Kebutuhan Memahami Anak Sejak Dini, Pentingkah ?

Doodle.co.id – Akibat orang tua tidak memahami karakteristik anak pada usia dini (0-6 tahun) seringkali hati merasa sangat kesal dan marah, dan hal ini akan berdampak pada tidak tepatnya dalam menangani perilaku anak. Di moment inilah betapa pentingnya memahami anak. Salah memperlakukan anak sejak dini juga bisa berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan, baik itu fisik, psikis, sosial, dan moral.

Nah, ini dia beberapa alasan penting kenapa orang tua membutuhkan pemahaman terhadap karakteristik anak sejak usia dini !

Alasan Pentingnya Memahami Sejak Usia Dini

  1. Usia dini adalah fase dimana peletakan dasar-dasar pembentukan kepribadian pada anak yang dibangun untuk sepanjang hidupnya.
  2. Pengalaman awal pada anak di usia dini cenderung bertahan dan mempengaruhi perilaku anak di tahapan usia selanjutnya dan akan berkembang menjadi sebuah kebiasaan. Maka perlu dirancang pengalaman-pengalaman belajar yang menguatkan pondasi di sisi anak.
  3. Pertumbuhan dan perkembangan fisik, motorik, berpikir, dan nalur anak berkembang dengan kecepatan yang luar biasa dibanding usia berikutnya. Di usia 0-4 tahun, anak sudah menyerap kurang lebih 50% kecerdasan intelektualitas dan usia 8 tahun anak mampu menyerap hingga 80% lho mums.

Ada beberapa karakteristik umum yang dimiliki anak sejak usia dini, dimana orang tua juga harus memiliki pemahaman tentang si anak, seperti diantaranya sebagai berikut:

  1. Anak itu sebenarnya unik, mums. Jika kita perhatikan, anak memiliki khas masing-masing karena perbedaan bawaan lahir, suasana pada lingkungan, pola asuh dan juga proses pembelajaran sekitar anak. Oleh karenanya, memberikan ilmu atau pemahaman terhadap anak sedini mungkin itu wajib dilakukan oleh orang tua.
  2. Anak di usia dini sejatinya memiliki nalur mempertahankan diri yang sangat menonjol. Sifat keakuannya membuat dirinya hanya memahami satu sudut pandang yaitu kepentingan diri sendiri.
  3. Jika mums perhatikan juga, anak usia dini sudah aktif dan energik dimana seakan-akan tenaga si buah hati tidak ada habisnya untuk melatih tulang-tulang dan ototnya agar tumbuh dengan baik dan kuat. Anak akan kehabisan energi ketika dirinya tidur.
  4. Rasa ingin tahu yang tinggi terutama pada hal-hal yang baru. Setiap kejadian yang dirinya alami pasti akan bertanya kepada orang tuanya.
  5. Eksploratif dan berjiwa petualang yang senantiasa harus orang tua fasilitasi, arahkan, dan kendalikan.

Nah, itu dia mums alasan pentingnya orang tua wajib memahami kebutuhan anak sejak dini mungkin. Semoga artikel ini bisa jadi referensi yaa, mums.

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia