Begini Cara Cek Kehamilan Paling Akurat di Rumah

Doodle.co.id – Mungkin masih banyak orangtua yang bingung tentang bagaimana cara melakukan tes kehamilan yang paling akurat di rumah. Untuk diketahui, melakukan tes kehamilan di rumah ini mungkin menjadi cara termudah untuk mengetahui Mom sedang hamil. Tes kehamilan ini bia 99 persen akurat jika dilakukan dengan benar. Ditambah lagi dengan harganya yang ramah di kantong dan bisa didapatlan di toko obat atau apotek.

cara cek kehamilan paling akurat
Cara cek kehamilan paling akurat di rumah / Image RDNE Stock project

Tes Kehamilan Mendeteksi hCG

Sebagai informasi, tes kehamilan di rumah ini mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan. Serta ini bisa ditemukan dalam urin usai sel telur yang sudah dibuahi tertanam di lapisan rahim sekitar 6 sampai 12 hari usai pembuahan. Tubuh orang hamil menghasilkan peningkatan jumlah hCG seiring dengan perkembangan kehamilan ya Moms. Dengan adanya hCG ini hasil tes kehamilan positif, sebaliknya jika kekurangan hCG maka hasilnya akan negatif. Tapi Moms bisa memperoleh hasil negatif palsu apabila melakukan tes terlalu cepat, ini bisa terjadi apabila kadar hCG belum cukup meningkat untuk terdeteksi oleh tes yang dilakukan Moms.

Tes di Rumah Apakah Akurat?

Tes kehamilan di rumah sekitar 99 persen akurat jika Moms bisa melakukannya dengan benar dan dipraktekkan pada atau setelah hari perkiraan haid. Tapi seperti yang dijelaskan di atas, Moms mungkin akan mendapatkan hasil negatif jika melakukan tes terlalu dini padahal sebenarnya Moms sedang hamil. Atau juga bisa dikarenakan Moms tidak mengikuti petunjuk yang diberikan dengan benar.

Ada kemungkinan untuk mendapatkan hasil negatif palsu (ketika Anda benar-benar hamil tetapi hasil tes menyatakan Anda tidak hamil). Penyebab paling umum adalah mengikuti tes terlalu dini, namun bisa juga terjadi jika Anda tidak mengikuti petunjuk.

Kapan Waktunya Tes Kehamilan?

Marra Francis, MD, dokter kandungan dan ginekologi bersertifikat menyarankan Moms apabila terlambat haid dan tak kunjung menstruasi setelah beberapa hari. Lalu ulangi tes atau periksakan ke dokter ya Moms. Waktu haid atau menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh penyakit, berat badan rendah atau berlebih, pengobatan tertentu, olahraga berlebihan, kontrasepsi hormonal, atau stres.

Hal yang lebih jarang terjadi adalah hasil positif palsu. Di mana Moms tidak hami tetapi hasil tes menunjukkan Moms hamil. Walaupun hasil positif palsu ini biasanya dialami oleh orang yang memakai obat kesuburan, ini pun bisa disebabkan oleh tes kehamilan yang sudah kadaluwarsa, kegugura atau aborsi yang baru saja terjadi, keguguran segera usai implantasi, atau tumor ovarium.

Bahkan lebih jarang lagi, hasil positif palsu mungkin saja diperoleh (Anda tidak hamil tetapi hasil tes menyatakan Anda hamil). Meskipun hasil positif palsu umumnya terjadi pada orang yang memakai obat kesuburan, hal ini juga dapat disebabkan oleh tes kehamilan yang sudah kadaluwarsa, keguguran atau aborsi yang baru saja terjadi, keguguran segera setelah implantasi ( kehamilan kimiawi ), atau tumor ovarium.

Cara Cek Kehamilan Paling Akurat

Namun Moms bisa melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan keakuratan tes kehamilan. Seperti Moms bisa mengecekk tanggal kadaluwarsa tes kehamilan sebelum memakainya, lalu Moms juga bisa melakukan tes terlebih dahulu di pagi hari seperti yang disarankan oleh banyak dokter. Hal ini lantaran konsentrasi hCG dalam urin umumnya paling tinggi pada waktu tersebut lo Moms.

Kemudian Moms juga harus perhatikan bahwa menggunakannya tidak tepat dan paparan sinar matahari pun bisa menjadi penyebab hasil tidak akurat. Maka Moms harus selalu menggunakan tes kehamilan sesuai petunjuk. Moms juga perlu untuk membaca hasil tes dalam jangka waktu yang disarankan ya.

Selain itu Moms juga harus tahu untuk tidak boleh menenggak cairan sebelum melakukan tes kehamilan ini. Menenggak cairan bisa mengencerkan kadar hCG dalam urin dan menyebabkan hasil negatif palsu.

 

 

Sumber

 

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie