6 Cara Cerdas Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Doodle.co.id – Menjaga kesehatan sistem pernapasan dan melindunginya merupakan hal penting. Menurut Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), penyakit karena pernapasan bawah kronis termasuk penyakit paru obstruktif kronik (CPOD) dan emfisema menempati peringkat keenam peneybab kematian utama di Amerika Serikat. Oleh sebab itu, sudah waktunya untuk mengubah kebiasaan Moms dan Paps demi menjaga kesehatan paru-paru. Simak artikel Doodle berikut mengenai cara menjaga kesehatan pernafasan sistem pernapasan.

cara menjaga kesehatan sistem pernapasan
Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan / Image Monstera Production

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Tahukah Moms dan Paps bahwa bagian tubuh seperti jantung, persendian hingga paru-paru akan menua seiring berjalannya waktu. Bagian-bagian tersebut menjadi kurang fleksibel dan lambat laun kehilangan kekuatan sehingga membuat Moms dan Paps lebih sulit bernapas. Dengan menerapkan kebiasaan sehat, Moms dan Paps bisa menjaga kesehatan paru-paru agar bekerja secara optimal dan lebih baik, bahkan saat lanjut usia sekalipun. Berikut cara menjaga kesehatan sistem pernapasan sebagaimana dilansir Healthline.

1. Jangan merokok

Sebagaimana diketahui, merokok meningkatkan risiko kanker paru-paru. Meski bukanlah satu-satunya penyebab utama, namun merokok dikaitkan dengan sebagian besar penyakit paru-paru seperti COPD, asma dan fibrosis paru idiopatik. Bahkan, perokok memiliki potensi 12-13 kali lebih besar untuk meninggal akibat CPOD dibandingkan mereka yang bukan perokok. selain itu, merokok menyebabkan penuaan paru-paru lebih cepat dan mengubah sel paru-paru dari normal menjadi kanker.

Berhenti merokok juga berdampak positif bagi tubuh tak peduli berapa lama seseorang telah merokok. American Lung Association (ALA) mengatakan, dalam waktu 12 jam setelah berhenti merokok, kadar karbon monoksida dalam darah kembali normal. Dalam beberapa bulan, fungsi paru-paru mulai membaik. Bahkan, dalam setahun, risiko penyakit jantung koroner berkurang setengahnya, dan manfaat ini terus bertambah seiring berjalannya waktu. Kombinasi konseling dan berhenti merokok dengan beberapa percobaan merupakan cara efektif dalam menjaga kesehatan paru-paru bagi yang terlanjur merokok.

2. Berolahraga

Olahraga faktanya membantu menjaga kesehatan pernapasan. Ini karena saat berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan paru-paru bekerja lebih keras guna memenuhi kebutuhan tubuh akan oksigen. Olahraga seperti aerobik membuat paru-paru akan terlatih untuk bekerja lebih efisien.

3. Hindari paparan polutan

Adanya paparan polutan mampu mempercepat proses penuaan dan merusak paru-paru. Saat masih muda, paru-paru mampu melawan racun-racun tersebut, akan tetapi seiring bertambahnya usia mereka menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Untuk melindungi sistem pernapasan dari polusi udara, sebaiknya hindari rokok pasif, berolahraga di tempat yang minim polusi udara dan membersihkan rumah dari debu serta meningkatkan fungsi ventilasi guna melancarkan sirkulasi udara dalam ruangan.

4. Gunakan diffuser

Menggunakan diffuser disebut memberikan aroma yang mengharumkan udara, terlebih jika diisi menggunakan aromaterapi dan minyak essensial. Jamur, debu dan bulu hewan berpotensi mengiritasi paru-paru Moms dan Paps. Maka, gunakan pembersih alami dan bersihkan jendela dari debu dan kotoran. Moms juga bisa memasang diffuser di ruangan guna menjaga ruangan tetap lembab dan segar. Menambahkan minyak telon dalam diffuser disebut membantu untuk meringankan kekeringan pada saluran udara. Minyak telon doodle yang digunakan sebagai diffuser berpotensi membantu bernafas lebih baik, terutama saat cuaca dingin. Apabila digunakan sesuai dengan pedoman keselamatan dan saran dokter, diffuser dengan Minyak telon akan sangat membantu melegakan hidung yang tersumbat atau pilek. Dengan sedikit kelembapan dari minyak telon juga bisa membuat tidur lebih nyaman.

Minyak telon yang dapat digunakan yakni Minyak Telon Doodle yang mengandung 100% bahan alami seperti Oleum Cocos, Oleum Cajuputi, Oleum Anisi, Oleum Sweet Green Tea. Selain itu, kandungan essential oil sweet green tea di dalamnya mampu memberikan aroma lembut dan menyegarkan yang melegakan hidung. Wanginya berbeda dengan minyak telon lainnya. Selain sebagai cairan diffuser, Moms dan Paps tentu dapat menggunakannya untuk membalurkan pada tubuh bayi dan anak-anak atau orang dewasa sekalipun. Mengoleskan Minyak Telon Doodle membantu menghangatkan bayi, melindungi dari gigitan nyamuk dan serangga hingga mengatasi perut kembung. Menghirup aroma Minyak Telon Doodle juga bisa melegakan pernapasan, Moms. Minyak Telon Doodle tersedia dalam berbagai ukuran kemasan yaitu kemasan real size 100 ml, dan kemasan ekonomis 60 ml, serta kemasan travel size 10 ml dalam bentuk roll on yang praktis dibawa kemana-mana.

5. Mencegah infeksi

Moms dan Paps harus selalu menjaga kesehatan tangan yang rentan terkontaminasi virus dan bakteri dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Hindari menyentuh wajah, dan minum banyak air serta konsumsi sayur dan buah-buahan. Moms dan Paps juga dapat mengikuti perkembangan vaksinasi termasuk flu dan pneumonia setiap tahunnya.

6. Tarik napas dalam-dalam

Kebanyakan orang cenderung mengambil napas pendek dari area dada hanya dengan menggunakan sebagian kecil paru-parunya. Moms dan Paps, pernapasan dalam justru membantu membersihkan paru-paru dan menciptakan pertukaran oksigen penuh.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan sistem pernapasan yang bisa Moms dan Paps terapkan. Jika Moms dan Paps tertarik menggunakan Minyak Telon Doodle dan produk Doodle Exclusive Baby Care lainnya, silakan kunjungi tautan di bawah ini.

 

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie