Apa Itu Kolostrum pada ASI? Nutrisi Lengkap untuk Si Kecil

Doodle.co.id – Apa itu kolostrum pada ASI menjadi pertanyaan bagi sebagian Moms. Istilah tersebut memang masih terdengar asing bagi beberapa orang ya Moms. Kolostrum sering disebut dengan emas cair, hal ini lantaran bentuknya berupa susu kekuningan yang muncul untuk Si Kecil usai dirinya lahir.

apa itu kolostrum pada asi
Apa itu kolostrum pada asi / Image Sarah Chai

Apa Itu Kolostrum pada ASI?

Kemunculan kolostrum ini terjadi beberapa hari sebelum ASI matang keluar. Kolostrum adalah ASI pertama yang diproduksi tubuh Moms. Susu satu ini penuh dengan nutrisi juga antioksidan. Jenelle Ferry, MD ., ahli neonatologi dan direktur pemberian makan, nutrisi, dan perkembangan bayi di Pediatrix Medical Group di Tampa, Florida, menjelaskan kolostrum berjuluk ‘emas cair’ lantaran mempunyai warna keemasan atau terang atau kuning tua. Kemungkinan kolostrum berwarna lain seperti bening, putih, atau oranye, serta hal ini adalah suatu yang normal. Menurut Kara Thornton, IBCLC, konsultan laktasi di Via Lactea, kolostrum mempunyai konsistensi madu yang kental dan lengket.

Beda Kolostrum dan ASI

Ketersediaan

Perbedaan terbesar antara kolostrum dan ASI yaitu tentang ketersediaannya. Kolostrum muncul selama beberapa hari pertama setelah kelahiran, dan ASI diproduksi selama sisa waktu Anda menyusui. Cindy Rubin, MD, IBCLC, dokter anak dan spesialis pengobatan menyusui di In Touch Pediatrics and Lactation di Westchester, Illinois mengungkapkan ada beberapa faktor pembeda lain seperti susu matang lebih tinggi lemak dan karbohidratnya dibandingkan kolostrum, meskipun ASI masih mempunyai imunoglobulin dan terus memberikan perlindungan terhadap infeksi seiring pertumbuhan bayi.

Kolostrum ini pada umumnya hanya mampu tersedia 2 sampai 4 hari saja sebelum ASI matang keluar. Setelah itu ada susu transisi, ini berisi campuran antara kolostrum dan susus matang yang biasanya diproduksi mulai dari hari ke 7 sampai hari ke 14. Selanjutnya ada susu matang, yang akan diterima bayi usai 2 minggu menyusu.

Warna

Kolostrum memiliki warna yang berbeda dengan ASI matur. Warna biasanya kekuningan, sementara ASI matur warnanya keputihan. ASI juga lebih encer ketimbang kolostrum dan terkadang bahkan berwarna kebiruan. Dan yang terakhir, volume ASI matur jauh lebih tinggi ketimbang volume kolostrum.

Manfaat Kolostrum

Kara Thornton, IBCLC, konsultan laktasi di Via Lactea menyatakan, kolostrum adalah makanan super pertama bagi bayi yang mana adalah sumber nutrisi yang memberikan antibodi kuat guna membangun sistem kekebalan yang kuat. Dalam susu ini terkandung nutrisi tepat untuk sistem tubuh bayi baru lahir, juga zat yang bisa melawan penyakit. Sejalan dengan itu, Dr Ferry, juga mengungkapkan kolostrum membawa komponen sistem kekebalan tubuh seperti imunoglobulin, laktoferin atau protein yang mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi, dan faktor pertumbuhan. Bahkan secara nutrisi susu ini memiliki protein lebih tinggi dan rendah lemak ketimbang susu matang Moms. Hingga perbedaan komposisi inilah yang menjadikan bayi butuh volume susu emas cair ini jauh lebih sedikit ketimbang ASI matur.

Kolostrum memiliki manfaat yang luar biasa lo Moms untuk si bayi. Mulai dari melindungi dari penyakit kuning, membantu bayi buang air besar pertama kali, hingga ikut berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut Dr Rubin, susu tersebut kaya dengan imunoglobin dan protein anti-infeksi lainnya. Ia menjelaskan, bayi baru lahir sistem kekebalannya belum matang, Sehingga ini memiliki peran ikut membantu melindungi bayi sementara tubuh mulai mengembangkan cara guna melindungi dirinya sendiri.

Manfaat susu emas cair tersebut yakni berguna untuk membantu bayi mengeluarkan kotoran pertamanya atau mekonium. Juga menjadi jumlah ASI yang tepay untuk membuat perut kecil bayi terisi. Selain itu, susu ini bermanfaat untuk mempersiapkan mikrobioma usus bayi dan menjadi sumber nutrisi yang sehat dan seimbang untuk si kecil. Selain itu ia juga berguna untuk mencegah masalah gula darah rendah dan nelindungi bayi daei penyakit kuning.

Bahkan penelitian juga menyebut bahwa kolostreum penuh dengan sel darah putih dan sejenis antibodi yang dijuluki IgA. Kolostrum mempunya antibodi yang bisa melawan patogen layaknya salmonella, E.coli, rotavirus, streptococcus, candida dan masih banyak lagi.

 

 

Sumber
parents.com/ colostrum-7489199

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie