Dukung Pola Makan Sehat, Ini 5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Doodle.co.idWanita hamil tentunya membutuhkan banyak asupan makanan sehat dan bergizi. Hal itu penting guna mendukung kondisinya maupun tumbuh kembang janin dalam kandungan. Selama masa kehamilan, Mums harus lebih selektif terhadap jenis makanan yang perlu dikonsumsi. 

Ada beragam jenis makanan sehat untuk wanita hamil yang layak dikonsumsi, terutama memenuhi kebutuhan nutrisi Mums dan Si Kecil. Kebutuhan nutrisi ini bisa didapat dari beragam jenis makanan berbeda. Nah, untuk mengetahui jenis makanan sehat apa saja yang perlu dikonsumsi selama hamil, simak ulasan di bawah ini ya, Mums.

5 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Dikonsumsi

Makanan sumber karbohidrat

Gandum utuh bisa menjadi salah satu alternatif sumber karbohidrat yang kaya nutrisi, termasuk vitamin E, serat, dan selenium di mana sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang janin. 

Selama hamil, Mums juga perlu mendapatkan asupan lain yang kaya karbohidrat, seperti pasta, oatmeal, nasi merah, dan roti gandum. Asupan ini sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan energi selama masa kehamilan.  

Telur, daging tanpa lemak, dan ikan

Tiga jenis makanan berupa telur, daging tanpa lemak, dan ikan memiliki kandungan protein tinggi yang dibutuhkan janin dalam kandungan. Ketiga jenis makanan ini bagus untuk dikonsumsi, terutama saat memasuki trimester pertama dan kedua usia kehamilan. 

Telur adalah sumber nutrisi yang kaya kolin di mana berperan penting bagi perkembangan otak saraf janin. 

Sedangkan makanan jenis ikan seperti salmon kaya kandungan omega 3 yang baik untuk menjaga suasana hati ibu hamil serta mendukung tumbuh kembang janin. 

Kendati asupan ikan penting, namun Mums sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 350 gram ikan salmon, tuna, atau tongkol dalam waktu seminggu. Hal ini guna menghindari paparan merkuri yang biasanya ada dalam ikan laut.

Susu dan produk olahannya

Asupan kaya kalsium berupa susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt cukup baik guna mendukung kesehatan tulang ibu hamil dan pembentukan jaringan tulang pada bayi. 

Kacang-kacangan

Salah satu jenis makanan yang penting bagi wanita hamil adalah kacang-kacangan. Makanan ini bermanfaat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan serat dan melancarkan pencernaan, serta mencegah terjadinya diabetes diabetes gestasional. 

Kacang-kacangan juga kaya zat besi, kalsium, seng, dan asam folat yang dibutuhkan tubuh.

Sayur dan buah

Wanita hamil perlu rutin mengonsumsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral. Sayuran hijau seperti bayam memiliki banyak kandungan vitamin A, C, K, dan asam folat untuk menjaga kesehatan mata dan daya tahan tubuh, serta mencegah janin lahir cacat.

Demikian beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil untuk mendukung pola makan sehat selama masa kehamilan. Selain dari pola makan, Mums  juga perlu rajin berolahraga serta istirahat cukup, untuk menjaga kesehatan tubuh. 

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia