Bantu Kontraksi, Simak Manfaat dan Cara Pijat Induksi Persalinan

Doodle.co.id – Pijatan diketahui dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan mental dan emosional, fisik, hingga membantu induksi persalinan. Saat hamil, pijatan dapat mengatasi masalah nyeri sendi, membuat rileks pikiran dan fisik, mengurangi stress, membantu menjaga kesehatan kehamilan dan memberikan energi baru. Pijat induksi persalinan sendiri merupakan jenis terapi pijat yang berfokus pada titik akupresur, titik ini ada di punggung sampai tungkai, telapak kaki dan tangan untuk menginduksi kontraksi rahim. Pijat tersebut dapat dilakukan saat ibu hamil mencapai tingkat kehamilan cukup bulan atau mendekati persalinan, pijat ini membantu transisi alami menuju melahirkan. Selain itu, pijat induksi persalinan digunakan guna mendorong persalinan pada ibu hamil baik yang terlambat atau mengalami masalah persalinan.

pijat induksi persalinan
Manfaat pijat induksi persalinan / Image Anete Lusina

Meski tidak ada jaminan bahwa pijat induksi mampu menginduksi persalinan, namun pijatan ini terbukti memberikan rasa rileks bagi para ibu hamil yang menderita stress, kelelahan atau kecemasan. Pijat induksi disebut aman bagi ibu hamil yang telah melewati tanggal persalinan yang sudah diprediksi sebelumnya, atau mereka yang mengalami masalah persalinan. Pijat ini dapat dilakukan di rumah, akan tetapi Moms perlu mendapat terapis yang telah memiliki pelatihan atau bimbingan yang terkualifikasi.

Pijat induksi persalinan ini hanya dilakukan dengan tekanan lembut Moms. Hindari area tubuh tertentu termasuk pergelangan kaki, selaput ibu jari dan jari telunjuk, hingga punggung bawah. Ini karena dapat merangsang kontraksi terlalu kuat dan menyebabkan cedera. Pijat ini mempunyai berbagai manfaat Moms, tetapi sebelum melakukannya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan kepercayaan Moms.

Manfaat Pijat Induksi Persalinan

  • Pijat induksi menciptakan lebih banyak ruang bagi bayi untuk turun ke panggul ibu, dengan cara membantu melepaskan area sakrum dan panggul.
  • Pijat ini juga merangsang sistem saraf parasimpatis guna merangsang proses persalinan.
  • Membantu meningkatkan hormon oksitosin alami yang berkaitan dengan persalinan dan ikatan serta membantu menurunkan hormon stress pada ibu hamil.
  • Membantu memberikan relaksasi dengan menstimulasi titik-titik penting di tubuh, sehingga tubuh dan pikiran lebih tenang.
  • Pijat induksi mampu meredakan stress dan kecemasan serta rasa lelah pada ibu hamil.

Cara Melakukan Pijat Induksi

1. Limpa 6 Titik

SP6 atau titik limpa 6 merupakan titik akupresur praktis yang terkenal untuk menginduksi persalinan. Terletak di bagian kaki dalam sekitar 4 jari atas tukang pergelangan. Titik ini dipercaya mampu mengatur siklus menstruasi dan merangsang rahim.

Moms bisa duduk atau berbaring dengan kaki disilangkan atau diluruskan. Tekan titik limpa tersebut dengan lembut dan gerakan melingkar selama 1-2 menit, ulangi prosesnya. Meski aman, namun Moms tetap harus berkonsultasi dengan dokter saat melakukan titik akupresur ini, terlebih saat memiliki kondisi medis tertentu.

2. Kandung Kemih 60

Titik kandung kemih 60 atau titik Kunlun terletak di pergelangan kaki luar sekitar pergelangan kaki dan tendon Achilles,berfungsi merangsang kontraksi dan induksi persalinan. Pijatan di titik ini saat kontraksi dipercaya mampu mengurangi intensitas nyeri. Perlu diingat, pijatan di titik ini hanya boleh dilakukan saat Moms mencapai perkiraan lahir atau telah melewatinya, karena titik tersebut tergolong kuat dan menyebabkan kontraksi berlebihan jika didorong terlalu dini.

3. Kandung Kemih 67

Dikenal dengan istilah Zhiyin, titik ini berada di kelingking kaki tepi luar kuku. Zhiyin dipercaya terhubung dengan rahim dan dapat menstimulus kontraksi serta mendorong bayi turun ke jalan lahir. Tekan lembut titik Zhiyin menggunakan ibu jari atau jari telunjuk selama 1-3 menit, istirahatkan, dan lihat apakah kontraksi mulai terjadi. Hindari tekanan berlebihan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan hingga cedera.

4. Titik Usus Besar 4

Disebut dengan hegu, titik ini berada antara ibu jari dan jari telunjung, membantu menginduksi persalinan dengan cara mendorong kontraksi rahim dan pelebaran serviks. Selain meredakan stress dan kecemasan selama persalinan, titik ini disebut mampu mengatasi masalah pencernaan, sinus, hingga sakit kepala. Berikan tekanan kuat pada ibu jari dan jari telunjuk selama beberapa menit untuk melakukan pijat di titik ini. Namun, Moms harus memasuki cukup bulan saat melakukan pijat induksi tersebut, karena berpotensi menyebabkan persalinan prematur.

5. Titik Perikardium 8

Titik ini disebut sebagai “gerbang roh”, berada di telapak tangan, di tengah lipatan pergelangan tangan. Memberi tekanan pada titik tersebut selain berfungsi merangsang kontraksi, juga bisa untuk meredakan kecemasan dan meningkatkan relaksasi. Memberikan tekanan lembut di titik perikardium 8 juga membantu mendorong produksi oksitosin dan hormon penting untuk melahirkan.

6. Titik Kandung Empedu 21

Terlletak di bagian atas bahu, sekitar pertengahan antara pangkal leher dan bagian luar tulang belikat, menekan lembut titik ini mampu merilekskan tubuh dan meredakan ketegangan.

7. Titik Perut 36

Titik ini berada di tungkai bawah, dengan meletakkan tangan di bawah tempurung lutut dan rasakan tonjolan kecil bertulang di tepi kaki luar, mampu membantu merangsang kontraksi dan mendorong persalinan. Titik tersebut sekitar 4 jari di bawah tonjolan kecil dibawah tempurung lutut, menuju bagian belakang kaki.

Untuk melakukan pijat induksi tersebut, biasanya para terapis akan menggunakan berbagai minyak pijat yang aman dan nyaman untuk tubuh seperti minyak zaitun, baby oil, minyak kayu putih, lotion, hingga minyak telon. Bagi Moms yang ingin menggunakan minyak telon sebagai minyak pijat, Moms bisa menggunakan Minyak Telon Doodle. Memberikan aroma green tea yang menenangkan, Minyak Telon Doodle mampu menghangatkan dan memberikan rasa nyaman. Tidak hanya untuk bayi, telon Doodle juga bisa digunakan untuk anak-anak dan dewasa Moms. Selain itu, Minyak Telon Doodle juga membantu meredakan gejala masuk angin seperti peut kembung, menghindari gigitan nyamuk, dan bisa sebagtai pengganti collogne karena kandungan green tea essential oil didalamnya.

 

Sumber
motherhoodcenter.com/whats-an-induction-massage/
motherhoodcenter.com/top-8-benefits-of-induction-massage/
luminamassage.com/induction-massage-2/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie