur dengan kata lain dalam kondisi normal, cukup bulan dan sehat.
  • Usia bayi telah memasuki 2 bulan atau lebih.
  • Minimal berat badan bayi 2,5 kg.
  • Suhu ruangan tempat memandikan bayi dipastikan tidak terlalu dingin.
  • Basuhlah bayi dengan suhu air secara bertahap, mulai dari air hangat dan beralih ke air dingin secara pelan-pelan. Hindari langsung membasuh dengan air dingin begitu saja.
  • Durasi mandi yang baik untuk bayi sekitar 10 sampai 15 menit saja.
  • Keringkanlah tubuh bayi menggunakan handuk lembut sesegera mungkin.

Doodle Baby Gentle Wash

Mandikan bayi dengan Doodle Baby Gentle Wash Moms, sabun yang diformulasikan untuk bayi ini berfungsi untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan kuman. Memiliki karakter yang lembut, Doodle Baby Gentle Wash tidak berbusa dan mudah dibilas. Selain membersihkan, sabun ini juga berfungsi sebagai eksfolian yang membantu melepaskan sel kulit mati dengan lembut, sehingga kelembaban kulit bayi lebih terjaga. Dilengkapi dengan wangi Doodle exclusive sweet greentea yang menyegarkan, tentu membuat pengalaman mandi air dingin bersama bayi menjadi jauh lebih menyenangkan.

Sumber
id.theasianparent.com/bayi-mandi-air-dingin

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie