Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Mums Siapkan

Doodle.co.id – Orangtua baru khususnya mungkin akan sedikit bingung untuk menyiapkan apa saja perlengkapan bayi baru lahir. Untungnya bayi baru lahir masih belum membutuhkan banyak perlengkapan di minggu-minggu pertama setelah kelahirannya. Diminggu-minggu awal kelahiran mungkin hanya diperlukan perlengkapan seperti popok, tisu basah, botol, selimut, dan kain sendawa. Untuk mendapatkan perlengkapan tersebut, orangtua sebaiknya bukan hanya memperhatikan soal aspek kenyamanan saja tapi juga wajib memperhatikan keselamatan si kecil. Perlengkapan bayi baru lahir ini sebaiknya hindari perlengkapan yang berisiko tercekik atau bahaya tersedak seperti kancing, busur, dan tali.

perlengkapan bayi baru lahir
Ilustrasi perlengkapan bayi baru lahir / Image Sarah Chai

Mums dan Paps juga harus ingat untuk sering mengganti pakaian si kecil karena seperti yang diketahui bayi yang baru lahir bergonta-ganti beberapa pakaian dalam sehari karena pakaian yang berantakan dan atau pun basah terkena ludah. Jadi jumlah pakaian yang diperlukan si kecil sebagian besar bergantung pada berapa banyak pakaian yang ingin dicuci setiap hari. Pun selalu cek popok bayi ya Mums jika terjadi bocor yang membuat bayi tak nyaman. Direkomendasikan Mums memakaikan barang-barang yang mudah dipakai dan dilepas.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Berkiut beberapa perlengkapan yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir, yang telah Doodle rangkum dari Parents.

1. Pakaian bayi

Bayi baru lahir tidak membutuhkan banyak pakaian ya Mums. Namun bayi hanya memerlukan pakaian ganti yang bisa digunakan bergantian saat siang atau malam hari.
Inilah daftar pakaian yang bisa menjadi acuan untuk Mums mempersiapkan pakaian si kecil:

  • Baju potongan atasan dan bawahan (siapkan empat sampai enam buah)
  • Bodysuit (siapkan empat sampai enam buah)
  • Baju t-shirt (siapkan empat sampai enam buah)
  • Baju terusan (dua)
  • Celana panjang (siapkan dua hingga empat pasang)
  • Baju tidur atau piyama (siapkan empat sampai enam buah)
  • Kaus kaki atau sepatu bot (siapkan empat sampai enam pasang)
  • Topi rajut (satu atau dua)
  • Bunting atau footmuff (jika sedang berada di iklim dingin)

Mums bisa memastikan juga baju-baju untuk usia 0-3 bulan.

2. Popok

Popok menjadi salah satu perlengkapan penting lainnya. Bayi baru lahir menghabiskan sampai selusin popok setiap harinya. Jadi orangtua harus sering mengganti popok si kecil.

3. Tisu

Tisu menjadi perlengkaan lain yang berguna saat mengganti popok maupun saat membersihkan kotoran si kecil. Perlu diperhatikan baiknya Mums mnghindari produk dengan pewangi untuk mencegah iritasi pada kulit lembut bayi saat memilih tisu basah.

4. Botol minum bayi

Mums mungkin memerlukan botol bayi untuk memberikan susu botol di minggu pertama. Atau Mums bisa menyimpan ASI di botol untuk digunakan saat minum malam hari.

5. Perlengkapan menyusui

  • Bra menyusui
  • Bantalan menyusui (sekali pakai atau yang bisa digunakan berkali-kali)
  • Pompa payudara

6. Kain gendongan

Mums juga harus menyediakan kain gendongan bayi, pilihlah yang memiliki bahan elastis seperti licra atau spandes yang nyaman untuk Mums dan bayi.

7. Kursi yang nyaman untuk menyusui

Meski sepele, namun menyusui harus dengan kondisi nyaman. Gunakan kursi yang nyaman untuk mengASIhi si kecil, Mums.

8. Tempat tidur bayi

Tempat tidur bayi ini bisa berupa kasur atau buaian ya Mums. Untuk masalah tempat tidur bayi ini bisa disesuaikan dengan anggaran, gaya, dan ruang pribadi di rumah ya Mums. Yang terpenting, perhatikan keselamatan bayi dan jauhkan bumper tempat tidur bayi, boneka binatang, dan bantal dari tempat tidur bayi. Hal ini berguna untuk mnghindari risiko mati lemas bagi bayi.

9. Seprai tempat tidur bayi dan bantalan kasur

Mums tidak perlu membeli perlengkapan tidur tambahan seperti seprai dan selimut. Ini dikarenakan barang-barang tersebut bisa meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) .

Selain itu, pertimbangkan untuk membeli beberapa bantalan kasur berlapis untuk memperpanjang umur kasur Anda dan pelapis tahan air jika bantalan tersebut belum dilapisi. Perlengkapan bayi baru lahir ini akan membuat hidup Anda lebih mudah dalam beberapa minggu pertama!

10. Karung Tidur

Karung tidur seperti selimut ini bisa digunakan ada bayi. Ini juga berfungsi untuk menyerap keringat yang membuat bayi baru lahir tetap nyaman saat tidur.

11. Selimut bayi

Para orang tua wajib menyiapkan beberapa selimut untuk membedong si kecil ketika tidur siang dan malam hari. Selimut nyaman ini umumnya terbuat dari kain flanel atau kain muslin yang tipis dan lembut yang nyaman dipakai oleh bayi.

12. Bak Mandi

Untuk mandi yang lebih nyaman, lebih baik Mums menyiapkan bak mandi untuk Si Kecil.

13. Shampo dan sabun bayi

Pemilihan produk satu ini harus teliti dan benar. Karena kulit bayi baru lahir masih rentan. Maka ada baiknya Mums memberikan produk sabun dan shampo bayi yang aman untuk kulit dan tidakpedih di mata.

14. Handuk dan Kain Lap

Pilihlah handuk dan kain lap yang lembut dan nyaman untuk kulit Si Kecil.

15. Lotion dan Minyak Telon

Penggunaan lotion untuk bayi juga penting ya Mums. Lotion bayi ini bisa berguna untuk melembabkan kulit bayi dan menjaganya untuk tetap terhidrasi. Selalu pilih lotion yang diformulasikan khusus untuk bayi ya Mums. Mums dapat menggunakan Doodle Baby Lotion yang mengandung extract milk, mampu melembabkan kulit bayi. Selain itu, Mums harus sedia Minyak Telon Doodle untuk menghangatkan tubuh bayi, melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan serangga, hingga membantu mengurangi gejala masuk angin seperti kembung. Minyak Telon Doodle aman untuk bayi newborn dan kulit sensitif Mums.

16. Sisir Bayi

Agar tetap rapi, gunakan sisir bayi berbahan lembut yang tidak membuatnya merasa sakit.

17. Gunting atau Gunting Kuku

Gunting ini diperlukan karena kuku bayi baru lahir tumbuh dengan sangat cepat. Menjaga kuku bayi tetap pendek akan mencegah si kecil menggaruk dirinya sendiri atau bahkan menggaruk Mums. Maka Mums bisa menggunakan gunting tumpul yang dibuat khusus untuk kuku bayi yang lembut.

18. Termometer Bayi

Orang tua harus memunyai termometer bayi digital untuk memantau suhu si kecil. Termometer rektal merupakan yang paling akurat untuk bayi baru lahir. Tapi Mums pun bisa memakai termometer telinga atau dahi.

19. Aspirator Hidung

Jika hidung bayi tersumbat, Mums bisa memakai aspirator hidung untuk membantu melegakan karna bayi masih tidak bisa bernapas dengan mudah lwat mulut.

20. Tas popok dan lainnya

Mums juga perlu menyiapkan tas popok, kursi mobil bayi, kereta bayi, monitor bayi hingga lampu tidur untuk menunjang tidurnya yang lelap.

Nah, Mums dan Paps, itulah berbagai informasi mengenai perlengkapan bayi baru lahir yang mungkin bermanfaat. Jika Mums dan Paps tertarik untuk menggunakan rangkaian Doodle Exclusive Baby Care, Mums dan Paps dapat klik link pembelian produk di bawah ini.

 

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie