Bantu Bayi Tidur Lelap, Apa itu White Noise?

Doodle.co.id – Moms, tahukah apa itu white noise untuk bayi? Diketahui, bayi cenderung menyukai suara-suara peredam tersebut. Hal itu karena sebelum dilahirkan di dunia, bayi terbiasa menghabiskan siang dan malamnya dalam suara-suara manusia yang menenangkan. Jantung yang berdebar kencang, suara darah yang mengalir deras ke seluruh tubuh, hingga ritme keluar masuknya setiap hela napas menciptakan suara yang menenangkan, serupa dengan deru ruang hampa.

apa itu white noise
Apa itu white noise yang bisa membuat bayi tidur lelap / Ivone De Melo

Namun, saat bayi lahir, ia tak lagi mendengarkan suara-suara tersebut, justru penuh dengan keheningan dan berbagai suara yang membingungkan. Hal itu terkadang membuat bayi merasa terasing, terisolasi dan merasa cemas, yang membuatnya sulit tidur. Dengan itu, suara-suara yang menenangkan ini pun berperan untuk bayi. Seperti dikatakan What to Expect, white noise adalah suara-suara yang menenangkan atau suara-suara peredam. Suara ini berasal dari berbagai sumber seperti kipas angin berputar, sirine, atau dengungan dengan nada rendah. Suara-suara inilah yang kemudian membuat bayi menjadi lebih tenang.

Bagaimana Suara Peredam Bisa Membantu Bayi Tidur?

Lantas, apa itu white noise dan bagaimana bisa untuk membantu bayi tidur? Ternyata Moms, mesin white noise menciptakan lingkungan yang nyaman layaknya berada dalam rahim. Situasi tersebut kemudian menenangkan bayi dan mendorongnya untuk berhenti menangis. Selain pada bayi, penelitian membuktikan bahwa suara-suara menenangkan ini dapat membantu anak-anak menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Ini kemungkinan dipengaruhi oleh adanya gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas termasuk dalam pengenalan suara. White noise memiliki beragam manfaat, selain meredam keramaian dan keributan di sekitar, suara ini juuga bisa menenangkan dan memberikan sumber kenyamanan bayi hingga membuatnya tertidur lelap.

Tips Memilih White Noise

Moms, setelah mengetahui lebih detail white noise, berniat untuk membeli mesin ini untuk si kecil? Jika benar, Moms bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut termasuk memastikan batasan atau tingkat kebisingan.

  • Pilihlah yang Memiliki Desibel dibawah 50

American Academy of Pediatrics (AAP) memperingatkan bahwa sejumlah mesin white noise dapat menyebabkan kerusakan pendengaran pada bayi serta menyebabkan keterlambatan perkembangan apabila berada di atas 50 desibel. Itu tidak hanya berlaku pada mesin ini tetapi juga berbagai sumber suara.

  • Gunakan Mesin yang Mempunyai Pengatur Otomatis

Mesin ini terkadang dioperasikan menggunakan baterai dan bekerja apabila diatur menggunakan pengatur waktu dapat membuat bayi mudah terbangun saat mesin tersebut berhenti bekerja. Sehingga, Moms harus memilih model yang dapat menyala sepanjang malam.

  • Gunakan White Noise Low Budget

Apabila budget terbatas, Moms bisa menggunakan ponsel untuk mengunduh aplikasi penghasil suara peredam secara gratis. Kipas angin juga bisa menjadi pilihan yang murah untuk menghasilkan white noise. Hindari penggunaan mesin penghasil suara tersebut dengan volume maksimal, menurut penelitian, jarak mesin tersebut untuk bayi setidaknya sekitar satu kaki.

Pro-Kontra

Meski memiliki banyak manfaat, ternyata mesin penghasil suara-suara peredam ini juga memiliki kekurangannya. Tidak semua bayi menykai tidur menggunakannya, mereka justru terganggu akan adanya mesin tersebut. Beberapa bayi lebih mudah tertidur apabila berada dalam gendongan dan saat diberi asi, terutama pada minggu-minggu pertama setelah bayi lahir di dunia.

Tidak hanya itu, suara-suara yang dianggap menenangkan pun disebut bisa menimbulkan risiko pada gangguan pendengaran bayi apabila diputar dengan volume yang terlalu keras dan secara terus-menerus tanpa henti.

Terlepas dari adanya pro dan kontra tersebut, setiap bayi tentu mempunyai ciri khasnya tersendiri untuk tidur lelap. Maka dari itu, konsultasikan juga kepada ahli terkait penggunaan mesin white noise yang aman bagi bayi ya, Moms. Menentukan apakah harus menggunakan mesin tersebut atau tidak, semuanya di tangan Moms. Bijaklah dalam mengambil keputusan.

 

Sumber

https://www.parents.com/white-noise-for-baby-how-it-can-help-infants-sleep-8413752

https://www.kompas.com/parapuan/read/533404293/mengenal-white-noise-benarkah-bisa-bantu-bayi-tidur-lebih-cepat

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie