Manfaat Menggendong Bayi yang Belum Moms Ketahui

Manfaat Menggendong Bayi

Banyak yang beranggapan menggendong anak akan menghambat pertumbuhan bayi. Selain itu, bayi yang banyak digendong bisa mempengaruhi interaksi sosialnya dengan lingkungan. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Jika moms sering menggendong bayi dengan cara yang salah dan bayi selalu dalam keadaan digendong dan tidak dibiarkan main di ruangan. Ini akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan bayi dan interaksi juga sedikit.  Tapi apakah gak capek dan sakit jika moms selalu menggendong bayi tanpa memberikannya ruang gerak yang bebas untuk tumbuh? Kebanyakan ibu tidak mungkin membiarkan itu terjadi.

Menggendong bayi biasa kita lakukan ketika mendapati bayi dalam beberapa kondisi berikut ini :

  1. Bayi rewel

Tentunya menggendong bayi merupakan salah satu cara yang diandalkan ketika bayi kita rewel. Entah itu karena kaget, stress, sakit atau lainnya. Dengan menggendong bayi ini dapat meningkatkan jalinan emosi ibu dan bayi. selain itu juga meningkatkan tingkat kenyamanan bayi. Ini terjadi karena bayi sejak lahir paling dekat dengan ibu, sehingga ketika dia merasa terancan dan takut dekapan ibu akan membuat tenang.

  1. Bayi makan

Selain dengan kereta makan, bayi akan lebih suka makan dengan digendong. Ya, menggendong bayi saat dia makan ini membuat asupan makanan yang masuk lebih banyak karena posisi bayi cenderung tenang dan tidak banyak bertingkah. Cara ini mempermudah moms saat menyuapi bayi makanan.

  1. Mengajak bayi jalan-jalan

Saat moms mengajaknya jalan – jalan atau traveling. Menggendong bayi akan membuat lebih mudah diperjalanannya. Apalagi dengan tujuan wisata seperti kebun binatang yang harus banyak berjalan kaki.

  1. Melatih bayi interaksi

Mengenalkan bayi ke dunia luar bisa dilakukan dengan menggendong bayi, mengajaknya bercakap dengan tetangga atau meminta ayah atau anggota keluarga lain berinteraksi dengannya. Ini akan lebih mudah dan meningkatkan kepercayaan diri bayi.

Selain meningkatkan jalinan emosi dan kepercayaan diri pada bayi, masih banyak manfaat menggendong bayi yang bisa kita dapatkan, seperti uraian berikut ini.

  1. Melatih sistem keseimbangan bayi

Sistem keseimbangan bayi sangat penting untuk perkembangan motorik bayi. Sistem ini terdapat di telinga bagian dalam. Saat moms menggendong bayi, kemudian melakukan gerakan mengusap dan membelai bayi baik itu tubuh ataupun kepala ini akan mendorong bayi untuk bernafas. Proses ini lah yang membantu bayi dalam meningkatkan sistem keseimbangan dalam tubuh bayi berfungsi dengan baik. Jika hal ini terjadi maka kemampuan motorik bayi meningkat.

  1. Melatih bayi belajar bicara

Bayi yang sering digendong memiliki kemampuan bicara yang lebih baik dari pada bayi yang dibiarkan saja. Kenapa? Karena bayi sangat dekat dengan mulut ibu, sehingga setiap kali ibu berbicara bayi secara langsung mendengarkan dan menyimak percakapannya. Proses ini juga membuat bayi merasa dia berada dalam percakapan tersebut sehingga dia senang dan mudah dalam belajar bicara.

  1. Bayi lebih gembira dan tenang

Namanya bayi, dia tidak suka ditinggalkan sendirian walaupun dalam keadaan tidak menangis. Menggendong bayi membuatnya merasa diperhatikan dan dekat dengan orang sehingga tidak merasa sendirian. Menggendong bayi juga mempermudah moms untuk berkomunikasi sehingga bayi merasa gembira. Kedekatan moms dan bayi saat digendong membuat bayi merasa nyaman dan tenang.

  1. Mengenalkan lingkungan sekitar

Dengan menggendong bayi, moms lebih mudah untuk mengajaknya jalan atau main ke tempat tetangga. Saat bayi dalam gendongan dia juga akan mengamati lingkungan sekitarnya, melihat ekspresi orang – orang yang ada disana. Dengan begitu, bayi lebih mudah mengenal lingkungan.

Oke moms, jadi pada intinya tidak ada salahnya menggendong bayi untuk kepentingan pembelajaran buat bayi. Tapi ya jangan digendong terus moms, berikan juga kesempatan pada bayi untuk terjun langsung dengan lingkungan. Ini akan lebih seru dan menyenangkan buat bayi.