3 Cara Pijat Bayi Agar Tidur Nyenyak, Moms Bisa Lakukan di Rumah

Doodle.co.id – Tahukah Moms, jika pijat merupakan cara alami dan efektif guna meningkatkan kualitas tidur bayi dan meredakan beragam masalah yang bisa mengganggu tidurnya? Bagi sebagian orang dewasa, dipijat menjadi sebuah cara untuk melepaskan stress, membuat pikiran dan tubuh rileks, segar dan siap menuju tidur yang nyenyak. Nah Moms, hal itu juga berlaku pada bayi. Seperti halnya pijatan pada orang dewasa, pijat pada bayi juga memberi banyak efek positif untuk Si Kecil. Memasukkan rutinitas seperti pijat bayi agar tidur nyenyak di keseharian Moms, tentu membantu meningkatkan kualitas tidur sang buah hati.

pijat bayi agar tidur nyenyak
Pijat bayi agar tidur nyenyak / Image Nataliya Vaitkevich

Pijat Bayi Bantu Tidur Nyenyak

Kunci untuk tidur yang sehat dan lelap salah satunya adalah melakukan rutinitas sebelum tidur. Apabila hal itu diterapkan dengan benar, ini akan mengubah pola tidur bayi sepenuhnya dalam kurun waktu dua minggu saja. Rutinitas ini tidak hanya memberi tahu Si Kecil akan waktu tidurnya yang segera tiba, namun juga bisa membantu bayi tidur jauh lebih lama dan nyenyak. Rutinitas sebelum tidur yang dapat Moms lakukan tidak perlu rumit, cukup pijat bayi selama 20-30 menit dengan 5-6 langkah saja. Kemudian, beberapa hal yang harus disiapkan untuk rutinitas sebelum tidur yakni mandi air hangat, pijat bayi, kenakan piyama yangnyaman, makanan yang sehat, membaca buku atau menyanyikan lagu anak, hingga bersiap ke tempat tidur atau keranjang bayi.

Moms bisa mempertimbangkan untuk memasukkan pijat bayi sebagai bagian dari rutinitas tidur malam Si Kecil. Bahkan, menurut beberapa ahli, pijat telah terbukti memberikan efek tidur yang lelap dan membuat kemungkinan bayi terbangun di malam hari lebih kecil. Pijat bayi ini tidak hanya memberikan hal positif untuk bayi namun juga untuk Moms. Saat bayi tidak terbangun di tengah malam, tentu ini berpengaruh pada kualitas tidur Moms juga. Selain itu, adanya kontak fisik antara Moms dan bayi bisa meningkatkan bonding dan menurunkan hormon kortisol serta menaikkan hormon serotonin dan dopamin. Ini tentu meningkatkan suasana hati yang lebih bahagia dan mengurangi stress bagi Moms dan Si Kecil.

Manfaat Pijat Bayi

Beberapa manfaat pijat bayi selain membantu tidur bayi lebih lelap anatara lain sebagai berikut.

  • Meredakan stress bayi
  • Mengurangi tangisan baik di malam atau di siang hari
  • Meningkatan ikatan atau bonding antara ibu dan bayi
  • Meningkatkan sistem pencernaan
  • Memberikan interaksi dan keterikatan positif antara bayi dan Moms

3 Cara Pijat Bayi Agar Tidur Nyenyak

1. Pijat Refleksi Kaki

Pijat lembut pada kaki bayi menggunakan ibu jari dan ujung jari. Pijat refleksi kaki didasarkan pada teori mengenai banyaknya ujung saraf yang terdapat pada kaki, ini berhubungan dengan organ tubuh. Teknik refleksi kaki ini mampu menenangkan bayi yang rewel dan membuatnya merasa rileks, juga membantu menginduksi tidur. Pijat dari kaki ketiga dan tahan perlahan selama 6 hitungan. Lepaskan, dan putar ibu jari untuk menenangkannya.

2. Pijat Perut

Angin yang terperangkap termasuk di sekitar perut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi bayi. Berikan sentuhan lembut di perut bayi untuk mengetahui dimana letak angin yang terjebak. Sentuhan dan pijatan lembut di perut ini juga berfungsi untuk mengatasi sembelit dan mengeluarkan gas di perut.

Gunakan bantalan jari telunjuk dan jari tengah, pijat dengan membentuk lingkaran kecil seperti kelopak bunga di sekeliling perut bayi. Lakukan searah jarum jam.

3. Pijat Dahi

Jenis pijatan ini membantu membersihkan, meringankan dan mengeluarkan lendir pada sinus bayi. Sinus tentu membuat hidung tersumbat dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada Si Kecil. Letakkan tangan Moms di sisi kepala bayi dengan lembut dan hati-hati, gunakan jari-jari terpisah dan hindari menutupi telinga bayi. Posisikan ibu jari Moms di tengah dahi bayi dan usap lembut dari tengah ke pelipis. JAngan beri tekanan pada pelipis ya Moms.

Minyak Telon Doodle untuk Pijat Bayi

Berbagai minyak untuk pijat bisa Moms gunakan untuk memijat bayi seperti minyak zaitun, baby oil, minyak kayu putih, lotion, hingga minyak telon. Gunakan Doodle Exclusive Telon Oil untuk memijat Si Kecil ya Moms. Minyak Telon Doodle merupakan minyak telon plus yang mempunyai formulasi terbaru dan berbeda dengan minyak telon lainnya. Mengandung bahan-bahan 100% alami seperti Oleum Cocos, Oleum Cajuputi, Oleum Anisi, Oleum Sweet Green Tea, yang aman untuk Si Kecil.

Minyak Telon Doodle memiliki aroma tidak menyengat di mata dan dapat menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk atau serangga berbahaya lainnya. Selain itu, Minyak Telon Doodle mampu menghangatkan dan memberikan rasa nyaman pada bayi. Moms, telon satu ini juga tidak pedih di mata loh, jadi sangat aman untuk Si Kecil. Selain wanginya yang memberikan ketenangan, Minyak Telon Doodle juga membantu meredakan gejala masuk angin seperti kembung dan menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk atau serangga. Pijat bayi sebelum tidur menggunakan Minyak Telon Doodle tentu bisa menjadi pilihan Moms. Selain menghangatkan, sesi pijat bayi bisa menjadi rutinitas sebelum tidur yang jauh lebih menyenangkan menggunakan Minyak Telon Doodle.

 

Sumber
babysleepdr.com/ blog/3-Easy-Massage-Tips-for-Better-Baby-Slee

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie