Hal Wajar pada Bayi Baru Lahir, Moms Tak Perlu Khawatir

Doodle.co.id – Hal wajar pada bayi baru lahir biasanya dianggap aneh bagi sebagian orang tua. Seperti mengapa bayi baru lahir berkepala lancip, berjerawat, memiliki kulit yang kering dan nafsu makan yang tiada habisnya. Namun, hal-hal seperti itu tidak perlu dikhawatirkan ya, Moms. Kabar baiknya, hal-hal tersebut hanyalah beberapa kebiasaan bayi newborn yang tidak akan memengaruhi kondisi bayi.

hal wajar pada bayi baru lahir
hal wajar pada bayi baru lahir / Rene Asmussen

Hal-hal Aneh pada Bayi Newborn

Berikut hal-hal mengejutkan tentang bayi baru lahir yang berhasil dirangkum Doodle melalui Parents.com.

  • Kepala Mereka Mungkin Terlihat Aneh

Pada awalnya, kepala bayi akan terlihat aneh karena berbentuk kerucut, hal ini dikarenakan ia menghabiskan waktu berjam-jam terjepit di panggul ibu. Bukaan di tengkorak memungkinkannya membentuk sesuai dengan jalan ia dilahirkan.

Menurut dokter Anne Hansen, M. D., ahli neonatologi di Rumah Sakit Anak Boston dan asisten profesor pediatri di Harvard Medical School mengatakan, hal itu untuk melindungi bayi dari patah tulang tengkorak atau cedera otak selama persalinan pervaginam.

Selain itu, ketidaksempurnaan dapat menyebabkan cacat sementara pada kepala bayi, seperti hidung tergelincir, lubang hidung yang mungkin sedikit terjepit, hingga cairan yang menumpuk di bawah kulit dan membuat mata terlihat bengkak.

Bahkan ada beberapa bayi yang mungkin mengalami memar ringan di wajah dan kulit kepala, apabila penyedia layanan kesehatan menggunakan tang atau alat pengekstrak vakum selama persalinan.

Moms harus bersabar apabila bayi masih mengalami benjolan dan memar, ini adalah proses yang akan segera sembuh.

  • Bayi Mungkin Gelisah

Gemetar adalah reaksi umum yang terjadi pada bayi, ini karena mereka menghabiskan waktu berbulan-bulan meringkuk di dalam kantung berisi air di dalam rahim yang nyaman. Bayi akan memiliki banyak ruang untuk bergerak, tanpa batasan saat mereka dilahirkan di dunia.

Maka dari itu, lambaian kecilnya mungkin menjadi ayunan lebar yang tersentak-sentak, karena bayi belum tahu cara untuk mengendalikan tubuh mereka setelah dilahirkan. Bayi newborn juga memiliki refleks Moro atau terkejut, yakni saat bayi merasa terjatuh atau kaget, ia akan menarik kepalanya ke belakang dan memasukkan kembali lengannya ke dalam. Moms tak perlu khawatir karena refleks ini akan hilang sekitar 3 bulan.

Tidak hanya itu, sistem saraf yang masih berkembang mengirimkan impuls listrik ke otot lebih dari yang diperlukan, dan membuat dayu serta kaki bayi gemetar. Guncangan akan cenderung berkurang saat ia memasuki minggu pertama, karena segala sesuatunya mulai terorganisir.

  • Bayi Newborn Selalu Lapar

Jika Moms merasa selalu memberi ASI kepada Si Kecil sepanjang waktu di minggu-minggu pertama melahirkan, ini adalah hal yang wajar karena bayi baru lahir akan makan lebih banyak.

Ini adalah cara alami untuk meningkatkan pasokan susu dari ibu untuk memenuhi nafsu makan bayi newborn. Bayi yang menerima ASI cenderung makan lebih sering lantaran ASI lebih cepat diserap sempurna dan mudah dicerna daripada susu formula.

Bayi baru lahir yang selalu lapar memiliki alasan tersendiri karena mereka akan melipatgandakan berat lahirnya dalam enam bulan. Hal ini tentu membutuhkan asupan kalori yang cukup besar, biasanya terjadi antara usia bayi 4 dan 6 minggu.

Namun, Moms juga harus memahami isyarat bayi yang benar-benar lapar atau hany6a ingin kedekatan dengan orang tua. Menurut OB-GYN Glade Curtis, M.D, cobalah untuk memegang dan membedong bayi untuk mengetahui hal itu dapat menenangkannya atau tidak.

  • Tangan dan Kaki yang Dingin

Bayi yang baru lahir memiliki ekstremitas cenderung dingin, rasakanlah tubuh bayi sebelum membedongnya dengan selimut.

Apabila bayi berwarna hangat dan merah muda, kemungkinan ia tidak kedinginan. Adanya sistem perederan darah yang masih berkembang, membuat darah lebih sering mengalir ke organ dan sistem vital yang paling membutuhkannya.

Sehingga, tangan dan kaki bayi cenderung dingin dan terlihat pucat karena mendapat suplai darah yang baik pada proses terakhir.

Butuh 3 bulan untuk bayi agar sirkulasi dapat beradaptasi sesungguhnya dengan kehidupan di luar rahim. Namun, ini akan membaik seiring bayi menjadi lebih aktif.

  • Ada Darah di Popok Bayi

Apabila mendapati sedikit noda darah pada popok bayi di minggu-minggu pertama newborn, itu dikarenakan hormon ibu yang sama yang membuat adanya pembengkakan testis dan labia. Ini berpengaruh terhadap keputihan berdarah yang terkadang dialami bayi baru lahir.

Menurut Dr. Curtis, menstruasi mini tersebut umumnya berlangsung hanya beberapa hari saja, terkadang noda yang tampak seperti darah merupakan urin pekat dan terlihat cukup gelap di lipatan popok.

Akan tetapi, apabila Moms mendapati hal yang tidak biasa misalnya bercak darah merah, segera periksakan ke dokter karena memerlukan perhatian medis.

  • Terdapat Lepuh di Bibir Bayi

Lepuhan yang timbul di bibir bayi terjadi karena menghisap botol atau payudara ibu secara berlebihan. Terkadang, lepuhan ini muncul saat lahir karena bayi menghisap jempol saat berada di dalam rahim.

Pertumbuhan kulit secara berlebihan juga berpengaruh pada bibir sehingga membuatnya kaku. Namun ini akan hilang pada beberapa bulan, atau bahkan dapat datang dan pergi seiring berjalannya waktu.

  • Kotoran yang Terlihat Seperti Diare

Bayi newborn mempunyai feses yang berwarna kuning mustard, cair dan tidak berbentuk. Bayi yang diberi susu formula cenderung memiliki feses yang lebih padat dan kecoklatan, bertekstur seperti es krim lembut. Biasanya akan sulit untuk membedakan apakah bayi mengalami diare atau hanya feses biasa.

  • Kulit yang Terkelupas

Kulit bayi akan terlindungi dengan baik saat berada di cairan ketuban oleh lingkungan berair atau vernix yaitu lapisan bahan lilin berwarna putih. Akan tetapi, saat bayi terkena udara vernix akan terhapus yang mengakibatkan lapisan atasa kulit mengering dan mulai mengelupas.

Moms, hindari mengelupas kulit bayi walaupun serpihannya, ini mungkin akan menghilangkan kulit yang belum siap untuk dikelupas. Pengelupasan berlangsung umumnya 1 sampai 2 minggu tanpa memerlukan pelembab.

 

 

Sumber

https://www.parents.com/baby/care/newborn/12-things-no-one-ever-tells-you-about-babies/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie