Penyebab Bintik Merah di Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Doodle.co.id – Tahukah Moms penyebab bintik merah pada bayi? Kulit bayi umumnya bersifat sensitif dan rentan terhadap berbagai masalah kulit tak terkecuali bintik merah. Bintik merah ini dapat timbul disebabkan beragam hal seperti infeksi virus, suhu panas pada bayi, reaksi alergi, hingga paparan oleh bahan kimia.

penyebab bintik merah di kulit
Penyebab bintik merah di kulit / Image SOUTH_AGENCY/GETTY IMAGES

Bintik merah pada kulit bayi sendiri dapat muncul dalam kurun waktu 2 hari hingga 2 minggu sejak bayi lahir atau diluar itu. Bintik merah seperti bercak pada kulit bayi biasanya memiliki bentuk benjolan kecil datar yang kemudian timbuk di area wajah hingga menjalar ke seluruh anggota badan.

Meski tidak berbahaya, namun bintik merah pada kulit bayi ini perlu mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Bintik Merah di Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Untuk mengetahui cara mentasinya, berikut jenis-jenis bintik merah pada bayi.

1. Eksim

Eksim atau eczema merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit bayi yang sensitif atau alergi. Kulit bayi akan terasa gatal dan kering yang kemudian berwarna merah hingga pecah-peccah.

Biasanya, bintik merah muncul pada kulit bayi di bagian pipi, lipatan siku, lutut, leher, hingga area telinga dan mata.

2. Jerawat

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, kulit bayi juga bisa mengalami jerawat. Umumnya, jerawat muncul 2 hingga 4 minggu usai bayi lahir,

Bintik merah pada kulit bayi dapat muncul di bagian wajah seperti di dahi, pipi, hingga hidung,

Seperti halnya orang dewasa, jerawat atau bintik merah pada bayi ini tidak berbahaya, sehingga Moms tidak perlu khawatir.

3. Biduran

Urtikaria atau lebih dikenal dengan biduran, merupakan salah satu reaksi alergi terhadap zat tertentu yang kemudian menimbulkan ruam dan gatal atau bintik merah pada kulit bayi.

Bintik merah yang tidak menular ini, umumnya akan hilang dalam waktu beberapa hari.

Namun, bintik merah pada kulit bayi ini disebut serius apabila gejala disertai dengan wajah bengkak hingga sesak napas. Apabila hal itu terjadi, periksakan buah hati anda ke dokter, Moms.

4. Biang Keringat

Biang keringat yang membuat kulit bayi muncul bintik merah dan terasa gatal, biasanya diakibatkan oleh cuaca yang panas dan lembab. Selain itu, pakaian yang terlalu tebal juga bisa menjadi penyebabnya.

Bintik merah karena biang keringat biasanya muncul di beberapa bagian tubuh bayi seperti leher, lengan, kepala, bahu, dan kaki.

5. Ruam Kulit

Bintik merah pada kulit bayi juga dapat disebabkan oleh ruam yang muncul di patat, area genital, hingga pipi.

Biasanya, bintik merah karena ruam dapat diakibatkan oleh gigitan serangga ataupun kulit bayi yang alergi terhadap produk tertentu.

Sebagai langkah pencegahan, Moms harus selalu memastikan popok bayi dalam keadaan kering dan bersih. Selain menghindari bintik merah, hal ini juga menghinari bakteri yang mungkin menginfeksi kulit bayi.

6. Scabies

Masalah kulit bayi satu ini disebabkan oleh adanya gigitan kutu atau tungau. Scabies menyebabkan munculnya bintik merah pada bayi yang terasa sangat gatal.

Bintik ini dapat muncul di tangan, kaki, dan menyebar ke tubuh bayi. Dokter biasanya akan meressepkan krim atau losion yang berfungsi membunuh kutu atau tungau.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi permasalahan kulit penyebab bintik merah pada bayi, berikut beberapa cara yang dapat Moms terapkan.

Perhatikan selalu kebersihan kulit bayi, hindari menggosok area yang terkena dampak. Hindari pemciu gatal pada kulit bayi seperti panas, berkeringat, kulit kering, sabun atau produk bayi yang membuat alergi, dan lainnya,

Demi menjaga kesehatan buah hati Moms, mandikan bayi menggunakan air hangat dan sabun yang memiliki kandungan lembut untuk kulit bayi sekitar 5 menit.

Usai mandi, keringkan kulit bayi secara perlahan dan oleskan pelembab.

Moms juga dapat mengoleskan krim khusus untuk kulit bayi di area yang akan dipakaikan popok, hal ini bertujuan untuk mencegah si kecil mengalami ruam dan bintik merah.

Untuk Moms yang bingung mencari produk bayi untuk mencegah bintik merah pada kulit bayi, bisa gunakan produk-produk Doodle seperti Doodle Baby Gentle Wash (The Sibin) dan Doodle Baby Lotion.

 

 

Sumber

https://www.alodokter.com/bintik-merah-pada-kulit-bayi-yang-umum-terjadi

https://www.orami.co.id/magazine/arti-bintik-merah-pada-bayi?page=all

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie