Amankah ASI Dicampur Susu Formula? Ini Jawaban Para Ahli

Doodle.co.id – Banyak orang tua baru yang memilih memberikan campuran antara ASI dan susu formula untuk bayi mereka. Ini merupakan langkah yang bagus untuk Moms yang tidak bisa memberikan ASI ekslusif namun tetap ingin memberikan ASI kepada Si Kecil. Moms mungkin akan mempertimbangkan untuk mengambil pilihan ASI dicampur susu formula. Namun amankah hal itu? Simak artikel berikut untuk mendapatkan jawabannya.

asi dicampur susu formula
ASI dicampur susu formula aman tidak / Image Keira Burton

Amankah ASI Dicampur Susu Formula?

Menurut psikolog kesehatan dan profesor klinis pediatri di Texas Tech University Health Sciences Center, Kathleen Kendall-Tackett, mencampurkan ASI dan susu formula umumnya tidak disarankan, lebih baik memisahkan keduanya. Moms dianjurkan untuk menyusui dan menambahkan susu formula jika diperlukan, atau bisa dengan bergantian antara ASI dan susu formula. Hal serupa juga disarankan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Manfaat

Meski tidak disarankan, Kendall-Tackett menyebut bahwa mencampurkan ASI dan susu formula untuk bayi bermanfaat untuk membantu bayi dalam masa transisi, seperti dilansir The Bump. Sedangkan menurut Jennifer Shu, dokter anak di Children’s Medical Group, P.C, mencampurkan keduanya dapat membantu bayi terbiasa akan rasa dan tekstur susu formula. Kendati demikian, tetap saja banyak para ahli yang tidak menyarankan untuk mencampur ASI dan susu formula dalam botol yang sama.

Kerugian

Shu dan Kendall-Tackett menyebut bahwa salah satu kelemahan dari mencampurkan ASI dan susu formula dalam botol yang sama yakni Moms akan membuang ASI sebelum menjadi busuk. Terlebih, Moms harus menghabiskan susu formula lebih cepat daripada ASi. CDC mengungkapkan, susu formula hanya bertahan selama 24 jam di lemari es apabila di dalam botol atau sudah dicampur ASI. Sedangkan ASI yang disimpan di botol dan dimasukkan dalam lemari es dapat digunakan hingga empat hari. Selain itu, mencampurkan keduanya berarti membuat Moms memompa ASI hanya sedikit dibandingkan ASI ekslusif.

Tips Mencampurkan ASI dan Susu Formula

CDC menyarankan Moms untuk memisahkan keduanya dalam botol berbeda, atau menyusui terlebih dahulu kemudian memberikan susu formula. Akan tetapi, apabila dokter mengizinkan hal itu Moms dapat mencampurkan susu formula terlebih dahulu kemudian menambahkan sedikit ASI dalam botol.

Apabila Moms menggunakan formula bubuk atau konsntrat. ukurlah susu formula dengan air sesuai petunjuk atau tambahkan satu ons sufor dengan beberapa ons ASI.

Hangatkan botol berisi campuran susu formula dan ASI atau gunakan penghangat botol selama beberapa menit. Hindari memanaskan susu dalam microwave karena dapat menyebabkan timbulnya titik panas yang bisa membakar mulut bayi.

Sebelum memberikannya pada Si Kecil, uji beberapa tetes di pergelangan tangan Moms. Apabila bayi lahir dengan prematur atau mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, Moms perlu melakukan tindakan esktra. Rebus air untuk susu formula, tambahkan susu formula bubuk setelah 5 menit kemudian, tunggu sampai botol mendingin.

Moms juga dapat mendinginkan susu formula yang disiapkan selama maksimal 24 jam. Hindari menyimpan susu formula di dalam freezer karena pembekuan dapat menyebabkan bahan-bahannya terpisah.

Usai bayi meminum campuran susu formula dan ASI, Moms harus membuang sisanya setelah 1 jam. Ini karena ditakutkan bakteri dapat tumbuh jika susu formula bercampur dengan air liur bayi.

Bolehkah Mencampur Susu Formula dengan ASI sebagai Pengganti Air?

Jika menyiapkan susu formula dalam botol bayi, jangan gunakan ASI sebagai pengganti air. Ini karena sufor memilki kandungan protein yang lebih banyak dibandingkan ASI. Menambahkan ASI pada sufor dapat meningkatkan konsentrasi protein dan kalori yang berpotensi memberikan tekanan pada ginjal bayi. Sementara itu, CDC menyebut jika terlalu sedikit air dalam susu formula dapat menyebabkan bayi mengalami dehidrasi.

Nah Moms, itulah berbagai informasi mengenai aman tidaknya ASI dicampur susu formula. Bagi Moms yang mencari produk perawatan bayi, Moms dapat menggunakan Doodle Exclusive Baby Care. Dengan formulasi khusus untuk baby newborn dan kulit sensitif, produk-produk Doodle dikenal dengan kandungan 100% dari bahan-bahan alami.

 

 

Sumber
thebump.com/ a/can-you-mix-breast-milk-and-formula

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie