Trik Cepat Menghilangkan bau pesing di kasur

Trik Cepat Menghilangkan bau pesing di kasur

Kasur kena ompol bayi sudah hal biasa terjadi setiap hari kan moms? ini yang biasa menjadi kendala moms tiap harinya. Ompol yang menempel dan meresap pada kasur biasanya akan menimbulkan noda kuning yang kering dan tentu saja tak luput dari bau pesing, tapi ada juga lho moms ompol yang tidak meninggalkan bekas di kasur tapi tetap bau pesing. Sebagai moms tangguh, halini bukanlah menjadi sesuatu yang harus dihindari. Kalau dihindari, bagaimana nantinya nasib kasur kita? haruskah ganti kasur baru tiap bayi ngompol? Bisa membengkak nanti pengeluaran kebutuhan rumah tangga.

Urine pada dasarnya memiliki bau yang tidak sedap atau lebih dikenal dengan bau pesing. Hal ini disebabkan oleh asupan makanan yang dikonsumsi. Makan yang sudah terproses dalam tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk tinja dan juga urine. Itu artinya urine inilah yang membawa kotoran dan sisa makanan keluar dari tubuh kita. Namanya juga kotoran, pasti baunya tidak sedap.

Jika moms menghadapi masalah ini, apa yang biasa moms lakukan untuk menghilangkan bau pesing di kasur? Bau pesing di kasur akan hilang total jika kita mencucinya. Sama seperti dengan menghilangkan noda dibaju yang hilang ketika kita mencucinya dengan bersih. Tapi apa ya harus selalu di cuci? Bagaimana ketika musim hujan tiba? Sinar matahari yang sering ketutup mendung? Jika kasur tidak langsung kering, membuat kasur tambah bau apek dan pesing.  Mencuci kasur bukanlah cara yang efektif untuk menghilangkan bau pesing di kasur. Kemudian bagaimana cara efektif untuk menghilangkan bau pesing di kasur?

Urine terbuat susunan kristal – kristal asam urat. Kristal ini bisa dihancurkan dengan menggunakan cairan pembersih seperti enzim. Walaupun sumber bau hanya pada titik tertentu di kasur tetapi baunya bisa menyebar ke seluruh ruangan kamar karena sangat pesingnya. Untuk menghilangkan baunya, moms sebenarnya hanya perlu membersihkan bagian yang kena ompol saja kemudian segera keringkan. Ini akan membantu proses pengeringan lebih cepat. Agar lebih optimal, lakukanlah langkah berikut ini untuk menghilangkan bau pesing di kasur:

  1. Langkah awal, pisahkan terlebih dahulu seprai dan selimut dari kasur. Masukan dalam keranjang cucian terpisah dari baju kotor lainnya. Ini dilakukan untuk menghindari agar bau pesing di seprai tidak menyebar di baju kotor lainnya.
  2. Angkat kasur, pindahkan ke ruang terbuka yang bisa terkena sinar matahari langsung. Bisa diposisikan berdiri atau di taruh di bawah dengan memberi alas plastik atau tikar. Ini memudahkan moms agar leluasa dalam mencuci bagian kasur yang kena ompol. Selain itu, tidak repot-repot untuk memindahkan lagi kasur dijemur.
  3. Berikan soda kue di area kasur kena ompol. Soda kue ini berfungsi untuk menyerap sisa ompol yang ada di kasur sehingga kasur tidak lembab lagi. Diamkan soda kue selama 5 – 7 menit untuk hasil yang maksimal, kemudian bersihkan soda kue darikasur dengan lap basah atau kering. Jika ompol tembus bagian bawah, moms bisa membalik kasur kemudian lakukan hal yang sama.
  4. Buatlah larutan air dengan detergen. Pilihlah detergen cair karena lebih mudah diserap oleh kasur. Masukan larutan campuran kedalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan yang sudah dibuat pada bagian kasur yang kena ompol. Diamkan selama 4-5 menit, kemudian sikat perlahan. Jika sudah, lap dengan kain basah untuk menghilangkan busa detergen.
  5. Taburkan kembali soda kue untuk menyerap air dalam kasur.
  6. Proses selesai, moms hanya perlu menjemurnya dibawah sinar matahari langsung agar cepat kering. Jika sudah kering, bersihkan sisa soda kue yang menempel di kasur dengan sapu.
  7. Untuk seprai, cucilah sendiri jangan dicampur dengan baju kotor lain. Keringkan, seprai siap dipakai lagi.
  8. Sebelum dipasangkan dan dipakai lagi, hendaknya perhatikan betul tingkat kering kasur terutama bagian sisi dalam. Kasur yang tidak 100% kering kemudian ditutup seprai akan memicu timbulnya jamur.

Itulah tadi moms langkah yang perlu moms lalukan untuk menghilangkan bau pesing di kasur secara efektif.

Perlu moms ketahui, tidak hanya soda kue saja yang membuat pekerjaan menghilangkan bau pesing di kasur ini menjadi lebih mudah. Banyak bahan-bahan rumah tangga yang ternyata ampuh untuk membantu menghilangkan bau pesing di kasur. Apa saja? Ini dia moms ulasannya, simak ya…

  1. Tepung maizena

Siapa sangka bahan makanan satu ini memiliki fungsi lain dalam kehidupan rumah tangga. Tepung maizena yang biasa kita gunakan untuk membuat kue, ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pesing di kasur. Caranya sangat mudah, moms tinggal menaburkan tepung maizena di kasur yang kena ompol atau bagian kasur yang bau pesing. Taburkan secara merata, diamkan selama 10 – 15 menit. Jika sudah bersihkan tepung maizena dengan lap basah. Setelah itu keringkan kasur.

  1. Obat kumur

Obat kumur bisa menjadi salah satu cara alternatif jika moms sudah kebingungan untuk menghilangkan bau pesing dikasur. Obat kumur, pada dasarnya memiliki kandungan detergen walaupun hanya sedikit. Kandungan detergen inilah yang akan membantu menghilangkan pesing di kasur. Sama seperti yang lain, tuangkan obat kumur di area pesing secukupnya. Diamkan kurang lebih 5 menit kemudian sikat dengan sikat kain atau sikat gigi bekas. Bilas dengan lap kain basah. Langkah terakhir, mengeringkan di bawah sinar matahari agar kering sempurna.

  1. Cuka

Cuka merupakan merupakan senyawa asam yang sering kita jumpai untuk membuat makanan acar. Selain digunakan untuk makanan, cuka juga biasa digunakan untuk pembersih sepatu atau menghilangkan bau seperti menghilangkan bau pesing di kasur. Cuka memiliki bau yang tajam sehingga ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau. Caranya: campurkan 1 sendok cuka kedalam segelas air. Moms bisa semprotkan atau oleskan cairan cuka itu pada kasur yang pesing. Diamkan selama 15 menit, bersihkan dengan handuk kering dengan cara ditekan-tekan. Moms bisa keringkan di bawah sinar matahari atau dibiarkan aja kering sendiri.

  1. Alkohol

Salah satu bahan rumah tangga yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau pesing di kasur adalah alkohol dengan kadar 70%. Caranya mudah, moms bisa menggunakannya dengan cara seperti bahan-bahan yang lain. Dituangkan ke area ompol, diamkan sekitar 15 menit kemudian bersihkan dengan air bersih, Lalu keringkan. Jika moms kesulitan untuk mengeluarkan kasur keluar rumah, moms bisa keringkan kasur secara instan dengan hair dryer.

  1. Bedak bayi

Memang tidak bisa menghilangkan bau pesing 100% sih moms, tapi bedak bayi juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bau pesing di kasur.

Wow, cukup mudah kan moms cara yang kami berikan? Dari pada ribet harus nyuci kasur yang belum tentu keringnya, moms cukup lakukan saja cara di atas dengan menggunakan bahan yang ada di rumah. Ini lebih efektif dan hemat waktu. Yuk moms, jadi ibu yang cerdas…