Waspada, Ini Dia Penyebab Infertilitas pada Pria dan Wanita

Doodle.co.idSetiap pasangan keluarga pastinya menginginkan memiliki buah hati untuk melengkapi kebahagiaan mereka. Namun faktanya, ada beberapa kondisi yang membuat keinginan itu tidak terwujud, seperti gangguan reproduksi. Gangguan ini mempengaruhi kesuburan dan dikenal dengan istilah infertilitas. 

Apa itu Infertilitas ?

Kasus infertilitas ini bisa muncul pada pria maupun wanita. Infertilitas pada pria, bisa terjadi karena kelainan sperma, baik jumlah, pergerakan, maupun bentuknya. Pada beberapa kasus lain, infertilitas bisa saja dialami sejak lahir. Penyebabnya adalah masalah kesehatan yang mempengaruhi kualitas sperma.

Baca Juga: 5 Macam Terapi Infertilitas untuk Wanita

Penyebab Infertilitas pada Pria

Selain itu, Mums, ada pula penyebab lain yang juga dapat memicu terjadinya infertilitas pada pria, beberapa di antaranya:

  1. Ejakulasi bisa menjadi penyebab infertilitas pada pria dalam hal ini ejakulasi dini, ejakulasi retrograde, orgasme kering, penyumbatan serta kerusakan pada testis.
  2. Gangguan hormonal. Gangguan ini terjadi manakala tingkat prolaktin dari kelenjar pituitari terlalu banyak sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan produksi sperma.
  3.  Kelainan atau gangguan sperma. Bentuk, jumlah maupun pergerakan sperma yang tidak normal dapat memicu terjadinya ketidaksuburan pada pria.
  4. Riwayat kanker. Penyakit kanker dan pengobatannya bisa juga menjadi penyebab munculnya gangguan kesuburan pada pria.
  5. Kelainan genetik. Kondisi ini juga dapat membuat pria tak bisa memproduksi sperma atau jumlah yang dihasilkan relatif sedikit.

Penyebab Infertilitas pada Wanita

Sementara pada wanita, kasus infertilitas bisa muncul, terutama disebabkan masalah ovulasi. Padahal, tanpa adanya ovulasi, sel telur tak bisa dibuahi. 

Gejala atau tanda infertilitas pada wanita kemungkinan berawal dari periode menstruasi tak teratur atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Selain itu, penyebab lain infertilitas pada wanita adalah:

  1. Endometriosis. Kondisi ini terjadi ketika jaringan endometrium tumbuh di luar rahim, sehingga mempengaruhi fungsi ovarium.
  2. Terjadinya adhesi atau saat jaringan di sekitar organ reproduksi saling menempel atau terikat.
  3. Kelainan rahim atau leher rahim. Kondisi ini berhubungan dengan saluran tuba falopi yang terhalang,  sehingga menghambat sel telur.
  4. Riwayat kanker. Sama seperti pada pria, riwayat kanker pada wanita dan pengobatannya juga bisa menjadi penyebab munculnya gangguan kesuburan.
  5. Menopause dini. Kondisi ini terjadi saat ovarium berhenti bekerja dan menstruasi berakhir sebelum usia 40 tahun.

Mums, infertilitas bisa disebabkan sejumlah kondisi atau penyakit. Jika Mums mengalami gangguan seperti yang disebutkan, segera periksakan ke dokter, ya, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin.

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia