Bolehkah Ibu Menyusui Minum Soda?

bolehkah ibu menyusui minum soda

Setelah bayi lahir, tugas baru seorang wanita adalah merawat dan menyusui anaknya. Ada apa saja dengan ibu menyusui? tentunya topik yang sangat hangat dibicarakan adalah mengenai makanan ibu menyusui. ya, ibu menyusui tidak boleh sembarang mengkonsumsi makanan. Mereka harus selalu memperhatikan kandungannya, dampaknya untuk bayi dan ASI. Rempong ya moms? mau makan aja harus mikir-mikir. Tapi moms seberapa rempongnya ini semua haruslah dilakukan demi pertumbuhan dan perkembangan si bayi.

Sama seperti topik makanan yang hits dikalangan moms, pertanyaan satu ini juga sering muncul pada ibu menyusui. bolehkah ibu menyusui minum soda? Pertanyaan ini seperti menjadi pertanyaan wajid untuk setiap ibu menyusui. pasalnya, kebiasaan minum soda saat sebelum hamil atau waktu hamil pastinya juga akan menjadi kebiasaan moms saat menyusui dan itu sulit dihilangkan. Menurut moms gimana? Bahaya tidak jika ibu menyusui minum soda? Atau moms belum tahu apa saja yang termasuk minuman soda? Untuk menjawab pertanyaan itu, yuk moms pelajari bersama seluk beluk tentang soda dan dampaknya untuk ibu menyusui!

Soda merupakan minuman yang berasal dari bahan zat natrium bikarbonat atau penulisan ilmiahnya NaHCO3. Minuman ini diproses melalui proses karbonisasi yaitu dengan mencampurkan karbondioksida tekanan tinggi dalam minuman. Nah, untuk penambah rasa soda yang unik biasanya perusahaan minuman soda menambahkan soda dan perasa minuman seperti jeruk, strobery, dan leci. Minuman ini memang mempunyai manfaat untuk menetralisir asam lambung dan urine yang terlalu asam, tetap dengan porsi cukup. Terkadang minuman soda juga dimanfaatkan untuk pembuatan roti sebagai pengganti baking soda. Tak jarang orang meminumnya untuk menambah energi tubuh. Tapi moms, walaupun memiliki manfaat untuk kesehatan minuman soda sangat tidak dianjurkan untuk diminum ibu menyusui dan mereka penderita diabetes. Terlalu banyak minum soda juga dapat menyebabkan batu ginjal ya moms…

Nah, bolehkah ibu menyusui minum soda?

Pada penjelasan di atas, minuman soda bukanlah minuman yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui. minuman soda mengandung banyak gas yang tidak baik untuk kesehatan bayi nantinya. Selain itu kandungan gulanya yang tinggi dapat menyebabkan menurunnya kesehatan moms dan bisa membuat moms terkena resiko penyakit. Berikut ini beberapa resiko penyakit yang timbul akibat komsumsi minuman soda yang berlebihan pada ibu menyusui.

  1. Sering buang air kecil

Minuman soda adalah salah satu minuman yang mengandung kafein. Jika moms terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda, maka dampaknya moms akan sering buang air kecil. Ini efek dari kafein yang ada dalam minuman soda.

  1. Resiko diabetes

Kandungan gulanya yang tinggi, dan bukan merupakan gula alami maka ketika moms minum minuman soda, gula yang terserap dalam tubuh lebih banyak dari pada gula biasa dan ini susah diuraikan sehingga mengalami penumpukan dan menyebabkan diabetes.

  1. Obesitas

Berat badan ibu melahirkan akan cenderung naik ketika menyusui. Nah, jika ditambah moms mengkonsumsi makanan dan minuman soda seperti kue, dan roti ini akan membuat berat badan moms lebih cepat meningkat.

  1. ASI sedikit

Kandungan kafein dalam minuman soda akan mengikat hormon penghasil ASI sehingga ASI yang keluar sedikit, sehingga kebutuhan ASI bayi kurang dan dampaknya ke tumbuh kembang bayi yang lambat atau tidak sempurna.

  1. Kesehatan bayi terganggu

Makanan yang moms konsumsi akan diserap oleh bayi juga. Jadi jika moms minum soda maka kandungan dalam minuman tersebut juga akan masuk ke tubuh bayi. Hasilnya bayi akan mudah kena perut kembung. Resiko jangka panjangnya, bayi bisa terkena penyakit ginjal dan jantung.

Setelah tahu dampaknya untuk bayi dan kesehatan moms, apakah masih ingin minum soda moms? semoga ulasan di atasa bisa menjadi pengetahuan dan renungan untuk moms. Selalu jaga kesehatan ya moms…