Pengaruh Hormon Tidak Seimbang Bikin Susah Hamil? Cek Faktanya

Doodle.co.id – Banyak beredar soal pengaruh hormon tidak seimbang bikin susah hamil. Namun benarkah hal itu Moms? Perlu diketahui, tubuh Moms mempunyai hormon yang berbeda. Banyak di antaranya mempunyai peran langsung saat mencoba program hamil. Untuk informasi, hormon adalah bahan kimia yang terutama dibuat di kelenjar endokrin. Bahan kimia ini dirilis dari aliran daraj dan bertugas sebagai pembawa pesan untuk membantu tubuh berkomuniskasi dari sel satu ke sel lainnya. Ketidakseimbangan hormon terjadi apabila terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon atau hormon tertentu di dalam darah ya Moms. Ketidakseimbangan hormon bisa memengaruhi peluang untuk hamil lo Moms.

pengaruh hormon tidak seimbang
Pengaruh hormon tidak seimbang / Image Anete Lusina

Moms bisa menggunakan tes hormon tidak seimbang di rumah untuk menentukan apakah ketidakseimbangan hormon yang bisa berdampak pada kesuburan. Dokter Moms juga memesan tes laboratorium guna menyelidiki lebih lanjut kadar hormon. Selanjutnya penyedia layanan kesehatanbisa mendiagnosis tepat. Serta bisa membantu Moms untuk menetapkan perawatan yang bisa menaikkan peluang Moms hamil.

Gejala dari Pengaruh Hormon Tidak Seimbang

Gejala ketidakseimbangan hormon reproduksi ada beberapa. Endocrine Society mengungkapkan beberapa gejala yang mebgindikasi ketidakseimbangan hormon seperti pendarahan uterus yang tidak normal, perubahan nafsu makan, perubahan berat badan, dan jerawat. Selain itu gejala lain seperti depresi atau kecemasan, perubahan suasana hati dan sindrom pramenstruasi (PMS). Kemudian juga menopause dini dan adanya rambut tubuh dan wajah berlebih. Gejala lain seperti kelelahan, payudara fibrokistik. Lalu kilatan panas, infertilitas, juga insomnia. Selanjutnya seperti gejala libido rendah dan siklus menstruasi yang tidak teratur, berlebihan, atau tidak ada sama sekali. Gejala berikutnya juga mengalami keguguran berulang dan fibroid rahim. Berikutnya adalah kekeringan vagina dan kelemahan.

Sementara untuk gejala ketidakseimbangan hormon tiroid berdasarkan Office on Women’s Health seperti perubahan nafsu makan dan perubahan berat badan. Kemudian gejala lain bisa seperti sembelit atau diare. Lalu depresi, kecemasan, dan mudah tersinggung, juga kelelahan atau kesulitan tidur. Gejala ketidakseimbangan hormon tiroid lainnya adalah rambut kering dan menipis, adanya perubahan mata (bengkak, menonjol, kemerahan) juga merasa dingin atau panas padahal orang lain tidak merasakan hal yang sama. Selanjutnya yaitu suara serak, kulit pucat dan kering, wajah bengkak, dan detak jantung lambat atau cepat. Gejala lainnya seperti perubahan menstruasi, nyeri sendi atau otot, kelemahan otot, berkeringat lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya juga gemetaran.

Penyebab Hormon Tidak Seimbang

Gaya Hidup

Pengaruh hormon tidak seimbang dapat membuat sulit hamil loh, Moms. Lantas apa penyebab ketidakseimbangan hormon? Emily Jungheim, MD , kepala endokrinologi reproduksi dan infertilitas di departemen kebidanan dan ginekologi di Universitas Barat Laut menjelaskan baik atau buruk, hanya ada sedikit hal yang bisa kita lakukan menurut gaya hidup yang berdampak negatif atau positif pada produksi dan keseimbangan hormon.

Usia, Obat-obatan Tertentu dan Alergi Makanan

Penyebab hormon tidak seimbang yakni umur, obat-obatan tertentu, dan alergi makanan. Selain itu juga adanya paparan bahan kimia tertentu. Lalu penyebab lainnya yaitu lemak tubuh rendah juga kegemukan.

PCOS

Selanjutnya juga sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga penyakit tiroid. Kemudian menekankan. Penyebab lainnya adalah latihan berlebihan dan gangguan makan. Kemudian PCOS. PCOS adalah kondisi yang menampakkan siklus tidak teratur, kadar testosteron berlebih, jerawat, pertumbuhan rambut macam laki-laki dan infertilitas. PCOS mempengaruhi antara 6 persen dan 12 persen orang usia subur berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Obesitas

Dr Jungheim pun melanjutkan masalah yang berhubungan dengan berat badan layaknya obesitas dan rendahnya lemak tubuh, bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon ya Moms. Perubahan tersebut bisa memengaruhi siklus menstruasi dan ovulasi Moms. Kondisi medis yang mempengaruhi kelenjar tiroid dan adrenal pun bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Cara Mengobati Hormon Tidak Seimbang Agar Bisa Hamil

Cara mengatasi hormon tidak seimbang ini bergantung dari apa penyebab ketidakseimbangan yang muncul ya Moms. Salah satu penyebab paling umum ketidak seimbangan hormon adalah PCOS. PCOS merupakan dari ketidakseimbangan hormon yang mengganggu kehamilan. Office on Women’s Health memaparkan pengobatan guna meningkatkan kesuburan penderita PCOS adalah:

  1. Penurunan berat badan untuk mengatur siklus menstruasi
  2. Obat untuk membantu berovulasi, seperti Clomid (clomiphene)
  3. Fertilisasi in vitro (IVF)
  4. Pembedahan untuk mengembalikan ovulasi

Namun apabila berhubungan ketidakseimbangan hormon tiroid maka tindakan yang paling mungkin yakni pengobatan tiroid untuk mengatasinya. Jenis obat mana yang terbaik untuk bergantung pada apakah Moms menderita tiroid yang terlalu aktif alias hipertiroidisme atau justru tiroid yang kurang aktif atau biasa disebut dengan hipotiroidisme. Dengan menggunakan hipertiroidisme, obat antitiroid yang membantu tiroid menghasilkan lebih sedikit hormon tiroid. Untuk hipotiroidisme, terapi hormon membantu memasok hormon tiroid yang cukup untuk tubuh ya Moms.

 

 

Sumber

parents.com/ getting-pregnant/infertility/treatments/hormone-imbalance-and-pregnancy/

 

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie