Jangan Takut ASI Sedikit!!  Ini 6 Cara Memperbanyak ASI yang efektif

cara memperbanyak ASI

Tiap harinya kebutuhan ASI untuk bayi akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia bayi. ASI yang merupakan asupan nutrisi utama untuk tubuh ini harus terpenuhi kebutuhannya. Ini untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si bayi.  Tetapi, ASI yang dihasilkan setiap ibu berbeda-beda, ada yang sampai berlebih, pas dan juga ada yang kurang. Beberapa kasus yang terjadi banyak ibu terutama ibu muda yang mengeluhkan kalau produksi ASI mereka sedikit sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan ASI si bayi. Salah satu cara memperbanyak ASI yang biasa dipakai adalah dengan meminum susu booster ASI. Sebenarnya ada banyak cara memperbanyak ASI yang bisa dilakukan tanpa kita harus membeli sesuatu yang harganya mahal, tetapi kita harus konsisten dalam melakukannya. Sebelum kita pelajari apa saja cara memberbanyak ASI tersebut, yuk perdalam dulu moms terkait penyebab hasil ASI yang tidak maksismal.

  1. Pernah operasi payudara

Operasi payudara baik itu karena alasan kesehatan ataupun kecantikan sangat berpengaruh untuk kelancaran produksi ASI. Operasi payudara seringkali mengganggu produksi hormon penghasil ASI sehingga ASI tidak terproses dengan maksimal. Besar kecilnya operasi payudara yang mempengaruhi produksi ASI ini tergantung dari bagaimana prosedur operasi itu dilakukan, rentang waktu dari operasi dan menyusui serta efek atau adakah infeksi setelah operasi dilakukan. Untuk meningkatkan produksi ASI setelah terjadi operasi payudara biasanya dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen penambah ASI.

  1. Tidak stabilnya hormon endokrin

Ibu hamil sangat bergantung pada tinggi rendahnya hormon endokrin yang ada dalam tubuh. Kadar hormon tiroid yang rendah disertai dengan adanya masalah hipertensi dan diabetes ini menjadikan produksi ASI berkurang. Jika dalam masa trismester akhir moms masih memiliki masalah ini, lebih baiknya moms mengkonsultasikan ke dokter agar dilakukan penanganan medis yang baik. Ini juga bisa mempengaruhi proses persalinan moms.

  1. ASI jarang disusukan ke bayi

Bagi ibu yang aktivitasnya padat, biasanya sering lupa untuk menyusui bayi sehingga membiarkan ASInya keluar begitu saja. Karena tidak sering disusui ataupun dipompa, membuat produksi ASI berkurang. Ini juga bisa terjadi di malam hari. Bayi yang jarang disusui waktu malam hari bisa menurunkan produksi ASI karena pada malam hari biasanya payudara menghasilkan ASI lebih banyak tetapi jika penyimpanan ASI di payudara penuh tidak disusukan maka produksi akan menurun.

  1. Menggunakan alat kontrasepsi selama menyusui

Alat kontrasepsi ini fungsinya adalah untuk menurunkan produksi hormonal sehingga mencegah tingkat kesuburan berkurang dan produksi ASI pun juga berkurang. Sebaiknya hindari penggunakan alat kontrasepsi selama menyusui. disamping menurunkan produksi ASI, ini juga berpengaruh terhadap berat badan moms dan kesehatan moms.

  1. Konsumsi kopi dan teh yang terlalu banyak

Kopi dan teh merupakanm minuman dengan kandungan cafein yang tinggi. Cafein ini akan menurunkan hasil ASI moms. Lebih lanjut, ASI yang dihasilkan dari konsumsi kopi berlebih akan berdampak tidak baik untuk bayi. perut bayi akan menghasilkan gas yang berlebih, dan ini tidak baik untuk kesehatan bayi, perut bayi akan kembung dan muncul gejala sakin lain seperti pilek, maag dan diare.

Itulah beberapa hal yang membuat produksi ASI menurun. Jika moms sudah mengetahui produksi ASI yang dihasilkan sedikit dan kurang untuk mencukupi kebutuhan si bayi, sebaiknya moms melakukan beberapa perubahan seperti cara memperbanyak ASI berikut ini untuk menghasilkan ASI yang cukup untuk bayi.

  1. Sering memberikan ASI pada bayi/menyusui bayi

Sering menyusui bayi bisa meningkatkan produksi ASI. Bagaimana bisa? Harusnya jika sering disusu maka, ASI akan terus berkurang. Bukan seperti itu ya moms!! bayi yang sering menyusu secara otomatis akan memberikan rangsangan pada payudara sehingga produksi ASI akan meningkat. Apalagi tekanan bayi saat menyedot ASI lebih kencang, ini bisa lebih meningkatkan ASI. Moms bisa menyusui bayi setiap 2 – 3 jam. Ini disesuaikan dengan jam bayi lapar atau haus. Di malam hari juga biasakan untuk menyusui bayi, karena tubuh akan memproduksi hormon penghasil ASI lebih banyak pada malam hari.

  1. Bersihkan puting dan berikan pijatan lembut pada payudara

Memijat payudara dapat merangsang payudara untuk menghasilkan ASI yang lebih banyak. Cara yang bisa dipakai:

  • Awalnya lakukan pemanasan dulu dengan menempelkan handuk hangat ke payudara selama 2-3 menit. Ini untuk melemaskan otot-otot payudara.
  • Mulailah untuk memijat puting dari atas ke bawah secara perlahan
  • Langkah berikutnya, lakukan pijatan lembut dibagian areola dari kanan ke kiri dan atas ke bawah. Moms bisa lakukan 5 kali
  • Terakhir, pijatlah payudara secara keseluruhan secara memutar dari kanan ke kiri. Ulangi selama 3-4 kali. Lakukan hal sama untuk payudara satunya

Selain memijat bersihkan juga payudara. Jangan menggunakan sabut di area puting ya moms

  1. Susui bayi secara gantian kanan kiri

Mengganti payudara secara bergantian untuk menyusui dapat membuat produksi ASI meningkat. Jika kanan sudah terasa habis, maka pindahlah dengan payudara kiri. Jika semua payudara dipakai untuk menyusui ini membuat semua payudara aktif dan ASI meningkat.

  1. Makan makanan yang bergizi

Konsumsilah makanan yang bergizi untuk payudara. Sayuran dan buah merupakan sumber gizi yang baik untuk kesehatan dan juga payudara. Moms tidak perlu menghindari makanan tertentu atau makanan yang dilarang untuk ibu menyusui. Cukup dengan mengurangi porsi makanannya saja. Tetapi, beberapa jenis makanan berikut baik untuk dikonsumsi ibu menyusui untuk meningkatkan ASI seperti, daun pepaya, taoge, daun adas, daun katuk, kedelai, buah strawberry, tomat.

  1. Istirahat yang cukup

Makan makanan yang bergizi aja tidak cukup untuk mendapatkan ASI melimpah jika moms kurang istirahat dan stress. Stress selain tidak baik untuk kesehatan fisik juga dapat menurunkan produksi ASI. Untuk itu, usahakan moms memiliki istirahat yang cukup agar tubuh fit sehingga produksi ASI optimal.

  1. Minum air putih yang banyak

Air putih selain sangat baik untuk kesehatan yaitu menjaga stabilitas cairan tubuh, air juga digunakan untuk detok bakteri dan virus dalam tubuh. Air putih juga sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. Kenapa? Karena bahan pembuat ASI adalah air. Jika tubuh kekurangan air otomatis ASI yang dihasilkan juga berkurang. Jika air cukup, kualitas ASI juga akan baik, kental dan melimpah.

Dari beberapa cara memperbanyak ASI ini, moms bisa memilih cara yang paling gampang untuk dipraktekan. Yang terpenting adalah selalu jaga kondisi moms dalam keadaan fit. Ini adalah modal utama untuk menghasilkan ASI yang banyak. Sebelum terlambat mulailah dari masa kehamilan moms. Ingat pemilihan makanan yang baik jangan terlupakan ya moms… happy breastfeeding moms!!!