Cara Pijat Bayi Prematur, Berikut Langkah-langkahnya

Doodle.co.id – Pijat bayi memang bukan hal yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Kegiatan pijat bayi ini adalah stimulasi yang bagus yang melibatkan semua panca indra si kecil. Pijat bayi ini bukan hanya menunjang tumbuh kembang si kecil namun juga bisa menjadi cara yang pas untuk meningkatkan ikatan batin ibu dan anak. Perlu digarisbawahi, sebelum memijat bayi maka pastikan menunggu kondisi bayi sudah sehat. Selain itu perlu diingatkan, Moms berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter tentang bagaimana cara pijat bayi prematur utnuk mendapatkan manfaat yang optimal ya Moms.

cara pijat bayi prematur
Cara pijat bayi prematur / Image Petro Melnychenko

Manfaat Pijat Bayi Prematur

  • Memijat bayi prematur ini bisa membantu tumbuh kembang otak lebih baik untuk Si Kecil.
  • Manfaat selanjutnya adalah bisa mengembangkan emosi anak menjadi lebih baik. Memijat bayi prematur ini juga menurunkan risiko masalah otak juga bisa mengurangi rewel dan stres.
  • Meningkatkan kualitas tidur, dan membantu detak jantung lebih stabil.
  • Manfaat pijat bayi prematur lainnya yaitu memudahkan proses menyusui.

Pijat Bayi Prematur

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter

Pijat bayi biasanya dilakukan saat bayi sudah cukup usianya dan dalam kondisi fisiknya sehat. Berbagai manfaat yang bisa menguntungkan dari kegiatan ini adalah memijat bayi mulai dari melancarkan fase menyusui, meningkatkan berat badan bayi juga membantu si kecil tidur lebih nyenyak. Khususnya pada bayi prematur, pijatan ini membantu si anak untuk lebih stabil dan mempercepat masa pemulihan di rumah sakit.

Pada dasarnya bayi baru lahir dengan usia cukup kondisinya masih kurang stabil, terlebih bayi prematur. Maka dari itu, apabila Moms mempunyai bayi prematur dan ingin memijatnya, lebih baik aktivitas tersebut dilakukan usai berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Hal ini mengingat kondisi bayi prematur yang berbeda dari bayi sehat. Bayi prematur umumnya memiliki berat badan di bawah 2.500 gram. Kondisi ini membuat keadaanya cenderung tidak stabil dan mudah terkena infeksi. Maka Moms baiknya memastikan kondisi si kecil stabil sebelum melakukan pijatan.

Gunakan metode Kangaroo mother care

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit St. Carolus Jakarta Pusat, dr. Utami Roesli, SpA, CIMI, IBCLC, FABM, menjelaskan soal cara memijat bayi prematur, lengkap dengan hal yang sebaiknya diperhatikan. Berdasarkan keterangan dr. Utami Roesli, boleh saja memijat bayi lahir prematur. Yaitu dengan metode Kangaroo mother care atau perawatan metode kanguru. Untuk pengetahuan, metode ini sangat populer di seluruh dunia lantaran efektif meningkatkan kualitas tidur, menaikkan berat badan bayi, juga mengurangi infeksi dan masalah pernapasan yang rentan menjangkiti bayi prematur.

Dokter Utami Roesli mengungkapkan, pijat bayi pada dasarnya skin to skin contact. Juga tidak ada hubungannya dengan tulang dan otot murni kontak kulit antara orangtua dan bayi. Meletakkan bayi prematur di dada Moms atau menggunakan metode kanguru bahkan lebih berguna daripada bayi yang sehat dan cukup usia. Tetapi, memang cara memijat bayi prematur ini tak bisa dilakukan secara sembarangan. Dokter Utami Roesli, menjelaskan, yakni dengan mulai memegang sebagai tahapan pertama. Kemudian apabila kondisinya sudah stabil maka bayi bisa diletakkan di dada sang Ibu. Jadi memang ada teknik khusus bagi bayi prematur dan sebaiknya dilakukan oleh ahli yang sudah berpengalaman.

ASI ekslusif mampu menekan risiko bayi prematur

Pentingnya pemberian ASI eksklusif, kata dr Utami Roesli, yang berperan menekan risiko bayi prematur terjangkit NEC (Necrotizing enterocolitis), yakni penyakit bayi prematur yang sangat mematikan. Sebagai informasi, Touch adalah stimulasi sentuhan yang memang sudah lama dikenal banyak budaya di dunia termasuk di dalamnya pijatan pada bayi. Tiffany Field bersama tim nya mendokumentasikan manfaat metode touch ini kw 40 bayi prematur. Mereka menemukan bayi prematur yang memperoleh pijatan rutin mengalami kenaikan berat badan rata-rata 47 persen lebih besar. Bukan hanya itu saja, hal tersebut juga lebih aktif, responsif dan cepat pulih. Kembali dr Roesli Utami menegaskan soal peran vital pijat bayi yang bisa meningkatkan kualitas ASI lebih baik. Perlu diingat pijat bayi yang dikombinasikan dengan laktasi yang baik akan lebih berhasil mendukung kualitas hidup anak.

Pijat Bayi Menggunakan Minyak Telon Doodle

Berbagai jenis minyak atau lotion digunakan untuk pijat bayi, Moms tentu bisa menggunakan minyak telon untuk mempermudah Moms saat memijat Si Kecil. Minyak Telon Doodle bisa menjadi pilihan Moms. Minyak Telon Doodle mampu menghangatkan dan memberikan rasa nyaman pada bayi. Selain itu, telon satu ini bisa membantu meredakan gejala masuk angin seperti kembung, dan menghindari bayi dari gigitan nyamuk serta serangga. Adapun, wangi dari kandungan green tea essensial oil di dalam Minyak Telon Doodle mampu memberikan aroma yang menenangkan dan membuat rileks. Sesi pijat bersama Si Kecil pun akan jauh lebih menyenangkan dengan Minyak Telon Doodle.

 

 

Sumber

id.theasianparent.com/ cara-memijat-bayi-prematur

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie