Bayi Cegukan Bolehkah Disusui ?

Bayi cegukan bolehkah disusui

Cegukan memang bisa dialami oleh siapa saja. Termasuk juga dialami oleh bayi. Terutama bayi yang baru lahir atau yang usianya belum menginjak 1 tahun. Karena memang bayi yang baru lahir ini lebih rentan untuk mengalami cegukan. Hal tersebut sangat wajar sekali, sebab sistem pernapasan dan juga sistem pencernaan yang dimiliki bayi tersebut belum sempurna. Memang banyak sekali para orang tua yang kuatir atau justru panik saat mendapati anak mereka sedang cegukan. Apalagi untuk para orang tua baru, yang memang belum terlalu paham mengenai cara merawat bayi. Meski yang namanya cegukan ini merupakan hal yang wajar, akan tetapi kalau disertai dengan muntah atau semacamnya, tentu saja tidak boleh Moms anggap remeh, dan harus di waspadai.

Umumnya cegukan yang terjadi pada bayi ini secara alami akan hilang dengan sendirinya. Namun kalau cegukan tersebut tidak segera hilang dan terjadi terus menerus, sebaiknya sebagai orang tua Moms harus benar-benar memperhatikannya dan bahkan membutuhkan penangan khusus. Lantas mengapa bayi bisa mengalami cegukan. Sebenarnya cegukan ini terjadi disebabkan oleh otot diafragma yang memisahkan antara perut dan rongga dada, yaitu terletak di bagian bawah tulang rusuk, yang berfungsi untuk membantu mengendalikan sistem pernapasan ketika mengalami yang namanya kontraksi tiba-tiba. Ketika terjadi reaksi otot pada diafragma, maka membuat pita suara yang terdapat di kerongkongan menjadi tertutup dan terjadilah yang disebut dengan cegukan ini. Lalu apakah bayi cegukan boleh disusui. Sebenarnya bayi cegukan boleh disusui, namun tentu saja harus berhati-hati, agar si bayi tidak tersendak saat sedang menyusu asi pada ibu.

Meskipun bayi cegukan boleh disusui dan juga cegukan ini merupakan suatu hal yang normal alias wajar terjadi pada bayi. Akan tetapi sebagai orang tua Moms juga harus memperhatikan beberapa hal atau kondisi dibawah ini, diantaranya yaitu :

  • Hal pertama yang harus di waspadai adalah bayi mengalami yang namanya gastroesophageal reflux disease. Bisa saja bayi tersebut mengalami cegukan karena adanya refluks asam lambung. Perhatikan apakah saat sedang cegukan bayi juga disertai dengan batuk , meludah dan rewel. Jika iya, maka sebaiknya Moms segera membawanya ke dokter anak untuk melakukan konsultasi.
  • Jika bayi sering cegukan juga tentunya harus diwaspadai karena hal tersebut tidaklah normal. Apalagi kalau bayi mengalami cegukan terus menerus sampai usianya mencapai lebih dari 1 tahun.
  • Untuk bayi prematur yang sering mengalami cegukan juga harus di waspadai. Apalagi yang namanya bayi premature ini tengah menggunakan alat bantu pernapasan. Biasanya jika bayi terus menerus mengalami cegukan menandakan adanya sumbatan atau masalah yang terjadi pada sistem pernapasan.

Itulah beberapa hal yang harus di waspadai oleh orang tua yang menemui anaknya sering cegukan. Dibawah ini merupakan beberapa dari faktor atau penyebab terjadinya cegukan, diantaranya yaitu :

  1. Bayi terlalu kenyang

    Jika bayi mengalami cegukan, bisa jadi karena ia sudah terlalu kenyang. Untuk itu sebaiknya Moms jangan memberikan asi terlebih dahulu. Apalagi yang namanya sistem pencernaan bayi masih belum terlalu sempurna untuk mencerna asi.

  2. Terlalu banyak menelan udara

    Penyebab lain terjadinya cegukan pada bayi adalah karena terlalu banyak menelan udara. Salah satu penyebabnya yaitu karena bayi minum susu dengan menggunakan dot atau botol susu yang sudah kosong. Sehingga terlalu banyak udara yang tertelan atau yang masuk kedalam tubuhnya. Posisi yang salah saat menyusui pun bisa menjadi salah satu penyebab banyaknya udara yang masuk kedalam mulut si kecil.

