5 Kebiasaan Penyebab Cacat Janin Yang Harus Moms Ketahui

Doodle.co.id – Penyebab cacat janin tidak serta-merta akibat adanya kelainan kromosom atau kelainan genetik tertentu pada bayi. Meski kelainan kromoson atau genetik memang dapat menyebabkan cacat janin, namun tergantung pada kelainan kromosom yang seperti apa. Bisa juga karena adanya sindrom-sindrom yang diderita bayi baru lahir yang membuatnya bisa atau tidak bertahan hidup.

penyebab cacat janin
Penyebab cacat janin / Image Dominika Roseclay

Bagi orang tua, melahirkan bayi yang sehat, cerdas, dan kuat tentu menjadi dambaan. Akan tetapi, Moms juga perlu mengetahui apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan adanya cacat pada bayi dalam kandungan.

Nah, dokter Keven melalui channel YouTube-nya Dokter Keven berbagi mengenai apa saja kebiasaan ibu hamil yang dapat menyebabkan cacat pada janin.

Kebiasaan Penyebab Cacat Janin

1. Minum alkohol

Pantangan selama hamil adalah kebiasaan minum alkohol. Minum alkohol sangat dilarang untuk ibu hamil karena memiliki dampak yang sangat buruk pada janin, misalnya kecacatan yang dapat menyebabkan bayi tidak bisa bertahan hidup.

Kebiasaan minum alkohol juga dapat menyebabkan ibu hamil keguguran. Selain itu, bayi mungkin dapat bertahan hidup namun dalam kondisi cacat. Oleh karena itu, bagi Moms yang sedang menjalankan promil atau program hamil, sangat tidak disarankan untuk meminum minuman keras atau alkohol. Sebagai informasi, program hamil ini biasanya dimulai minimal 1 sampai 3 bulan sebelum hamil.

2. Makan makanan mentah

Penting bagi para ibu yang sedang hamil pada trimester pertama kehamilan, atau ibu yang sedang menjalankan program hamil untuk tidak mengonsumsi makanan mentah atau tidak dimasak. Karena, dengan mengonsumsi makanan yang mentah ini, bisa saja makanan yang Moms makan sudah tercemar oleh virus ataupun bakteri yang bisa menyebabkan kecacatan pada janin. Beberapa virus yang terdapat pada makanan mentah dan menyebabkan kecacatan pada janin antara lain yaitu toksoplasma, rubella, CMV, dan virus herpes. Moms, harus menghindari makanan mentah termasuk pada trimester pertama.

“Toksoplasma ini bisa disebabkan oleh kotoran kucing.” kata dokter Keven.

Ia menambahkan, toksoplasma ditularkan saat Moms memelihara kucing dan membersihkan kotorannya, kemudian dapat terinfeksi oleh toksoplasma tersebut.

3. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok saat hamil juga menyebabkan kecacatan pada bayi di dalam rahim. Hal ini dikarenakan kandungan rokok seperti nikotin, dapat menyebabkan adanya kelainan-kelainan janin. Apabila Moms saat ini masih merokok, mulailah untuk mengurangi kebiasaan yang satu ini, dan kemudian dapat dihentikan.

Tidak hanya itu, jika Moms yang tidak merokok kemudian terkena asap rokok, ini juga dapat memicu terjadinya kelainan-kelainan pada janin. Hindari dan jauhkan diri saat ada suami atau orang lain yang merokok dan menimbulkan asap rokok di dekat Moms.

4. Kebiasaan mengonsumsi obat-obatan terlarang

Mengonsumsi obat-obatan terlarang atau obat yang dijual di luar resep dokter juga dapat menyebabkan kecacatan pada bayi di dalam kandungan. Terlebih, jika Moms memasuki kehamilan di trimester pertama.

“Trimester satu adalah saar yang paling penting untuk perkembangan otak dan susuan saraf dari janin.” jelas dokter Keven.

Apabila Moms mengonsumsi obat-obatan terlarang atau obat di luar resep dokter yang mengandung bahan-bahan yang menyebabkan cacat janin, konsultasikan segera dan obat-obatan yang dikonsumsi tersebut ke dokter kandungan. Apakah perlu dilanjutkan atau tidak, jika tidak dapat dikonsumsi saat sedang hamil maka obat tersebut bisa diganti dengan obat yang lebih aman selama kehamilan.

5. Kebiasaan mandi dan berendam air panas

Memiliki kebiasaan mandi atau berendam menggunakan air panas ternyata dapat menyebabkan kecacatan pada kandungan. Hal ini termasuk berendam di onsen atau sauna, di mana ada suhu tertentu yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan adanya kecacatan pada janin.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi dan mencegah adanya kecacatan pada bayi di dalam kandungan, tentu Moms harus menghindari bahkan menghentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Kemudian, terapkanlah pola hidup sehat serta mengonsumsi makan makanan yang bergizi. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan diri Moms ke dokter kandungan, agar dokter dapat memantau perkembangan janin serta proses kehamilan mulai dari trimester pertama hingga saatnya melahirkan.

 

Sumber

Youtube Dokter Keven / 5 Kebiasaan Moms Yang Bisa Bikin Cacat Janin

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie