Tips Membawa Bayi Naik Pesawat

Tips Membawa Bayi Naik Pesawat

Liburan bersama si bayi bisa menjadi liburan yang tak terlupakan untuk si bayi. dengan mengajaknya liburan bisa dijadikan sebagai sarana pengenalan dunia luar untuk bayi. liburan ini juga bisa dijadikan saranan untuk meningkatkan intensitas kedekatan emosional anatara bayi dan moms serta keluarga lainnya, seperti kakak, kakek , dan nenek. Jika moms memutuskan untuk liburan seru dengan bayi ke luar negeri yang mengharuskan menggunakan alat transportasi udara maka, moms wajib memperhatikan kenyamanan dan keamanan si bayi. Jangan sampai liburannya rusak karena bayi tidak nyaman saat perjalanan seperti muntah atau rewel terus. Naik pesawat bisa digunakan untuk mengenalkan bayi alat transportasi sejak dini sehingga mengurangi resiko mabuk transportasi udara. Moms tidak mau kan jika sampainya di negeri orang yang niatnya liburan malah menjadi tidak menyenangkan karena repot mengurusi bayi yang rewel?

Untuk mencegah itu, moms perlu menyiapkan segala persiapan yang diperlukan untuk membawa bayi naik pesawat. Yah namanya juga bayi, pasti akan lebih repot dan banyak yang harus dibawa dari pada ketika kita mengajak anak-anak atau orang dewasa berlibur naik pesawat. Sebelum tahu persiapan apa yang harus disiapkan dengan matang, apakah boleh bayi itu ikut naik pesawat? Seperti apa aturan umurnya?

Setiap maskapai penerbangan tentunya memiliki syarat dan prosedur sendiri terkait penumpang bayi. Untuk memastikannya moms perlu mendatangi atau menghubungi maskapai untuk mendapatkan info terlebih dahulu, jangan sampai moms sudah siap dengan segala sesuatunya, tetapi usia si bayi belum mencukupi untuk naik pesawat. Pada dasarnya, bayi sudah bisa ikut naik pesawat mulai umur 3 bulan. di usia ini bayi sudah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan, seperti lehenya sudah kuat untuk menopang kepala, bayi sudah mulai aktif mengoceh sehingga tidak membosankan nantinya. Walaupun belum maksimal tetapi diusia ini sudah cukup kuat untuk diajak naik pesawat, yang terpenting persiapan dan perlakuan selama di pesawat itu benar.

Nah moms, untuk mendukung acara liburan moms agar menyenangkan, berikut kami ulaskan beberapa tips membawa bayi naik pesawat.

  1. Persiapan berangkat

Sebelum membeli tiket untuk bepergian dengan bayi, moms perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini

  • Pastikan jam terbang yang dipilih adalah jam saat bayi tidur, bisa tidur siang atau malam karena pastinya di jam-jam tidur membuat bayi lebih nyaman saat naik pesawat. Selain itu mengurangi repotnya moms saat bayi terjaga. Jika moms menginginkan bayi naik pesawat saat keadaan terjaga, pastikan moms memilih jam setelah bayi itu makan. Ini juga mengurangi bayi jadi rewel saat naik pesawat.
  • Pesanlah tambahan kursi khusus untuk bayi seperti baby bassinet. Tidak semua maskapai menyediakan tempat tidur khusus bayi ini. Moms perlu menanyakan terlebih dahulu ke maskapai apakah ada sarana ini di pesawat, jika tidak moms bisa menggunakan stroller sendiri yangmemiliki desain khusus untuk penerbangan. Ini membuat moms lebih mudah untuk menjaga si bayi daripada harus di pangku atau digendong.
  • Dalam memilih kursi duduk, upayakan untuk memilih kursi dudukyang terdepan. Ini bisa memberikan ruang gerak lebih untuk bayi dan baik untuk pernafasannya. Jika memang terpaksanya tidak ada kursi yang terdepan, usahakan memilih tempat dudu yang dekat dengan jendela agar bayi bisa diperlihatkan pemandangan luar sehingga bayi senang. Jangan lupa menanyakan jika memilih tempat sendiri ada tambahan biaya atau tidak. pastikan untuk tidak over budget dari yang sudah ditentukan.
  • Perlengkapan bayi. ini nih yang tidak kalah penting, perlengkapan bayi harus terpenuhi semua, jangan sampai moms kerepotan saat butuh sesuatu di pesawat tetapi lupa moms bawa. Perlengkapan yang wajib dibawa selama berpergian dengan bayi seperti mainan, dot, baju hangan, popok ganti, selimut, peralatan makan, kosmetik bayi, tas sampah untuk menampung sampah bayi, dan beberapa camilan atau makanan yang sehat. Lebih baik menyiapkan makanan sendiri dari rumah sehingga terjamin kebersihan dan keamananya. Perhatikan cara penataannya ya moms, agar tidak kebingungan mencari barang saat di pesawat. Popok, susu bisa ditaruh di tas bagian depan. Baju ganti, selimut dan alat makan bisa ditaruh di tengah dan cemilan bisa ditaruh di atas.
  • Obat-obatan untuk bayi juga perlu untuk dibawa jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Terlebih jika bayi memang sudah ada riwayat sakit tertentu, moms perlu hati-hati jangan sampai kambuh selama dalam pesawat. Daftarkan asuransi kesehatan untuk bayi agar tetap tercover selama perjalanan.
  1. Didalam pesawat

Sebelum berangkat saja banyak hal yang perlu diperhatikan, sama halnya ketika sudah didalam pesawat dan sudah mulai penerbangannya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika si bayi berada dalam pesawat:

  • Saat rewel, moms bisa sesekali mengajak bayi berjalan di sepanjang selasar pesawat dan memperlihatkan pemandangan dari dalam pesawat. Jangan dilepas sendiri ya moms, moms bisa menggendongnya.
  • Selalu pastikan bayi dalam keadaan yang bersih agar tidak terkena kuman penyakit. Didalam pesawat kita akan menemui berbagai macam orang sehingga kita juga tidak tau virus apa yang dibawa dari orang-orang tersebut. Jika ada yang bersih, usahakan untuk menjauh dan menggunakan penutup wajah sementara.
  • Selain bayi, moms juga perlu untuk selalu menjaga kebersihan, gunakan lotion anti kuman atau gel anti kuman untuk membunuh kuman penyakit yang ada.
  • Sering kali telinga bisa menjadi nyeri karena tekanan udara di dalam udara tidak sama dengan ketika kita berada di rumah. Untuk mencegah itu moms bisa menggendongnya saat menyusui.
  • Moms perlu minum banyak air putih agar suply ASI terpenuhi. Jika selama di pesawat ASI terpenuhi, ini mengurangi resiko bayi kena dehirasi.
  • Jika si bayi sudah diberikan MPASI seperti makanan dan minuman. Usahakan moms membawa susu formula dalam kemasan yang masih bubuk saja. Sehingga jika sewaktu- waktu dibutuhkan tinggal buat saja.
  • Jika didalam pesawat bayi kegerahan, usahakan jangan terus dibawa ke bawah AC tetapi, kipasi pelan-pelan, lap tubuhnya dengan waslap kering dan gantikan bajunya dengan baju yang baru.
  • Ketika sudah landing, moms tidak perlu terburu-buru untuk turun dari pesawat. Biarkan saja dulu penumpang lain turun. Baru jika sudah terlihat longgar moms turun. Ini dilakukan untuk menghindari bayi merasa sumpek dan kepanasan saat turun.

Dari semua tips membawa bayi naik pesawat diatas, ini yang paling utama untuk diperhatikan. Sebelum mengajak bayi naik pesawat pastikan dulu kesehatan bayi. Moms bisa membawa bayi ke dokter untuk chek up kesehatan dan mengutarakan keinginan moms yang akan membawa bayi naik pesawat sehingga dokter bisa memberikan saran untuk moms. Lakukan pemeriksaan ini 3-7 hari sebelum keberangkatan. Tak lupa selalu jaga kesehatan bayi dengan asupan yang bergizi untuk mendukung sistem imunnya. Selamat Liburan moms….