  3. Makan atau minum terlalu cepat

    Selanjutnya bayi juga bisa mengalami cegukan dikarenakan makan atau minum yang terlalu cepat.

Sebenarnya masih ada banyak sekali berbagai macam faktor atau penyebab terjadinya cegukan pada bayi. Lantas bagaimanakah cara mengatasi cegukan pada bayi 0-6 bulan. Berikut ini kami akan membahas mengenai beberapa dari cara mengatasi cegukan pada bayi 0-6 bulan, diantaranya yaitu :

  • Posisi bayi berdiri

    Untuk cara mengatasi cegukan pada bayi 0-6 bulan yang pertama adalah dengan Moms memposisikan si kecil berdiri. Yaitu dengan meletakkan kepala bayi ke bahu seperti posisi berdiri. Pastikan juga untuk posisi bayi berada dalam keadaan berdiri, dan wajahnya menghadap ke Moms. Setelah itu, bisa Moms langsung mijat atau tekan punggungnya secara perlahan. Lakukan cara ini sampai cegukan menjadi hilang dan mulai mereda.

  • Posisi bayi duduk

    Kemudian cara selanjutnya untuk mengatasi bayi yang sedang cegukan adalah denngan mengubah posisinya menjadi duduk. Setelah itu Moms bisa menekan secara perlahan bagian pinggang dan juga perutnya, sampai cegukan hilang dan juga reda.

  • Dipangku

    Moms juga bisa menggunakan cara yang ketiga, yaitu denngan memangku bayi. Setelah itu Moms tekan punggungnya perlahan, sampai cegukan menjadi berhenti.

  • Menyusui

    Ternyata salah satu cara mengatasi cegukan pada bayi 0-6 bulan adalah dengan menyusuinya. Jadi kalau Moms bertanya mengenai apakah bayi cegukan boleh disusui? , tentu saja jawabannya boleh. Namun harus dilakukan secara perlahan dan juga hati-hati. Supaya bayi tidak tersendak saat sedang di susui. Lakukan secara perlahan dan dengan tenang. Supaya bayi tetap nyaman dan tidak rewel. Serta supaya cegukannya menjadi berhenti.

  • Biarkan sampai hilang sendiri

    Seperti yang sudah disebutkan diatas, kalau cegukan ini bisa hilang secara alami atau dengan sendirinya. Jadi Moms bisa membiarkannya sampai cegukan tersebut hilang dan sembuh dengan sendirinya. Namun kalau cegukan terjadi terus menerus atau tidak berhenti, maka sebaiknya Moms segera membawanya ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Karena di kuatirkan kalau ada masalah maupun penyakit yang dialami buah hati Moms sehingga membuat cegukannya terjadi terus menerus atau tidak berhenti-henti.

Jadi jika bayi Moms mengalami yang namanya cegukan. Jangan panik dan khawatir. Kalau cegukannya masih dibatas normal maka Moms bisa mencoba beberapa dari cara mengatasi cegukan pada bayi 0-6 bulan yang sudah kami bagikan diatas. Sehingga bayi pun akan berhenti mengalami yang namanya cegukan. Namun memang salah satu cara efektif atau yang seringkali dilakukan oleh ibu untuk mengatasi bayi yang sedang mengalami cegukan adalah dengan memberikannya asi. Supaya bayi berhenti mengalami cegukan dan juga kembali tenang.

Info atau ulasan yang sudah kami bagikan mengenai cegukan yang sering dialami oleh bayi ini, semoga bisa bermanfaat dan juga semakin menambah wawasan Moms. Selain itu Moms bisa langsung mencoba mempraktekkan beberapa tips yang sudah kami bagikan, saat bayi Moms mengalami yang namanya cegukan. Supaya bayi tidak tersiksa dan bisa kembali normal dari yang namanya cegukan. Karena saat bayi mengalami cegukan, tentu saja hal tersebut pasti akan sangat menggangu dan membuatnya menjadi tidak nyaman dan bahkan bisa membuatnya menjadi rewel.