Kreasi Menu makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi

menu makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi

Bayi pada usai 9 bulan sangat aktif. Mereka sudah bisa belajar berdiri sendiri, merangkak dan duduk tegak. Di usia ini kemampuan motorik kasarnya sudah sampai bayi mulai merambat untuk berjalan. Apalagi jika bayi dikasih tangan, wah mereka akan mengajak moms untuk bergerak jalan terus tanpa ada rasa capek. Mungkin moms yang akan capek. Selain itu bayi pada usia ini juga sangat eksploratif. Kemampuan motorik halusnya yang sudah berkembang seperti bayi suka bermain benda dengan tangannya sendiri, meraih benda yang ada dihadapannya untuk dimainkan.

Peningkatan ini juga terlihat saat bayi makan. Namanya juga bayi yang eksploratif, dia lebih senang jika bisa makan sendiri. Bayi di usia 9 bulan rata-rata akan menolak untuk disuapi dan berusaha meraih sendok makanannya sendiri. Tapi bukan untuk dimakan, melainkan makanan itu akan dimainkan oleh bayi seperti diaduk-aduk dan dibuang. Sehingga bayi pada usia ini susah untuk makan.

Bayi usia 9 bulan rata-rata giginya belum tumbuh. Walaupun beberapa kasus ada bayi yang sudah mulai tumbuh gigi di usia ini. Makanan dasar bayi itu adalah ASI. Tetapi diusianya yang sudah lebih dari 5 bulan, bayi sudah bisa didukung dengan MPASI untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Nah, yang menjadi masalah adalah saat bayi 9 bulan yang sedang aktif-aktifnya bermain, pasti bayi akan susah makan terlebih saat giginya belum tumbuh. Lalu siasat apa yang moms gunakan agar bayi tetap terjaga kebutuhan nutrisinya?

Ya moms bisa mengkreasikan menu makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi ini dengan menu yang enak, disukai bayi, kaya gizi dan tentunya mudah untuk dibuat. Moms bisa memanfaatkan bahan-bahan sehat seperti sayur, buah dan bahan lain untuk membuatnya. Sebagai referensi, berikut kami berikan beberapa rekomendasi ide menu makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi.

  1. Nasi tim brokoli patin

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi. Moms bisa mengolahnya dengan banyak kreasi misalnya nasi tim brokoli patin. Moms tak perlu khawatir cara membuatnya sederhana. Pertama moms cuci dulu semua bahan yaitu beras, brokoli dan ikan patinnya. Brokoli dipotong kecil, ikan patin difilet kecil. Masak fillet ikan patin dan beras sampai airnya terserap, tambahkan bawang bombay yang telah dicincang. Setelah mendidih, masukan irisan brokoli, tunggu hingga airnya habis. Setelah itu tim campuran nasi tadi selama 30 menit. Jadilah nasi tim brokoli.

  1. Bubur jagung

Selain sumber karbohidrat yang baik buat tubuh, jagung juga mempunyai kandungan zat besi yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Salah satu menu kreasi jagung adalah bubur jagung. Sebelum mebuat, pilihlah jagung manis yang masih muda karena kandungan lebih banyak. Caranya, kukus atau rebus jagung. Kemudian serut dan blander jagung tapi jangan sampai terlalu lembut. Masak di panci dengan menambahkan susu cair, sedikit tepung. Masak hingga mengental. Hidangkan bubur jagung dengan variasi toping agar bayi tertarik.

  1. Kue susu

Bukan hal yang sulit kan moms untuk membuat kue? Anak 9 bulan yang belum tumbuh gigi sangat susah untuk makan makanan yang keras dan padat. Untuk itu moms bisa membuat kue susu yang memiliki tekstur halus dan lembut sehingga tidak perlu menguyah saja bisa. Tapi jangan asal susu ya moms, gunakan susu sapi yang baik untuk campurannya. Susu sapi mengandung kalsium yang sangat tinggi sehingga baik untuk mendorong pertumbuhan gigi. Agar lebih variatif, moms bisa memberikan perasa buah asli seperti buah berry.

  1. Jus Alpukat

Alpukat memiliki lemak tak jenuh yang tinggi sehingga jika bayi susah untuk makan nasi karena belum tumbuh gigi, jus alpukat bisa menjadi salah satu menu makanan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi yang baik. Karena alpukan memiliki sifat untuk mengenyangkan. Jadi solusi baik untuk moms saat bayi rewel.

  1. Daging merah

Daging merah adalah daging sapi yang masih segar. Daging memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan gigi dan perkembangan bayi. moms bisa saja membuat soup daging merah dengan tambahan sayuran seperti wortel dan bayam.

Ingat ya moms, bayi usia 6-12 bulan sebaiknya tidak diberikan bahan atau bumbu seperti garam, gula, dan micin karena ini bisa menghambat perkembangan organ tubuhnya. Sama halnya garam, madu juga tidak baik diberikan untuk anak dibawah 1 tahun. Sebaiknya berikan makanan yang memang melalui proses memasak sampai matang ya moms…