Bisakah Ibu Hamil Lagi setelah Keguguran? Jangan Takut Mums, Ini Kuncinya!

Doodle.co.idKehamilan menjadi suatu momen membahagiakan bagi wanita. Namun apa jadinya jika pada masa penantian buah hati ini Mums justru mengalami keguguran? Tentunya hal itu akan berdampak pada psikologis sang ibu. Berbagai pertanyaan pun kemudian muncul, salah satunya apakah wanita yang mengalami keguguran masih bisa hamil lagi? 

Penting untuk dipahami, saat mengalami keguguran, Mums jangan patah semangat. Ini karena, peluang untuk bisa hamil lagi masih terbuka lebar. Sebuah studi menunjukkan, setidaknya 85 persen wanita yang pernah mengalami keguguran dapat hamil kembali dan melahirkan normal. 

Mengalami keguguran bukan berarti Mums memiliki masalah dengan kesuburan. Mums bisa melakukan terapi alami untuk mendukung kesehatan tubuh sekaligus mempersiapkan kehamilan berikutnya. Langkah seperti ini dirasa penting dilakukan demi mengurangi risiko keguguran.

Terapi alami bisa Mums lakukan setidaknya tiga bulan sebelum Mums memulai program hamil. Ada beberapa upaya yang bisa Mums lakukan, di antaranya sebagai berikut:

6 Jenis Makanan Ini Sangat Dilarang Untuk Ibu Hamil

Pijat abdomen

Salah satu upaya untuk mendapatkan kehamilan sehat, yakni dengan cara meningkatkan sirkulasi ke rahim. Usahakan pula untuk selalu rileks Mums, jangan sampai terserang stres. Pasalnya, tingkat stres tinggi bisa menyebabkan penurunan sirkulasi ke rahim. Saat ini ada banyak pilihan pijat untuk sirkulasi reproduksi. Mums bisa memilih terapis pijat spesialis pijat perut atau pijat kesuburan.

Mengonsumsi makanan bernutrisi

Mums sangat dianjurkan mengonsumsi makanan bernutrisi untuk mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh. Konsumsilah makanan bernutrisi yang baik bagi kesuburan secara rutin, paling tidak tiga bulan sebelum memulai program hamil. Makanan bernutrisi penunjang kesuburan bermanfaat untuk kesehatan sel telur, menciptakan plasenta sehat, menciptakan sistem reproduksi sehat, menjaga keseimbangan hormon, membantu penyimpanan nutrisi untuk janin, dan menurunkan kemungkinan keguguran. 

Mengonsumsi vitamin dan mineral

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi, Mums sebaiknya juga mengkonsumsi vitamin dan mineral khusus yang dibutuhkan untuk menciptakan sistem reproduksi sehat, membantu keseimbangan hormon, dan ovulasi. Salah satu jenis multivitamin yang bisa Mums konsumsi untuk meningkatkan kesuburan dan kehamilan adalah multivitamin prenatal. Pilihlah multivitamin prenatal mengandung B6, B12, dan asam folat yang mampu mencegah keguguran karena memiliki tingkat homocysteine tinggi.

Fertility cleansing

Fertility cleansing membantu liver dalam membersihkan tubuh dari racun dan hormon berlebih. Proses ini juga membantu rahim membersihkan diri dan meningkatkan sirkulasinya.

Menghadapi trauma pasca keguguran memang tidak mudah. Semua kembali pada diri sendiri dan dukungan orang-orang terdekat. Satu hal terpenting, Mums perlu menyiapkan kondisi fisik dan mental secara baik untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat.

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia