Cara Melatih Bayi Tengkurap

Cara Melatih Bayi Tengkurap

Sebagai orang tua, tentu saja kita sangat menantikan sekali tumbuh kembang buah hati. Apalagi kalau usianya masih dibawah lima tahun. Karena usia dibawah lima tahun merupakan usia emas, dan menjadi salah satu usia yang sangat penting sekali bagi anak-anak. Sehingga yang namanya tumbuh kembang anak ini menjadi salah satu hal yang sangat penting sekali menyita perhatian bagi para orang tua. Salah satu perkembangan bayi yang pastinya sangat dinantikan oleh para orang tua adalah saat bayi mereka belajar tengkurap. Saat anak anda sudah bisa belajar tengkurap, pasti menjadi suatu moment yang sangat membanggakan dan membuat anda senang. Sebab hal tersebut menandakan kalau perkembangan buah hati anda tumbuh dengan baik. Biasanya bayi akan mulai belajar untuk tengkurap ketika usia mereka sudah memasuki 3 bulan hingga 4 bulan. Saat di usia tersebut bayi akan mulai belajar untuk membalikkan tubuhnya dan juga tiarap.

Akan tetapi biasanya perkembangan bayi memang tidak sama, alias berbeda-beda. Ada yang bisa dengan cepat untuk belajar tengkurap, namun ada juga yang lambat saat mereka belajar tengkurap. Kalau bayi usia 5 bulan masih belajar tengkurap, masih tergolong wajar, akan tetapi jika usianya diatas 8 bulan namun masih belum bisa tengkurap, hal tersebut tentu saja harus benar-benar mendapatkan perhatian khusus oleh orang tua. Sebab hal tersebut menandakan kalau buah hati anda mengalami keterlambatan tengkurap. Anda juga harus mencari tau bagaiamana cara melatih bayi tengkurap. Sebenarnya bayi terlambat tengkurap sendiri ada berbagai macam faktor. Berikut ini merupakan beberapa dari penyebab bayi lambat tengkurap, diantaranya yaitu :

  • Mengalami masalah dengan berat badan

    Hal pertama yang bisa menjadi salah satu faktor bayi terlambat tengkurap adalah karena masalah dengan berat badannnya. Seperti mengalami masalah dengan berat badan berlebih. Atau justru bayi tersebut mengalami masalah dengan kurang berat bdan, sehingga tidak kuat menopang tubuhnya ketika sedang belajar tengkurap. Umumnya bayi perempuan yang berusia 3 hingga bylan memiliki berat badan yang normal sekitar 4 kg hingga 7.5 kg, sedangkan untuk bayi laki-laki memiliki berat badan sekitar 5kg hingga 8 kg. Jadi kalau bayi anda memiliki masalah dengan berat badan, bisa saja menjadi salah satu pemicu sulitnya untuk belajar tengkurap. Oleh karena itu tetap jaga berat badan bayi anda supaya tetap ideal.

  • Seringkali di gendong

    Kemudian bayi yang seringkali di gendong pun ternyata menjadi salah satu penyebab bayi lambat tengkurap. Sebaiknya bayi anda jangan terlalu sering di gendong, karena bisa membuat lambat tengkurap. Anda bisa menggendongnya sekali-kali saja.

  • Mengalami perkebangan motorik yang lambat

    Saat bayi masih bayi ada 2 jenis perkembangan motoriknya, yaitu perkembangan motorik bayi kasar dan juga perkembangan motorik bayi halus. Contoh dari perkembangan motorik bayi yang kasar diantaranya seperti duduk merangkak, tengkurap dan yang lainnya. Oleh karena itu, jika bayi anda sudah memasuki usia lebih dari 6 bulan namun belum bisa tengkurap, hal tersebut bisa saja menandakan kalau perkembangan motoriknya mengalami keterlambatan.

  • Kurang stimuli

    Penyebab selanjutnya bayi terlambat belajar tengkurap adalah karena kurangnya stimuli. Salah satu cara melatih bayi tengkurap adalah denngan melakukan stimuli, seperti anda memberikan contoh gerakan berguling dan yang lainnya. Supaya bisa merangsang bayi agar bisa cepat untuk belajar tengkurap.

  • Kurangnya komunikasi

    Komunikasi memang sangat penting sekali dilakukan dengan buah hati kita. Karena kalau sampai anda kurang komunikasi dengan buah hati bisa menyebabkan bayi menjadi lambat untuk belajar. Anda bisa mencoba untuk mengajak berbicara buah hati ada. Sebab dengan melakukan komunikasi otak bayi akan menjadi lebih akitiv.

  • Masalah perkembangan kogniftif yang mengalami keterlambatan

    Kemudian perkembangan kogniftif yang mengalami keterlambatan pun ternyata bisa juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan bayi menjadi terlambat juga untuk tengkurap. Memang ada banyak hal yang menyebabkan terlambatnya perkembangan kognitif ini, seperti kurang komunikasi, kurang stimuli dan yanng lainnya. Akan tetapi kalau anda sudah memberikan stimuli, namun bayi anda masih juga kurang meresponnya, maka yang terjadi bisa 2 kemungkinan. Bisa karena anak anda perkembangan kognitifnya lemah, atau justru malah malas.

Pastinya anda tidak ingin kalau anak anda mengalami keterlambatan tumbuh kembangnya. Seperti terlambat untuk tengkurap. Oleh karena itu anda bisa menyimak beberapa tips atau cara melatih bayi tengkurap yang akan kami bagikan dibawah ini, diantaranya yaitu :

  1. Jangan sering menggendong bayi anda. Sebaiknya anda letakkan saja di atas kasur atau bok bayi. Supaya bayi anda bisa melakukan aktivitas sendiri. Anda bisa menggendongnya jika bayi menangis atau saat lapar dan ingin menyusui.
  2. Cobalah latih bayi anda dengan memiringkan badannya, yaitu dengan cara mengapit tubuhnya dengan menggunakan bantal dan juga guling. Lakukan sekitar 5 hingga 10 menit.
  3. Cara melatih bayi tengkurap yang selanjutnya yaitu dengan memberikan stimulasi atau mengajaknya berkomunikasi. Hal ini bisa membantu untuk meningkatkan perkembangan kognitif buah hati anda. Anda bisa memberikan contoh cara berguling di depan bayi anda. Supaya hal tersebut merangsang otaknya untuk mencoba melakukan apa yang sudah anda praktekkan.
  4. Saat sedang menyusui si kecil anda bisa mencoba untuk berganti posisi. Selain supaya si kecil menjadi lebih nyaman, dengan sering mengganti posisi ini ternyata bisa membantu untuk melatih bayi dalam menjaga keseimbangannya.
  5. Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan benda atau mainan yang bisa menarik hatinya. Pilihlah mainan yang lucu dan memiliki warna cerah di depannya. Supaya bayi anda bisa meraih dan menarik perhatiannya. Jangan lupa untuk letakkan dalam posisi yang aman dan juga nyaman.
  6. Jika bayi di letatkan diatas kasur, sebaiknya anda pilih kasur yang tidak bergelombang dan spreainya tidak kendor.

Anda bisa mencoba beberapa tips atau cara melatih bayi tengkurap yang sudah kami bagikan diatas. Karena yang pastinya dukungan orang tua pun menjadi salah satu hal yang sangat di butuhkan untuk perkembangan bayi anda. Selain itu perhatikan juga apakah bayi anda memang benar-benar mengalami yang namanya keterlambatan dalam tumbuh kembangnya. Kalau sudah mengalami keterlambatan sebaiknya anda segera membawanya ke dokter anak saja. Supaya bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab jika anda tidak segera membawanya tentunya akan sangat berbahaya sekali.

Berbagai macam info atau ulasan yang sudah kami bagikan, baik mengenai penyebab bayi terlambat tengkurap dan juga cara melatih bayi tengkurap, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya. Terutama bagi para ibu yang memang baru saja di karunia seorang bayi. Selamat mencoba, dan semoga berhasil di terapkan pada bayi anda, supaya bisa cepat belajar tengkurap.