Cara Menggendong bayi yang benar

Cara Menggendong bayi yang benar

Menggendong bayi itu gampang-gampang susah moms. Walaupun sudah bisa dilakukan oleh moms, tetapi belum tentu cara moms mengendong bayi benar. Apalagi untuk moms yang baru saja menjadi seorang ibu, pasti akan ada rasa khawatir benar tidak cara menggendong bayi. Selain berdampak pada pertumbuhan bayi, cara menggendong bayi yang benar juga mampu meningkatkan ikatan batin anatara ibu dan bayi. bagaimana tidak? bayi yang merekat erat dengan ibu, akan menimbulkan rasa aman dan nyaman pada bayi sehingga bayi merasa bahagia dan terhindar dari rasa takut. Ini bisa meningkatkan kepercayaan emosional bayi pada moms semakin kuat.

Cara menggendong bayi yang benar berbeda di tiap fase pertumbuhan usianya. Tidak mungkin kan moms kita menggendong bayi yang baru saja lahir dengan posisi ngangkang kakinya? Perbedaan ini dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan otot maupun tulang bayi.

Berikut ini, kami berikan model menggendong bayi yang benar disesuaikan dengan usia si bayi. Perhatikan ya moms…

  1. Bayi usia 0-3 bulan
  • Menggendong dengan bantuan bahu

Ini adalah cara pertama yang dipakai untuk menggendong bayi yang benar. Moms bisa menggendong bayi dengan menyandarkan badan dan kepala bayi di bahu kanan atau kiri. Pandangan bayi menghadap ke belakang moms. Bantu topang kepala bayi dengan tangan moms di bagian kepala dan leher. Sedangkan untuk badan bisa ditopang dengan tangan yang lain.

  • Gunakan lekuk lengan untuk menggendong

Cara ini biasa digunakan ketika bayi sudah beranjak usia 3 bulan. Moms coba letakan kepala di lekuk tangan kanan atau kiri moms dan topang pangkal paha bayi dengan tangan yang lain. Cara menggendong ini disebut juga posisi menimang bayi karena sering dilakukan ayunan-ayunan badan agar si bayi tidur.

  • Gendong menghadap ke muka

Cara ini biasa dilakukan saat kita akan mengajak bayi bermain dan bicara. Caranya, letakan kepala di telapak tangan kanan atau kiri moms, kemudian topang bagian bawah dengan tangan yang tidak terpakai. Angkatlah ke atas mendekati wajah moms, dan lakukan pembicaraan dengan bayi.

  1. Bayi usia 4 – 6 bulan
  • Gendong di pinggang

Di usia ini, kepala bayi sudah bisa tegak sendiri sehingga lebih mudah untuk menggendong. Moms bisa menggendong bayi dengan menyelakangkan kaki dipinggang. Salah satu tangan menopang bagian bawah. Atau moms bisa menggunakan selendang atau selendang instan untuk menggendong dengan cara ini.

  • Gendong posisi duduk

Gendong posisi duduk ini bisa dilakukan ketika ingin mengajak bayi agar mau berinteraksi dengan yang lainnya. Caranya, moms posisikan bayi seolah-olah duduk di lengan tangan moms yang kanan dengan punggung yang menempel di dada moms. janga lupa pengang dada bayi dengan tangan kiri. Pose gendong ini biasanya membuat bayi aktif bergerak sehingga moms perlu pegang kuat si bayi agar tidak lepas.

  • Usia 6 tahun ke atas

Pada usia ini, pertumbuhan fisik bayi sudah baik. Kemampuan untuk mengkoordinasikan gerak pun juga sudah baik. Moms bisa menggendong bayi dengan model apapun, akan tetapi perhatikan posisi kepala dan lehernya agar berkembang maksimal. Moms masih perlu juga untuk menopang kepala dan lehernya.

Itulah beberapa cara menggendong bayi dengan benar yang disesuaikan dengan usianya. Jangan salah langkah ya moms dan tetap berhati-hati dalam merawat bayi.