Langkah Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Home / Baby Care / Langkah Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak
Langkah Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak
Langkah Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Bagi Mums, menumbuhkan kepercayaan diri seorang anak adalah salah satu hal yang amat penting. Jika anak percaya diri, maka Mums tidak perlu khawatir, si buah hati akan mengalami kesulitan dalam lingkungan pertemanan, sekolah, maupun lingkungan rumah. Anak yang percaya diri adalah bekal untuk bisa mencapai perkembangan emosional yang baik.

Setiap Mums ingin anaknya tumbuh penuh percaya diri, namun nyatanya, tidak semua Mums mendapati anaknya memiliki rasa percaya diri yang cukup. Banyak lho anak yang minder-an, takut sama orang, dan juga takut ngomong di depan orang banyak, hingga kesulitan dalam bergaul atau berinteraksi dan mengungkapkan pendapatnya di depan orang lain.

Untuk lebih memahami apakah ia percaya diri atau tidak, berikut ciri-ciri si buah hati yang percaya diri:

  • Merasa berharga dan juga diterima
  • Merasa percaya diri untuk melakukan apa yang aia inginkan
  • Merasa bangga pada hasil pekerjaannya
  • Beripikir yang positif tentang diri mereka
  • Menyiapkan  diri untuk menghadapi tantangan yang ada setiap harinya

Sedangkan anak dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah akan:

  • Sering ragu dan menyalahkan diri sendri
  • Merasa tidak aman untuk melakukan segala sesuatu seperti yang anak lain lakukan
  • Berfokus pada berapa kali ia  gagal daripada saat ia sukses
  • Meragukan kemampuan diri mereka

Mums, bagi yang sedang belajar untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak, maka berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Mums terapkan (seperti yang dilansir oleh http://www.huffingtonpost.com) :

1. Membiarkan buah hati membuat plihan

Ketika si buah hati sudah berani membuat pilihannya sendiri, maka ia akan merasa lebih powerful, dan memiliki rasa percaya diri. Yang jadi masalah adalah banyak Mums yang tidak mempercayakan hal ini di tangan buah hati, kebanyakan Mums yang memilih segala sesuatu untuk si buah hati mulai dari baju, mainan, hingga menu makanan. Jadi, ia merasa lemah dan tidak memiliki kekuatan untuk menentukan apa yang akan ia pakai dan apa yang akan ia lakukan. Untuk itulah, mari sadar dan buat si buah hati untuk lebih merasa percaya diri.

2. Jangan terlalu banyak memuji si buah hati

Jika segala hal kecil yang dilakukan buah hati selalu mendapat pujian dari Mums, maka ia tidak akan berusaha berlatih dan bekerja lebih keras lagi. Jika Mums terlalu sering memuji mereka, misalnya “anakku pintar” dsb, maka ia akan mudah puas dengan diri mereka sendiri, dan tidak mau melakukan sesuatu yang lebih sulit bagi diri mereka sendiri. Buat si buah hati untuk mau bekerja lebih keras dan mau menerima tantangan yang ada di depan mereka!

3. Ajari si buah hati untuk menjadi problem solver

Meskipun anak masih kecil ajari mereka untuk mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi. Sebagai orangtua, Mums hanya perlu membimbing mereka. Hal ini adalah salah satu cara untuk membangun rasa percaya diri anak. Biarkan ia percaya pada kemampuan diri mereka sendiri dibanding dengan selalu mendapat bantuan dan penyelesaian masalah dari Mums.

 

Sumber:

http://kidshealth.org. “Developing Your Child’s Self-Esteem”. Diakses pada 5 Januari 2017.

http://www.huffingtonpost.com. “7 Simple Steps to Develop YourChild’s Self-Confident”. Diakses pada 5 Januari 2017.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *