Ini Dia Perbedaan Tipe Berbelanja Mama Papa Milenial

Sebagai remaja yang beranjak menjadi orang tua milenial tentunya memiliki gaya tersendiri untuk mendidik dan mengurus keluarganya. Ini akan lebih mengikuti jaman dan modern dibandingkan dengan orang tua terdahulu. Tidak hanya dalam hal pendidikan dan gaya hidup, gaya belanja orang tua milenial pun juga berbeda. Tapi jika dibandingkan dengan model belanja sekarang dan dulu akan jauh lebih mudah pada jaman milenial sekarang ini. Ya,,, canggihnya teknologi seperti smartphone sangat membantu keluarga milenial dalam mengurus keluarga termasuk juga dalam urusan belanja kebutuhan rumah tangga, anak sampai kebutuhan mereka sendiri.

Yang menjadi sorotan, tentunya tentang gaya belanja papa mama milenial. Memang sama-sama menggunakan bantuan smartphone untuk belanja, tapi kegunaan smartphone itu tentunya beda antara mama dan papa. Sebuah penelitian yang dilakukan Retale menujukan bahwa papa mama milenial menghabiskan waktu dengan smartphone untuk membantunya belanja. Sekitar 85% orang tua milenial menggunakan smartphone mereka untuk belanja online.

Sebagai gambaran mengenai perbedaan gaya belanja papa mama milenial,simak penjelasan dari kami ini moms.

  1. Gaya dalam membeli barang

Semakin dewasa seseorang semakin banyak dan komplek pula barang yang dibutuhkan, apalagi jika sudah berumah tangga dan punya anak. Tidak hanya kebutuhan dirinya sendiri tapi juga kebutuhan rumah dan anak yang harus dipenuhi. Disini terkadang terjadi konflik antara mama dan papa milenial dalam membeli barang kebutuhan rumah atau anak. Tentunya, karena tiap orang memiliki pandangannya masing-masing dalam memilih barang. Ini nih, yang bisa dilihat secara nyata perbedaan mama papa milenial dalam membeli barang. Bagi mama milenial, urusan uang dan harga adalah nomor satu dalam pemilihan, karena mama tahu kebutuhannya tidak terhenti hanya untuk membeli satu dua barang saja. Ingat Pa, keuangan rumah tangga terletak pada mama, jadi bagaimana caranya mama harus mengurus keuangan keluarga agar kebutuhan tercukupi. Disinilah naluri wanita muncul, mama milenial akan lebih senang membeli barang berdiskon. Sebanyak 66% mama milenial menjadikan diskon atau penawaran menarik menjadi poin penting saat membeli barang.

Berbeda dengan mama, papa lebih realistis dalam berfikir. Papa akan cenderung mencari review barang-barang terlebih yang akan ia beli dulu tentang kualitas barang, membandingkan harganya pada toko A dan B. Barulah nanti memutuskan untuk membeli yang mana. Jadi papa memerlukan waktu lebih untuk membeli sebuah barang.

  1. Pemanfaatan smartphone dalam membali barang

Sama-sama untuk membeli barang, jika mama milenial menggunakan smartphon untuk mencari toko-toko online yang memberikan penawaran dan diskon menarik, membandingkannya, baru membeli barang dengan diskon terbesar dengan barang yang sama. Kalau papa lebih untuk melihat komentar dari orang yang sudah membelinya terkait review barangnya, baru menentukan akan membeli yang mana. Jadi papa milenial menggunakan smartphone untuk riset barang yang akan dibeli, menemukan toko yang cocok dan menentukan prioritas barang mana yang akan ia beli dulu.

Walaupun berbeda dalam gaya belanja yang terpenting adalah memiliki visi misi yang sama dalam mendidik anak. Ini merupakan tugas dan kewajibannya sebagai orang tua untuk mendidik dan membesarkan anak dengan baik dalam semua hal. Tetaplah menjadi mama papa milenial yang cerdas dan peka ketika membeli barang seiring dengan perkembangan ekonomi dan banyaknya kebutuhan keluarga. Tetap sesuaikan dengan budget tapi tak mengurangi dari segi manfaat dan kualitas barang yang akan dibeli.