Simak Cara yang Tepat untuk Pijat Bayi Cegah Stunting

Doodle.co.id – Pijat bayi atau baby massage merupakan pemijatan yang dilakukan dengan usapan-usapan lembut di permukaan kulit bayi. Teknik ini telah dilakukan di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia. Tak hanya sebagai terapi, pijat bayi juga memiliki beragam manfaat seperti bonding atau mempererat ikatan orang tua dan anak. Selain itu, pijat bayi juga bermanfaat dengan mengubah gelombang otak secara positif, memperbaiki sirkulasi darah dan pernafasan, mengurangi ketegangan dan depresi, merangsang fungsi pencernaan serta pembuangan, menaikkan berat badan, hingga mencegah stunting.

pijat bayi cegah stunting
Pijat bayi cegah stunting / Image Nataliya Vaitkevich

Apa itu Stunting? Apa kaitannya dengan Pijat Bayi?

Stunting sendiri merupakan sebutan untuk gangguan pertumbuhan anak atau kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan pada anak jika dibandingkan dengan anak-anak lain. Asupan nutrisi selama masa pertumbuhan adalah penyebab utama anak mengalami stunting. Berkaitan dengan hal itu, pijat bayi mampu memberikan rangsangan yang mempengaruhi kekebalan, hormon, sistem saraf dan memberikan perasaan nyaman dan menenangkan. Pijat bayi yang dilakukan dengan tekanan ringan bisa merangsang hormon pertumbuhan dan pergerakan saluran cerna pelepasan insulin, yang kemudian berkaitan dengan kenaikan berat badan.

Waktu yang Tepat untuk Pijat Bayi

Pijat bayi dapat segera dimulai usai bayi dilahirkan, namun hal itu tergantung dengan kondisi bayi apakah mencapai berat normal atau tidak. Dengan adanya pemijatan lebih awal, bayi akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Terdapat dua waktu yang baik untuk pijat bayi yaitu pada pagi hari, dan pada saat malam hari menjelang tidur. Hal ini sangat baik untuk membantu bayi tidur lebih nyenyak.

Bagaimana Cara Pijat Bayi yang Benar untuk Cegah Stunting?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak memijat bayi untuk mencegah stunting. Yaitu pastikan bayi dalam keadaan sehat, minimal 1 jam setelah diberikan ASI, dan tidak ada alergi kulit saat menggunakan minyak pijat bayi. Berikut langkah-langkahnya.

  • Moms perlu menyiapkan beberapa alat sebelum memijat Si Kecil di antaranya yakni alas yang empuk dan lembut, handuk, popok bayi, baju ganti, minyak telon, dan mainan bayi.
  • Pastikan tangan Moms dalam keadaan bersih dan kuku-kuku yang pendek.
  • Pijat bayi untuk mencegah stunting bisa dimulai dengan sentuhan ringan, kemudian tambahkan tekanan pada sentuhan yang dilakukan secara secara bertahap.
  • Pegang pergelangan kaki di bagian atas dan pijat lembut secara bergantian mulai dari paha sampai pergelangan kaki.
  • Pijat telapak kaki mulai dari arah tumit ke perbatasan jari kaki secara bergantian. Pilin jari kaki bayi mulai dari ibu jari hingga kelingking menggunakan ibu jari dan jari telunjuk Moms. Gunakan gerakan tarikan lembut.
  • Urut punggung kaki bayi menggunakan kedua ibu jri, dimulai dari jari kaki ke pergelangan kaki.
  • Guna meningkatkan bonding antara Moms dan bayi, jangan lupa lakukan komunikasi dan buatlah bayi dalam keadaan nyaman.
  • Kemudian, lakukan gerakan mengurut kaki bayi mulai dari pergelangan kaki bawah menuju pangkal paha secara bergantian. Terakhir, usap dari pangkal pahi hingga pergelangan kaki.
  • Untuk bagian perut, usap dengan lembut dari atas ke bawah. Gerakan jari berjalan ke kanan dan ke kiri seperti bermain piano. Beri juga sentuhan di dada bayi untuk relaksasi.
  • Berikan sentuhan lembut pada tangan bayi, pangkal tangan dan ujung tangan secara bergantian. Pilin jari-jari mulai ibu jari hingga kelingking jari dan punggung jari.
  • Untuk wajah, usap bagian muka bayi dengan lembut dan tekan dengan ringan dahi bayi dari dalam ke arah luar. Letakkan ibu jari di dagu dan usap ke arah atas. Buatlah lingkaran kecil di pipi bayi dengan cara memutar. Tidak lupa bagian belakang telinga, leher dan dagu bayi.
  • Terakhir, berikan sentuhan lembut pada punggung bayi. Tahan pantat bayi dengan tangan kiri dan usap dari atas ke bawah menggunakan tangan kanan.

Pijat Bayi dengan Minyak Telon

Sebagaimana diketahui, pijat bayi biasanya dilakukan menggunakan minyak yang aman bagi si kecil. Minyak jenis baby oil dan minyak telon telah banyak digunakan di Indonesia. Nah, menggunakan minyak telon Doodle dapat menjadi pilihan Moms untuk pijat bayi dan mencegah stunting. Minyak telon Doodle dengan wangi sweet green tea atau Doodle Exclusive Telon Oil bisa menjadi alternatif minyak pijat bayi, Moms.

Diformulasikan khsusu untuk bayi, Minyak Telon Doodle mampu menghangatkan dan memberikan rasa nyaman pada bayi. Minyak Telon Doodle juga membantu meredakan gejala masuk angin seperti kembung dan menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk atau serangga. Selain memiliki wangi khas Doodle yakni sweet green tea, aroma Minyak Telon Doodle juga memberikan efek menenangkan dan memudahkan Moms saat memijat si kecil.

 

 

Sumber

stunting.go.id/ pijit-bayi-bisa-merangsang-pertumbuhan-otot-dan-tulang-bayi-agar-optimal/Kesmas.kemkes.go.id
Youtube S1 Kebidanan FKK UMJ / PIJAT BAYI CEGAH STUNTING

 

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie