Doodle Exclusive Telon Oil, Minyak Telon untuk Mengatasi Flu

Doodle.co.id – Minyak telon untuk flu mungkin menjadi salah satu solusi saat Moms atau Si Kecil mengalami hidung tersumbat. Penyakit virus seperti flu memang kerap membuat repot ya Moms. Bahkan, jika flu berlangsung lama ini mungkin mengindikasikan kondisi kesehatan yang mendasarinya termasuk alergi dan pembesaran kelenjar gondok. Hidung tersumbat juga sering menjadi gejala dari berbagai masalah kesehatan seperti infeksi sinus. Meski hidung tersumbat tidak hanya karena sinus dan flu biasa, jika berlangsung dalam jangka panjang Moms perlu memeriksakan diri ke dokter. Beberapa tanda hidung tersumbat antara lain sebagai berikut.

minyak telon untuk flu
Minyak Telon Doodle, minyak telon untuk flu

Tanda-tanda hidung tersumbat

  • Hidung tersumbat atau berair
  • Nyeri sinus
  • Adanya penumpukan lendir
  • Jaringan hidung bengkak

Penyebab hidung tersumbat

Hidung tersumbat bisa dikarenakan beberapa hal misalnya pilek, flu dan infeksi sinus. Gejala ini biasanya akan membaik dalam kurun waktu 1-2 minggu. Jika lebih dari 10-14 hari mungkin ini merupakan gejala dari masalah kesehatan lainnya seperti:

  • Alergi
  • Demam alergi karena serbuk bunga
  • Adanya pertumbuhan non-kanker yang disebut polip hidung atau tumor jinak di saluran hidung
  • Tumor sinonasal, meski kasus ini jarang terjadi
  • Adanya paparan bahan kimia
  • Iritasi lingkungan
  • Infeksi sinus jangka panjang (sinusitis kronis varian anatomi seperti septum yang menyimpang, hipertrofi turbinat inferior atau concha bulosa)
  • Kelenjar gondok membesar
  • Adanya refluks gastroesofagel, terlebih pada bayi
  • Kehamilan, biasanya di trimester pertama karena fluktuasi hormonal dan meningkatnya suplai darah membuat hidung tersumbat

Perubahan tersebut kemudian mempengaruhi selaput hidung dan kemudian menyebabkan meradang, kering hingga berdarah.

Cara mengatasi

Topang dengan bantal

Menopang kepala di atas bantal membantu mendorong keluarnya lendir dari saluran hidung.

Gunakan larutan garam atau aspirator

Menyemprotkan semprotan garam yang aman bagi segala usia juga bisa mengatasi hidung tersumbat. Namun, apabila dilakukan pada bayi mungkin lebih baik menggunakan alat hidung atau aspirator, tergantung pada seberapa baik larutan garam mengalir hingga keluar saluran hidung. Biasanya aspirator ini digunakan untuk mengeluarkan sisa lendir dari hidung Si Kecil.

Humidifier

Moms bisa memasang humidifier atau alat pelembab udara di ruangan, ini agar udara tidak kering sehingga mampu meredakan flu dan hidung tersumbat.

Pengobatan

Biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan untuk hidung tersumbat seperti antihistamin oral untuk mengobati alergi termasuk loratadine (Claritin) dan cetirizine (Zyrtec). Semprotan hidung mengandung antihistamin seperti azelastine (Astelin, Astepro), steroid hidung budesonide (Rhinocort), fluticasone (Flonase) hingga triamcinolone (Nasacort). Dokter juga akan memberikan antibiotik dan dekongestan yang dijual bebas atau dengan resep dokter seperti obat tetes dan tablet.

Namun untuk semprotan hidung perlu digaris bawahi bahwa semprotan dekongestan tertentu seperti Afrin tidak boleh digunakan secara berlebihan atau 3 hari berturut-turut. Ini bisa menyebabkan hidung tersumbat kambuh atau bahkan semakin memburuk.

Apabila Moms mempunyai polip hidung di saluran hidung atau sinus yang menghalangi keluarnya lendir, mungkin dokter akan meresepkan steroid oral, obat alergi, obat kumur steroid atau obat biologis guna meringankan gejala. Dokter juga bisa menyarankan pembedahan untuk menghilangkannya, dalam beberapa kasus. Jika terjadi lebih dari 3 hari disertai lendir berwarna hijau dan nyeri sinus serta demam, Moms harus segera konsultasikan ke dokter.

Tidak hanya pada orang dewasa, hidung tersumbat karena flu memang membuat bayi dan anak-anak kesulitan menjalani aktivitasnya. Jika Si Kecil mengalami permasalahan ini, atau merasakan gejala lain seperti batuk terus menerus, demam dan masalah pernapasan segera hubungi dokter. Terutama jika bayi Moms berusia 3 bulan.

Minyak Telon untuk Flu

Menggunakan minyak telon untuk flu atau saat hidung tersumbat sudah menjadi rahasia umum Moms. Di Indonesia penggunaan minyak telon tidak hanya sebagai minyak yang menghangatkan tubuh bayi, namun bisa untuk berbagai keluhan termasuk hidung tersumbat. Doodle Exclusive Baby Care hadir dengan inovasi minyak telon yang aman untuk bayi bahkan newborn. Doodle Exclusive Telon Oil merupakan minyak telon plus yang mempunyai formulasi terbaru dan berbeda dari minyak telon lainnya. Oleskan Minyak Telon Doodle di tubuh seperti leher, perut, atau punggung untuk menghangatkan badan. Moms juga bisa menghirup aromanya untuk mengatasi hidung tersumbat.

Minyak Telon Doodle mengandung berbagai bahan yang 100% alami sepertyi Oleum Cocos, Oleum Cajuputi, Oleum Anisi, dan Oleum Sweet Green Tea. Memiliki aroma wangi green tea yang menyegarkan dan lembut, ini tentu membantu meredakan hidung tersumbat karena flu. Selain itu, Minyak Telon Doodle mampu menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk atau serangga. Selain tidak pedih di mata, Minyak Telon Doodle juga bisa meredakan gejala masuk angin seperti kembung.

Minyak Telon Doodle tersedia dalam 2 kemasan yakni Real Size 100 ml dan kemasan Ekonomis 60 ml. Selain itu, Minyak Telon Doodle juga tersedia dalam kemasan Travel Size 10 ml dalam bentuk Roll On, kemasannya imut, simple masuk kantong, dan mudah dibawa kemana-mana.

 

 

Sumber
healthline.com/health/nasal-congestion#outlook

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie